Mimika Terima BKN Award Ketiga Kalinya

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyerahkan piagam penghargaan BKN Award Tahun 2021 kepada Sekda Mimika, Michael Gomar

MIMIKA, BM

Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika dalam melakukan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaat CAT.

Penghargaan BKN Award Tahun 2021 ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Mimika. Sebelumnya Tahun 2018 lalu, Mimika juga sudah mendapatkan penghargaan yang menjadi rebutan ratusan kabupaten/kota di Indonesia itu. Tahun 2020 Mimika juga mendapat penghargaan BKN award.

Piagam penghargaan BKN Award 2021 ini diserahkan secara langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana kepada Sekretaris Daerah Mimika, Michael Gomar, Jumat (19/11) di Hotel Grand Mozza.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integrasi di lingkup Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mimika.

Sekda Mimika, Michael Gomar dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mimika menyampaikan apresiasi kepada Kepala BKN RI yang telah melaksanakan pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di lingkungan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan baik.

"Suatu inovasi dan terobosan yang luar biasa yang dapat kami laksanakan di lingkup BKPSDM Kabupaten Mimika," kata Gomar.

Mudah-mudahan melalui pelaksanaan kegiatan ini seluruh ASN di lingkup Pemda Mimika dapat menjaga komitmen dan integritas demi mewujudkan tujuan mulia sebagai ASN untuk melaksanakan seluruh tugas dan tanggungjawab dalam rangka mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani kepada ASN tetapi juga kepada seluruh masyarakat Mimika.

Menurutnya, sebagai perangkat daerah sudah sepatutnya meningkatkan perbaikan pengelolaan tata kelola birokrasi untuk mengoptimalkan kinerja dan fokus terhadap tugas dan fungsi dan menghindar atas perbuatan-perbuatan yang menimpa didalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab.

"Terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Mimika atas BKN award 2021 sebagai kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaat CAT tingkat kabupaten," tutur Gomar.

Katanya, ini merupakan suatu prestasi yang tentu tidak terlepas dari bimbingan dan kerjasama yang baik antar Pemerintah Kabupaten Mimika dan pihak BKN terutama BKN Regional 9 Jayapura yang telah memberikan dukungan dan bimbingan, arahan yang baik kepada kami Pemda Mimika.

"ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya bagi Pemda Mimika. sebelumnya, Mimika mendapatkan BKN Award Tahun 2018 dan Tahun 2020 untuk kategori perencanaan kebutuhan pengadaan kenaikan pangkat dan pensiun setingkat kabupaten/kota setanah Papua secara khusus dan senasional," ujarnya.

Diketahui, Pemda Mimika telah melakukan penataan birokrasi di lingkup Kabupaten Mimika terhadap ASN yang tidak melaksanakan tugas bahkan yang bertahun-tahun berada di luar Timika.

"Saat ini kami telah melakukan penataan dan secara resmi kami akan melaporkan kepada BKN untuk ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yaitu peraturan disiplin yang ada di Mimika khususnya, Papua dan Indonesia," ungkapnya. (Shanty)

Top