Sempat Terhenti 2 Hari, Layanan Adminduk di Semua Fasilitas Dukcapil Kembali Normal

Kadisdukcapil Mimika, Slamet Sutejo

MIMIKA, BM

Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mimika terhenti selama dua hari.

Terhentinya pelayanan Adminduk dikarenakan terganggunya sistem server di Pusat selama dua hari yakni Rabu (05/01) dan Kamis (06/01).

Atas keadaan tersebut, Kepala Dukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo meminta maaf kepada masyarakat atas kendala dan ketidaknyamanan pelayanan Adminduk selama dua hari ini.

"Alhamdulillah, system SIAK Dukcapil Mimika sudah normal kembali per malam ini (kamis), lnsya Allah mulai besok pagi (jumat) sudah bisa melayani kembali," ujarnya melalui pesan whatssap.

Dengan demikian maka segala layanan Adminduk Dukcapil Mimika baik di pusat pemerintahan SP3, Loket PATEN Dukcapil-Distrik Miru, Wania, Miktim sudah dapat terlayani.

Termasuk juga di Pos Adminduk Kampung Limau Asri Timur SP5, Pos Adminduk Kelurahan Dingo Narama, Pos Pelayanan Lala Pu Kaka di RSUD Mimika, RSMM, RS. Herlina, puskesmas kota dan Puskesmas SP2.

Sebelumnya, pada Kamis (06/01) Sekretaris Dukcapil Mimika saat dikonfirmasi, membenarkan jika selama dua hari ini sistem data atau server yang terkoneksi ke Dukcapil Pusat terganggu.

"Karen terganggu dan sistem belum stabil akhirnya semua pelayanan terpaksa tidak bisa dilakukan," kata Lukas.

Menurutnya, gangguan yang terjadi bukan hanya terjadi di Kantor Dukcapil saja namun juga berdampak terhadap pelayanan di Distrik dan kampung.

"Kami kan sudah pakai SIAK terpusat, jadi kalau satu terganggu maka semua juga tidak bisa, kalau dulu di Pusat Pemerintahan terganggu, masyarakat masih bisa pergi ke kantor distrik atau kampung yang menyediakan layanan adminduk," Katanya.

Meski pelayanan tidak bisa dilakukan, kata Lukas, pihaknya tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan menerima berkas dan mencatat keluhan untuk kemudian dikerjakan setelah sistem kembali normal.

"Kami terima berkasnya, kalau jadi nanti diantar pakai salah satu inovasi kami Si Lincah," tuturnya. (Shanty/Red)

Top