Reynold Ubra : 11 Atlet PON XX Di Mimika Terpapar Covid-19 Namun Kondisi Mereka Baik


Koordinator Bidang Kesehatan PB PON Papua, Cluster Mimika, Reynold Ubra 

MIMIKA, BM

Desas-desus berapa banyak atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang bertanding di Cluster Mimika dan terpapar Covid-19, akhirnya terjawab.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika sekaligus Koordinator Bidang Kesehatan Reynold Ubra yang ditemui di bandara baru Mozes Kilangin, Selasa (5/10), akhirnya memberitahukan berapa jumlahnya kepada BeritaMimika.

Reynold Ubra mengatakan ada 11 atlet yang terpapar Covid-19. Mereka dari cabang olahraga judo, basket dan futsal.

"Semua dalam kondisi baik dan puji Tuhan tanpa gejala. Atlet sebenarnya mereka cepat sembuh karena antibodinya bagus. Karena tanpa gejala mereka diisolasi bukan dirawat," ujarnya.

"Mereka hanya batuk pilek biasa dan saat ini diisolasi di RSUD Mimika. Mereka sudah discreening oleh tim medis RSUD dan aman,” lanjutnya.

Ia berharap agar masyarakat tidak perlu panik, justru keadaan tersebut dapat membuka mata masyarakat akan manfaat vaksinasi.

“Atlet yang masuk ke Timika sudah divaksin dan kami sudah melakukan protokol sejak atlet tiba di Timika, penginapan, ke venue, sebelum bertanding hingga meninggalkan Mimika mereka terlindungi. Kita tidak usah panik, PON di Mimika sukses,” tuturnya.

Hal tersebut menurutnya sudah prediksi jauh hari sehingga dengan adanya vaksinasi masyarakat akan hidup berdampingan dengan covid-19 sama seperti malaria.

11 atlet yang terpapar virus Wuhan, kini menjadi contoh bahwa mereka berprestasi namun tetap telindungi dengan adanya vaksinasi.

“Euforia masyarakat akan PON sangat besar, tapi saya bersyukur mereka sudah divaksin. Kita sudah berusaha semaksimal mungkin yang masuk ke venue mengukur suhu tubuh dan memakai masker tapi ternyata padat di venue,” ucapnya.

“Mimika saat ini menjadi kota jasa olahraga sehingga meski dalam pandemi tapi bagaimana supaya even lokal, nasional dan internasional dapat berjalan, hari ini kita dapat pembelajaran. Kami ucapkan teimakasih kepada masyarakat dan media karena kita sudah turun ke level II,” ungkapnya.

Dikatakan, Instruksi Menteri Dalam Negeri No 48 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level II dimana khusus untuk Papua, Mimika sudah turun pada level II sejak Senin, 4 Oktober 2021.

“Bulan ini adalah bonus untuk warga Mimika yang sampai hari ini masih melaksanakan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, dan mereka yang ketika terkonfirmasi covid-19 masih bisa melakukan isolasi dan meminum obat, serta mengikuti vaksinasi untuk PON,” tandasnya.

Lanjutnya, dosis vaksinasi untuk mencapai minimal 70 persen di Mimika, dosis pertama masih tersisa 13.000 dosis , sementara untuk dosis kedua belum capai separuhnya.

“PON XX Papua Klaster Mimika ini membuat kita belajar banyak. Yang tidak percaya vaksniasi covid 19 inilah buktinya. Atlet mereka tetap berprestasi dan terlindungi jadi masyarakat harus mendapat haknya untuk tetap divaksin,” tandasnya (Elfrida Sijabat)

Top