2 Tahun Tidak Bertemu, Bupati Mimika dan Calon Bupati Torut Berpelukan Lepas Rindu

Momen haru pertemuan bupati Mimika dan calon bupati Toraja Utara di Pondopo Rumah Negara, Rabu (3/3)

MIMIKA, BM

Ada satu momen mengharukan dan menyita perhatian semua orang di Pondopo Rumah Negara, Rabu (3/3) ketika Bupati Mimika Eltinus Omaleng selesai melantik Michael R Gomar sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

Usai pelantikan, secara tiba-tiba muncul sosok mantan Wakil Bupati Mimika, Yohannes Bassang yang nanti akan dilantik menjadi Bupati Toraja Utara tahun ini.

Raut bahagia keduanya terlihat memiliki makna rindu yang dalam karena ketika bertemu dan masing-masing menyampaikan 'halo, apa kabar pak bupati' wajah keduanya terlihat berserih penuh kebahagiaan dan senyuman.

Bahkan sebelum berpelukan, Calon Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dengan sigap sempurna langsung memberikan hormat kepada Bupati Eltinus Omaleng yang pernah berjuang bersamanya menjadi 01 dan 02 Mimika.

"Sungguh mati eee," ujar Bupati Omaleng sambil kembali memegang erat tangan dan memeluk erat mantan wakilnya itu.

Wartawan BeritaMimika yang mengabadikan momen ini kemudian langsung menanyakan apakah Bassang di Mimika untuk mengantarkan undangan pelantikan dirinya sebagai Bupati Toraja Utara?

"Kita akan kasih (undangan-red) untuk semua," ujarnya sambil tertawa lepas.

Kepada BM, Bupati Omaleng mengatakan bahwa sudah 2 tahun ia tidak pernah bertemu mantan pasangannya ini. Ia kemudian menyampaikan harapannya kepada Bassang yang akan dilantik sebagai Bupati Toraja Utara.

"Harapan saya, jalankan tugas seperti biasa, sesuai dengan aturan untuk membangun daerahnya. Kita akan membangun kerjasama," ungkapnya.

Yohanes Bassang juga mengatakan bahwa ia rindu akan Mimika. Kedatanganya selain untuk urusan IKT, juga untuk melepas kerinduannya pada negeri ini.

"Kemarin saya datang, saya putar di kantor (Sentra Pemerintahan-red). Kangen juga mau lihat kantor," katanya kepada Bupati Omaleng.

Mantan bupati dan wakil bupati Mimika Periode 2014-2019 yang dulu dikenal dengan jargon Ombas ini kemudian sedikit mengisahkan tentang perjuangan mereka dulu merebut kursi 01 dan 02 Mimika.

"Kenangan perjuangan kami dua dulu luar biasa. Saya bersyukur karena dia (Bassang-res) dulu sering bilang bahwa suatu saat ketika kita dua ketemu lagi, kita dua sama-sama bupati. Dan dia buktikan itu. Ini semua jalan Tuhan. Dia selalu sungguh-sungguh bilang begitu dan Tuhan mendengar doanya," ungkap Omaleng.

Pada momen ini, Bupati Mimika Eltinus Omaleng juga mengatakan bahwa ia akan hadir pada acara pelantikan Yohannes Bassang sebagai Bupati Toraja Utara nanti.

"Saya siap untuk hadir," terangnya.

Usai keduanya melepas rindu, Yohannes Bassang kemudian mendatangi Sekda Mimika, Michael R Gomar yang baru saja dilantik. Ia kemudian memberikan beberapa petuah kepada Gomar.

"Selamat dan sukses ya," ujarnya kepada Michael Gomar sembari memukul pelan pundak mantan bawahannya ini.

"Pak Sekda, saya minta dampingi pak bupati dan wakil bupati dengan menggunakan hati. Pak Sekda ini orang yang smart, tinggal sekarang punya hati atau tidak. Ketika Pak Sekda miliki ini maka yakinlah bahwa kamu akan menjadi orang hebat," pesannya.

"Tidak mungkin pak bupati memilih kamu sebagai sekda tanpa perjuangan yang panjang. Saya harap pak sekda menjadi penyambung lidah bagi seluruh ASN. Sampaikan telaan ke bapak bupati juga harus rasional ya," ungkap Bassang mengakhiri pesan kepada mantan pegawainya. (Ronald)

Top