Percepat Proses Hukum Enam Tersangka, Penyidik Kirim SPDP Ke Kejaksaan Negeri Mimika

Keenam tersangka pencurian saat dihadirikan dalam press release di Kantor Polsek Mimika Baru beberapa waktu lalu

MIMIKA, BM

Untuk mempercepat proses hukum terhadap enam tersangka kasus tindak pidana umum, Polsek Mimika Baru telah mengirimkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri Mimika.

Dari keenam tersangka ini, dua berinisial YW dan LW yang diamankan karena terlibat kasus pencurian barang elektronik dalam rumah. Sementara empat tersangka lainnya yakni ASN, TE, YPH dan MH terlibat kasus curanmor.

"Kita percepat prosesnya karena ini sebagai bentuk keseriusan,"kata Kanit Reskrim, Ipda Yusran, Rabu (10/8) dengan singkat.

Setelah SPDP dikirim, kata Kanit Reskrim, penyidik tinggal mempersiapkan proses tahap 1 dimana penyidik mempersiapkan berkas perkara, berkas pemeriksaan saksi.

Seperti diberitakan sebelumnya, ke empat tersangka ASN, TE, YPH dan MH yang terlibat kasus curanmor ini melakukan aksinya secara terpisah namun tahun 2021 lalu keempatnya melakukan aksi secara bersamaan.

Tersangka YPH dan MH melakukan aksi pencurian motor pada November 2021 di depan Toko Senyum Lima Ribu, Jalan Budi Utomo. Sementara tersangka ASN dan TE ini melakukan aksinya di September 2021 di Jalan Budi Utomo, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania.

Penangkapan terhadap keempat pelaku dilakukan di hari yang berbeda. Tersangka YPH dan M ditangkap pada tanggal 4 Agustus 2022, sedangkan tersangka ASN dan TE ditangkap pada 5 Agustus 2022.

Sementara untuk dua tersangka pencurian barang elektronik dalam rumah yakni YW dan LW pada 5 Juli lalu di Jalan Sektoral tepatnya belakang Gereja Katedral Tiga Raja, ditangkap pada tanggal 4 Agustus. (Ignas)

Top