Pemda Mimika akan Bangun Kantor Bupati Baru

Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat diwawancarai awak media, Jumat (8/4)

MIMIKA, BM

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan mulai 2022 tahun depan, pemerintah daerah akan melakukan tahapan awal pembangunan kantor bupati baru yang letaknya di SP2-SP5.

"Kita bangun yang baru di bekas kantor bupati lama. 2022 kita mulai dengan pembersihan dan penimbunan," ungkapnya kepada wartawan di Hotel Horison, Jumat (9/4).

Bupati juga mengatakan bahwa sepanjang SP2-SP5 nanti akan dilakukan pelebaran jalan hingga 30 meter.

"Kita buat 30 meter, lebih besar dari Jalan Cenderawasih karena di daerah itu akan dibangun simpang 8 dan akan jadi wilayah ibu kota Kabupaten Mimika. Jadi kita mau bangun jalan dan infrastruktur yang lebar dan besar," lanjutnya.

Pusat Pemerintahan di SP3 yang adalah kantor bupati, menurut Omaleng akan dijadikan sebagai Kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah.

"Itu tidak lama lagi gubernur akan turun sehingga kita harus benar-benar siap. Ini sudah dibicarakan dan aman sekali," ungkapnya.

Bupati Omaleng mengatakan pemerintah pusat dan provinsi juga telah memberikan penilaian bahwa Mimika lebih siap menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah dibandingkan daerah lain di Papua.

"Kita ini pantas untuk jadi ibukota sehingga satu daerah dari delapan daerah otonom baru, Mimika adalah ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Terkait kelengkapan dokumen guna mendukung Mimika sebagai Ibu Kota Papua Tengah, Bupati Omaleng mengatakan semuanya telah selesai disiapkan.

"Saya kerjanya diam-diam, tinggal nanti baru kamorang kaget. Intihnya dokumen terkait pemekaran provinsi sudah selesai. Tidak ada yang kurang. Tahun ini sudah, tapi bulannya rahasia karena nanti Pak Mendagri marah saya lagi, adohhh," ungkapnya sambil tertawa.

Kepada BM, Bupati Omaleng juga mengatakan di Jayapura beberapa hari lalu ia melakukan pertemuan dengan Mendagri Tito Karnavian.

"Beliau memastikan PON XX sehingga beliau lihat dan katakan Kabupaten Mimika sudah siap. Kemarin kita ikut IMD di provinsi, kita Mimika yang harum karena sudah siap," ujarnya.

Ke Jayapura, Bupati Omaleng bersama rombongan juga mempertanyakan penyaluran anggaran PON XX untuk Mimika.

"Mereka siap luncurkan anggaran menyangkut akomodasi dan konsumsi. Dalam waktu dekat cair. Kita harus siap karena setelah PON lanjut dengan Pesparawi. (Shanty)

 


 

Top