146 KK Kampung Mawokau Jaya Terima BLT Tahap III


Kepala Kampung Mawokauw Jaya, Edyson Rafra

MIMIKA, BM

Sebanyak 146 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Mawokauw Jaya, Distrik Wania pada hari ini, Selasa (29/12) telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III.

Kepala Kampung Mawokauw Jaya, Edyson Rafra kepada BeritaMimika menjelaskan BLT tahap III yang dibayarkan terhitung bulan Juli, Agustus dan September.

"BLT mulai disalurkan sejak April dan ini sudah tahap III untuk bulan 7, 8 dan 9. Jumlah penerima BLT sebanyak 146 KK dan sesuai PMK 156, tiap KK menerima Rp300 ribu untuk satu bulan jadi totalnya Rp900 ribu. Kita salurkan pagi tadi di kantor," ungkapnya.

Di temui di Nawaripi, Edyson Rafra menjelaskan pembagian BLT diprioritaskan untuk Orang Asli Papua (OAP). Dari 146 KK penerima BLT, 50-an KK merupakan OAP.

"Kami prioritaskan OAP tapi karena di kampung jumlahnya tidak banyak sehingga hanya 50-an KK saja. Penerima BLT ini adalah warga yang kurang mampu dan sejak awal hingga saat ini semua berjalan baik karena kami juga lakukan sosialisasi ke warga," jelasnya.

Menurut Edyson, penyaluran BLT tahap I hingga tahap III ini diawali melalui proses pendataan warga oleh relawan Covid-19 Kampung Mawokauw. Nama-nama penerima manfaat ini juga diumumkan dan diketahui warga.

"Jadi bukan hanya BLT. Di kampung kami 83 kepala keluarga juga sudah terdata sebagai penerima BST sementara untuk PKH ada 40 kepala keluarga. Penerima bantuan sosial ini tidak double. Kalau sudah terima BLT atau PKH maka tidak bisa terima BST, sebaliknya sama," tegasnya.

Selama pandemi Covid-19, Edyson mengatakan selain melakukan sosialisasi kepada warga tentang protokol kesehatan, pihaknya juga melakukan pembagian masker dan hand sanitezer termasuk melakukan jaring pengaman sosial (bantuan sembako).

"Terkait pembagian BLT hari ini, saya sebagai kepala kampung berharap agar masyarakat yang menerima BLT digunakan secara baik demi kebutuhan ekonomi keluarga. Ini musim pandemi sehingga apa yang ada kita manfaatkan dengan baik dan benar," harap Edyson yang juga mengatakan jumlah penduduknya 3000-an dengan 806 kepala keluarga. (Ronald)

Top