Pengurus TP-PKK Distrik Kuala Kencana Dilantik

Foto bersama Pengurus TP-PKK kabupaten, distrik, kelurahan, kampung dan tamu undangan usai pelantikan

MIMIKA, BM

Guna merevitalisasi struktur dalam rangka menertibkan administrasi baik ditingkat kabupaten, distrik dan kampung, maka pengurus TP-PKK Distrik Kuala Kencana dan ketua-ketua TP-PKK kelurahan dan kampung resmi dilantik untuk 2 kelurahan dan 8 kampung.

Pelantikan dilangsungkan Kamis (6/5) di aula Kantor Distrik Kuala Kencana berdasarkan Surat Keputusan (SK) pengurus 35/DKK/2021 dan SK ketua TP-PKK Kelurahan/kampung 001/TP-PKK/DKK/2021 untuk masa bakti 2021 - 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua I TP-PKK Ny Suzy Herawaty Rettob, Sekretaris Umum TP-PKK Ny Leentje Siwabessy dan pengurus TP-PKK Kabupaten Mimika.

Giat ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Kelembagaan dan Administrasi PKK tahun 2021 dan Peresmian Art Shop TP PKK Distrik Kuala Kencana.

Diketahui, untuk pengurus TP-PKK Distrik Kuala Kencana yang melantik adalah Kepala Distrik Kuala Kencana, Septinus Timang dan untuk ketua TP-PKK kelurahan dan kampung yang melantik adalah Ketua PKK Distrik Kuala Kencana, Ny Selina Rumansara Timang.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Hendriete Tandiyono dalam sambutannya mengatakan, PKK merupakan tonggaknya suatu pemerintahan karena ibu-ibu dari penyelenggara pemerintahan yang memberikan support pada kegiatan-kegiatan di lingkungan keluarganya masing-masing.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan 10 program pokok PKK yang sudah di wacanakan dan dibuat bisa selaras dan seimbang sehingga bisa dilaksanakan sebagaimana yang diamanahkan.

"Dengan demikian visi misi Kabupaten Mimika cerdas, aman, damai dan sejahtera dapat terwujud," turur Hendriete.

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Mimika Ny. Kalina Omaleng yang diwakili oleh Wakil Ketua I Ny. Suzy Herawaty Rettob mengatakan, pelantikan pengurus distrik baru 2 distrik yang melaksanakan yakni Distrik Wania dan Distrik Kuala Kencana dan Jumat besok Distrik Mimika Baru selanjutnya tanggal 10 nanti Distrik Tembagapura.

"Untuk Distrik-distrik yang lain kami belum dapat informasi. Rencananya 18 distrik harus melantik pengurusnya baik tingkat distrik maupun kelurahan dan kampung," tutur Ny Suzy.

Ia berharap agar ketua-ketua TP-PKK distrik ini segera melantik kepengurusan distrik dan tingkat kampung sehingga program-program dari pusat bisa menyasar sampai di tingkat kampung.

"Kami PKK Mimika akan melaksanakan Rakerda sekitar tanggal 18 Mei 2021 yang merupakan turunan dari pusat karena pusat sudah melaksanakan Rakernas. Kemarin kami dari kabupaten ikut Rakerda di Provinsi Papua dan kami harus laksakan itu juga di Mimika,"ujarnya.

Untuk itu diharapkan semua distrik sudah melantik pengurusnya, karena yang akan mengikuti giat tersebut adalah pengurus PKK distrik yang sudah dilantik.

"Untuk distrik yang di kampung-kampung kalau mereka lakukan pelantikan di distrik masing-masing maka PKK kabupaten akan datang menghadirinya,"tuturnya.

Kepala Distrik Kuala Kencana, Septinus Timang berharap setelah dilantik, PKK dapat merangkul kader mereka di kelurahan dan kampung termasuk unsur-unsur yang ada di tingkat distrik.

Ia juga mengatakan bahwa Distrik Kuala Kencana akan memberi suport sepenuhnya terhadap pelaksanaan 10 pokok program PKK di distrik ini.

Selain dari sisi pembinaan pihak Distrik Kuala Kencana juga akan membackup pendanaan pada kegiatan PKK nanti.

"Sebagian persen dana distrik kita siapkan untuk pengembangan PKK. Kami berharap di masing-masing kampung dari DD kita alokasikan untuk penguatan pemberdayaan perempuan di kampung,"ungkapnya.

Pada momen ini, Septinus juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan yang telag membantu pembangunan gedung PKK di Kuala Kencana.

"Terima kasih untuk Dinas Pemberdayaan Perempuan yang sudah membantu kami membangun gedung PKK dan kami harap gedung ini tidak boleh kosong, harus setiap hari jam kerja ada aktifitas dari ibu-ibu PKK," tutur Septinus.

Ketua Panitia, Kristin Labok dalam laporannya mengatakan aksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar program-program PKK dapat dilaksanakan.

Selain itu juga untuk menertibkan administrasi serta melaksanakan pembangunan di wilayah distrik, Kelurahan, Kampung sesuai program PKK termasuk agar dapat membina para kader PKK dan Dasa Wisma serta masyarakat luas sehingga terus bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.
(Shanty)

Top