212 Mitra BPS Mimika Ikuti Pelatihan Sensus Pertanian 2023

Pelatihan ini dilakukan di Hotel Horison Ultima Timika

MIMIKA, BM

Sebanyak 212 mitra Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika mengikuti Pelatihan Petugas Sensus Pertanian 2023 (ST 2023).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (22/5/2023) dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Setda Mimika, Maria Rettob.

Diketahui, sensus pertanian (ST) tahun 2023 ini akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli mendatang.

Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ouceu Satyadipura mengatakan tujuan pelaksanaan sensus pertanian yakni untuk memperbaiki data tentang petani di Mimika secara lengkap.

Setelah didapat profil petani imbasnya akan terhimpun data petani yang bagus dan lengkap dimana dapat digunakan menyusun kebijakan pemerintah.

Selain itu, melalui sensus ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Mimika.

“Jika kita temukan petani yang masih membuka usaha kecil-kecilan, tidak menutup kemungkinan pemerintah bisa memberikan bantuan untuk mengembangkan usaha mereka,”kata Ouceu.

Ouceu mengatakan sensus pertanian dilakukan setiap 10 tahun sekali, subsektor sensus pertanian tidak hanya menyasar pertanian tetapi juga perikanan, peternakan, perhutanan, budidaya tanaman hias, hortikultura, tanaman obat-obatan ataupun lainnya.

Ada 3 sensus yang dilakukan setiap 10 tahun sekali yakni sensus ekonomi untuk semua usaha dan sensus penduduk.

Ia menjelaskan, BPS Mimika telah menyiapkan pelaksanaan sensus dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Persiapan sendiri sudah kita lakukan, sekarang tinggal kita menuju implementasinya, sekarang kita sudah ditahap pelatihan untuk mitra-mitra yang akan melakukan sensusnya langsung ke lapangan,”ungkapnya.

Sementara, Staf Ahli Setda Mimika Maria Rettob dalam sambutan mengatakan, sensus pertanian dilaksanakan secara rutin di Indonesia setiap 10 tahun sekali sesuai undang-undang nomor 16 tahun 1997.

Sensus pertanian merupakan sensus yang bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang struktur pertanian di Indonesia.

Selain itu guna mendapat kerangka sampel yang dapat dijadikan landasan pengambilan sampel untuk survei-survei pertanian rutin tahun 2023 agar bisa memotret secara real keadaan pertanian yang ada di Kabupaten Mimika

"Saya juga berharap melalui pelatihan ini pemahaman petugas lapangan akan konsep dan definisi serta SOP lapangan akan lebih baik lagi," ungkapnya. (Shanty Sang)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Aksi Penghijauan di Grasberg Awali Rangkaian Peringatan Hari

Ekonomi dan Pembangunan 2024-05-17 13:37:53

Ratusan TKBM Pomako Mogok Kerja, Ini Penyebabnya

Ekonomi dan Pembangunan 2024-05-10 10:51:52

Jelang Idul Adha, Kepala Balai Himbau Pelaku Usaha Laporkan Ini ke

Ekonomi dan Pembangunan 2024-05-07 04:46:06

Disperindag Sebut Wahana Pasar Malam Ilegal

Ekonomi dan Pembangunan 2024-04-23 05:15:00

Freeport Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

Ekonomi dan Pembangunan 2024-04-19 11:50:46

Top