Antisipasi Gangguan dan Ancaman, Prajurit TNI AU Lakukan Ini


Prajurit TNI AU Lanud Yohanis Kapiyau saat melakukan latihan pertahanan pangkalan (Hanlan)

MIMIKA, BM

Sebagai ujung tombak dalam mempertahankan kedaulatan NKRI khususnya disekitaran wilayah bandara dari gangguan dan ancaman, prajurit TNI AU Republik Indonesia melaksanakan latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan).

Kegiatan latihan Hanlan di semester II tahun 2022 yang juga dilakukan oleh  prajurit TNI AU Lanud Yohanis Kapiyau Kamis (24/11/2022) merupakan salah satu program Dinas Operasi untuk meningkatkan kemampuan perorangan dan regu prajurit TNI AU.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk tindakan preventif dalam menyikapi situasi keamanan di Bandara serta disekitar wilayah Lanud Yohanis Kapiyau.

Pada kegiatan tersebut peserta latihan Hanlan dibekali dengan materi pelajaran mengenai teori-teori pertahanan pangkalan dan kemudian mempraktekkan serangan pertahanan pangkalan pada medan pertempuran yang disimulasikan mendekati keadaan yang sebenarnya.

Dalam pelaksanaan latihan, prajurit TNI AU khususnya Lanud Yohanis Kapiyau melakukan latihan dengan menempuh jarak kurang lebih 10 km disekitar wilayah Bandara Mozes Kilangin Timika. Hal ini guna memelihara skill serta kemampuan fisik dan stamina.

Kepala Dinas Operasi, Mayor Pom Galih Candra mengaharapkan agar seluruh anggota dapat mengetahui dan memahami akan tugas dan tanggung jawabnya apabila skenario latihan ini benar-benar terjadi.

"Jadi keseriusan dan kepatuhan akan instruksi pimpinan di lapangan itu harus betul-betul diikuti oleh seluruh anggota, sehingga latihan ini berjalan sesuai skenario latihan,"harap Kadisops.

Sementara harapan yang sama juga disampaikan oleh Dansathanlan Lanud Yohanis Kapiyau, Kapten Sus Bambang K yang juga selaku pengawas kegiata agar seluruh peserta latihan dapat melaksanakan program latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat.

"Patuhi prosedur yang berlaku sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai dengan program latihan,"ungkap Dansathanlan.(Ignasius Istanto)

Top