Empat Jaksa Disiapkan Dalam Sidang Kasus Pembunuhan Disertai Mutilasi

Salah satu tersangka saat berada diruangan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Mimika, Febiana Wilma Sorbu

MIMIKA, BM

Dengan usainya pelimpahan berkas tahap dua empat tersangka terlibat kasus pembunuhan yang disertai mutilasi, maka tahap berikutnya adalah mereka akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Kota Timika.

Dalam sidang nanti sebanyak empat Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah disiapkan oleh Kejaksaan Negeri Mimika. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Mimika, Febiana Wilma Sorbu.

Menurutnya, berkas perkara dengan empat tersangka itu bakal dilimpahkan ke PN maka kewenangan selanjutnya ada di pengadilan berdasarkan penetapan majelis hakim.

"Kalau sudah dilimpahkan ke pengadilan itu kewenangan di pengadilan. Biasanya 7 hari untuk menentukan jadwal sidangnya, tapi untuk hal-hal tertentu itu ada pertimbangan khusus dari majelis hakim. Dan jika sudah masuk persidangan maka jaksa wajib menghadirkan para terdakwanya," ungkap Febiana.

Untuk diketahui sebelumnya pada Senin kemarin (5/12/2022) penyidik Satreskrim Polres Mimika sudah melimpahkan berkas tahap dua, yakni penyerahan tersangka beserta barang bukti ke Kejaksaan Negeri Mimika.

Ke empat tersangka diantaranya berinisial C,D,R dan RF. Selain ke empat tersangka yang diserahkan ke Kejaksaan Negeri Mimika, sejumlah barang bukti pun turut diserahkan diantaranya, kendaraan roda empat, roda dua, pakian dan parang.

Diketahui kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap 4 warga Nduga ini terjadi pada tanggal 22 Agustus lalu. (Ignasius Istanto)

Top