Melepas Kepergian Adiknya, Bupati Omaleng Sampaikan Terimakasih dan Ungkapkan Permohonan Maaf

Jenazah almarhum Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng saat akan dibawah ke tempat peristirahatan akhir di SP III

MIMIKA, BM

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berjasa dan membantu segala proses yang berhubungan dengan kepergian Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng.

Bupati Omaleng menyampaikan hal ini usai memimpin acara pemakaman adeknya di Mile 23, Sabtu (24/4) yang dihadiri oleh wakil bupati, wakil ketua I dan II DPRD Mimika, anggota DPRD, sekretaris daerah, forkompinda, pimpinan OPD, keluarga serta tamu undangan lainnya.

"Atas nama keluarga dan pribadi mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya untuk semua perhatian yang diberikan kepada almarhum. Juga kepada TNI Polri yang sudah menjaga sehingga semua proses ini bisa berjalan aman, tertib dan baik," ugkapnya.

Secara khusus kepada anggota DPRD Mimika, Bupati Omaleng menyampaikan permintaan maaf atas apa yang sudah direncanakan selama ini.

"Saya minta maaf kepada teman-teman karena kita punya rencana, saya rencanakan adek saya dorong sampai tingkat yang ke satu tapi karena rencana Tuhan, Ia memangil adek saya. Saya terima ini karena saya percaya kepadaNYA," ujarnya

Bupati Eltinus Omaleng mengatakan, manusia boleh merencanakan sesuatu termasuk dirinya, namun tidak ada yang bisa mencegah rencana Tuhan. Iapun mengatakan bahwa apa yang Tuhan rencanakan selalu baik untuk semuanya.

"Saya dan kita boleh merencanakan adek saya jadi bupati, adek saya jadi gubernur, jadi DPR dan lain-lain tapi Tuhan Allah yang menentukan semua ini. Dia sudah dipanggil, sehingga saya secara pribadi menyampaikan permintaan maaf kepada semua yang sudah mengangkat dan mendorong dia untuk besok menggantikan saya kakaknya sebagai bupati," ungkapnya.

Proses pemakaman almarhum Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng dimulai dengan pelepasan secara kekeluargaan di rumah duka SP3, dan selanjutnya diantar ke Gedung DPRD Mimika.

Di Gedung DPRD Mimika, dilakukan Sidang Paripurna Pelepasan jenazah dan penghormatan terakhir Ketua DPRD, almarhum Robby Kamaniel Omaleng oleh seluruh anggota DPRD, pemerintah daerah dan forkompinda.

Suasana sedih begitu terasa di ruangan DPRD sejak dimulainya proses kedatangan dan penyerahan jenazah dari keluarga ke DPRD, hingga penyerahan kembali kepada pemerintah dan keluarga oleh DPRD Mimika.

Ada sejumlah momen haru terjadi pada saat jenazah berada di gedung DPRD. Ketika paduan suara sekretariat DPRD menyanyikan lagu JPCC Worship 'Hatiku Percaya' isak tangis pun memecah keheningan ruangan sidang. Tampak begitu banyak orang meneteskan air mata mengenang sosok almarhum lewat lagu ini.

Wajah bupati, wakil bupati, wakil ketua I dan II DPRD Mimika juga terlihat begitu sedih ketika memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Kesedihan juga begitu dirasakan ketika semua anggota DPRD Mimika yang terbagi dalam fraksi beserta seluruh sekretaris dewan melakukan penghormatan terakhir secara terpisah! Bahkan ada beberapa pegawai sekretariat menangis histeris karena momen ini.

Pemimpin sidang, Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme dalam sambutan menyatakan duka yang begitu mendalam atas kepergiaan almarhum.

Alex Tsenawatme juga mengatakan bahwa secara personal, almarhum Robby Kamaniel Omaleng adalah pemimpin yang patut dicontohi. Ia merupakan salah satu putera terbaik negeri ini.

"Kami semua merasa kehilangan atas kepergiaan ini. Bersama seluruh anggota DPRD dan sekwan, kami ucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya. Semoga almarhum di terima Allah di surga dan keluarga yang ditinggalkan diberikan pengiburan olehNYA. Selamat jalan pak ketua," ungkapnya haru.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian ketua DPRD Mimika, almarhum Robby Kamaniel Omaleng.

"Atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat Mimika, kami menyampaikan rasa duka cita yang mendalam. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan kami berharap tetap kuat dan tabah, dan selalu diberikan penghiburan dalam menghadapi duka ini," ujarnya

Mewakili pemerintah daerah, Wabup John juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian terbaik selama proses ini.

"Saya merasa sangat kehilangan karena beliau dengan saya banyak berdiskusi hal-hal baik ke depan. Sekali lagi terimakasih banyak untuk semua ini," ujar Wabup John.

Ia juga meminta maaf kepada semua masyarakat Mimika, para sahabat, rekan kerja serta semua orang yang selama ini bersama almarhum.

"Jika ada hal-hal yang kurang berkenan dari almarhum, kami mohon dimaafkan. Mari kita sama-sama doakan agar almarhum memperoleh kehidupan kekal di surga," harapnya.

Setelah paripurna, jenazah kemudian diarak ke tengah kota mengintari jalan Cenderwasih, Budi Utomo, Yos Sudarso dan langsung menuju ke tempat peristirahatan akhir di Mile 23 SP III. (Ronald

 


 

Top