Bapenda Mimika Serahkan 27.898 Lembar STTS Senilai 10,3 Miliar ke Bank Papua


Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifah

MIMIKA, BM

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mimika menyerahkan 27.898 lembar Surat Tanda Terima Setoran (STTS) dan Daftat Himpunan Ketetapan dan Pembayaran (DHKP) ke Bank Papua sebagai bank pelaksana kas daerah. 

Penyerahan STTS dilakukan oleh Kepala Bidang PBB-P2 di Kantor Bapenda, Jumat (9/4).

Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifa di Hotel Horison mengatakan, Bapenda menyerahkan 27.898 lembar STTS dengan total nilai mencapai Rp10.382.588.762.

Menurut Dwi, dengan diserahkannya STTS tahun 2021 maka masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran pajak. 

"Jadi Rp10 miliar lebih ini di luar Freeport, kalau Freeport tahun ini sebesar Rp46-47 miliar. Jadi total keseluruhan kita tahun ini kisaran Rp56-57 miliar,"jelasnya kepada BM.

Dijekaskan Dwi, nilai PBB-P2 untuk PTFI meningkat sekitar Rp5 miliar dibanding tahun 2020 lalu.

Target ini mengalami kenaikan karena adanya kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP) kiri-kanan jalan seperti Jalan Cenderawasih, Jalan Petrosea-Hasanuddin dan Jalan Hasanuddin tembusan Brigif.

"Kiri kanan jalan yang sudah dibangun itu kita naikkan satu kelas. Otomatis akan meningkat lagi jumlah ini. Selain itu ada peningkatan beberapa nilai bangunan dan beberapa NJOP yang dekat Kuala," ungkapnya. 

Sementara target untuk PT Freeport targetnya ada di kisaran Rp46 sampai Rp47 miliar dan ini juga mengalami kenaikan karena ada penambahan bangunan di area kerja perusahaan.

Pada Senin pekan depan, Bapenda juga mulai melakukan penyerahan SPPT PBB-P2 pada kepada benerapa distrik di seputaran kota. Tahun ini distrik akan dilibatkan dalam pembagian SPPT kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

"Beberapa tahun sebelumnya ada pelimpahan dari bupati kepada distrik dan salah stunya di bidang distrik PBB-P2. Jadi mereka kita libatkan dan SPPTnya kita berikan dan kita kasih biaya perjalanan dinas untuk ke mereka," ungkapnya. (Shanty

 


 

Top