Program Goes To School Dukcapil Akan Terus Berlanjut

Kadis Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo

MIMIKA, BM

Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus berupaya mengejar target nasional terkait perekaman e-KTP.

Agar dapat mencapai target, Disdukcapil telah membuat program yang menyasar anak sekolah yakni "Goes To School".

Program tersebut sudah berjalan sejak peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 yang menyasar tiga sekolah yakni SMA Negeri 4, SMK Yapis dan SMK Petra.

Namun, tidak hanya sampai di situ tetapi program Goes To School ini akan terus berlanjut.

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo saat ditemui di Hotel Horison Diana, Jumat (19/11) mengatakan, pihaknya akan melanjutkan lagi pelayanan goes to school ke sekolah-sekolah yang belum tersentuh.

Dua dari tiga sekolah berikutnya yang akan didatangi Dukcapil di minggu depan adalah SMA Tiga Raja, SMK Negeri 3 Kesehatan dan salah satu sekolah lainnya yang akan ditentukan.

"Akhir tahun ini kami mengejar target nasional untuk mengejar perekaman e-KTP khususnya anak usia 17 tahun keatas. Makanya hampir setiap hari ini kami goes to school terus ke sekolah-sekolah SMA dan SMK untuk memberikan pelayanan Adminduk bagi mereka yang sudah semestinya menerima e-KTP," jelasnya.

Slamet mengatakan, perekaman tahun 2019 akhir capaiannya hanya 55 persen namun di tahun 2021 sudah mencapai 73 persen.

"Kami targetkan di akhir tahun bisa tembus 80 persen sehingga di tahun depan kita terus bergerak untuk mencapai target harus diatas 90 persen untuk Papua," ujarnya.

Sedangkan untuk akte kelahiran, Mimika saat ini sudah mencapai 82 persen. Capaian ini meningkat jauh setelah di 2020 lalu hanya mencapai 44 persen. Kondisi capaian tahun lalu sedikit terhambat karena pandemi covid.

Dalam pencapaian ini, Slamet Sutejo mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat menjadi kunci utama. Walau pemerintah sudah berupaya luar biasa namun kesadaran masyarakat tidak di bangun maka target akan sulit untuk dicapai.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat Mimika yang luar biasa atas peran dan kesadarannya yang sudah dibangun. Layanan Adminduk adalah layanan yang benar-benar vital, karena semua pelayanan publik praktis membutuhkan NIK dan kalau tidak valid maka akan susah untuk berbagai pengurusan," ungkapnya. (Shanty)

Top