Percepat Proses, Penyidik Limpahkan Berkas Perkara Dalang Pencurian Konsentrat Ke Kejari

Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar

MIMIKA, BM

Guna mempercepat proses kasus tindak pidana pencurian konsentrat milik PT Freeport Indonesia di mile 74, penyidik reskrim Polres Mimika melimpahkan berkas tahap satu tersangka YB ke Kejaksaan Negeri Mimika.

Tersangka YB merupakan otak atau dalang dari kasus pencurian konsentrat milik PT Freeport Indonesia di mile 74 yang diamankan tanggal 30 Mei di kediamannya Jalan Budi Utomo, Lorong Sejati, sekira pukul 15.39 wit.

"Kita sudah lengkapi berkasnya dan hari ini kita limpahkan ke Kejaksaan. Nanti ada waktu 14 hari jaksa akan meneliti berkas kita," kata Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar, Senin (20/6).

Sementara untuk lima tersangka lainnya, kata Berthu, sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Mimika beserta barang bukti, setelah berkas tahap dua dinyatakan lengkap.

"Mereka lima ini sudah ada di Lapas Kelas IIB dan siap jalani proses sidang,"katanya.

Perlu diketahui bahwa tertangkapnya otak pencurian konsentrat (YB) ini berdasarkan pengembangan dari lima tersangka yang ditangkap sebelumnya. YB ini yang menyiapkan fasilitas untuk melancarkan aksi pencurian.

Dan pada saat dilakukan penangkapan, YB sempat menyangkal dan berpura-pura tidak tahu dengan alasan tidak mengerti dan tidak paham soal konsentrat. (Ignas)

Top