26 Warga Nikah Sipil di Januari, Dukcapil Targetkan 500 di Tahun Ini

Fasilitas Jok Married yang disiapkan Dukcapil untuk pasangan yang ingin menikah catatan sipil


MIMIKA, BM

Diawal 2021 ini tepatnya Bulan Januari, sebanyak 26 warga Mimika melakukan nikah sipil di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Mimika.

Dari jumlah ini, 16 orang melakukan nikah sipil di Kantor Pusat Pemerintahan SP3 dengan layanan Jok Married sementara 10 lainnya menikah di kediaman masing-masing.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mimika, Slamet Sutejo menyampaikannya kepada BeritaMimika.

Slamet mengungkapkan, bagi masyarakat Mimika yang akan melaksanakan Nikah Catatan Sipil di Kantor Dukcapil Puspem, pihaknya telah menyiapkan tempatnya yakni 'Jok Married' guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan masyarakat yang akan menikah Catatan Sipil.

"Jok Married adalah inovasi Dukcapil Mimika yang dibuat untuk memanjakan pasangan yang baru saja menikah (nikah sipil-red). Kita sudah siapkan ruangan khusus untuk nikah negara ini. Di Januari ini 16 orang sudah gunakan layanan ini," ungkapnya.

Dalam memudahkan pelayanan, pasangan menikah baik di Puspem maupun di tempat masing-masing akan langsung mendapatkan Akta Perkawinan, Kartu Keluarga baru sebagai pasangan suami isteri dan memperoleh status baru di KTP elektronik.

Slamet juga mengatakan pada Tahun 2020 kemarin, Dukcapil mencatat ada 242 pernikahan sipil dimana 181 pasangan melakukan pernikahan di Puspem SP3 sementara 161 lainnya di luar Puspem.

"Tahun ini kami targetkan kalau bisa nikah catatan sipil mencapai 500 pasangan. Persyaratannya juga tidak sulit, dan pasangan yang menikah akan langsung diberikan Akta Perkawinan, Kartu Keluarga baru sebagai pasangan suami isteri dan memperoleh status baru di KTP elektronik," terangnya. (Ronald)

Top