Akhirnya Loka POM Mimika Sidak Barang Kadaluarsa


Kepala Loka POM Mimika, Lukas saat mengecek produk pangan di salah satu toko di Timika

MIMIKA, BM

Menjelang hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022, produk pangan di sejumlah distributor dan retail di cek oleh Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Mimika.

Inspeksi mendadak (Sidak) barang kadaluwarsa oleh Loka POM Mimika ini bekerjasama dengan pihak kepolisian, Rabu (22/12).

Kepala Loka POM Timika, Lukas Dosonugroho  saat diwawancara usai sidak mengatakan, pengecekan bahan pangan bersama kepolisian ini untuk memastikan produk pangan di Mimika jelang natal dan tahun baru layak dikonsumsi.

Selain itu untuk mencegah adanya produk bermasalah entah kedaluwarsa atau tidak memiliki ijin edar beredar di masyarakat.

"Pengawasan pangan ini dilakukan karena akhir tahun pangan melebihi stok jadi harus ada jaminan layak konsumsi," Kata Lukas.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempunyai data warung, kios, distributor dan lainnya yang pernah melanggar sehingga jika sudah melakukan pelanggaran secara berulang maka akan diproses sesuai aturan.

"Jika baru pertama kali melakukan pelanggaran, maka kita akan bina," ujarnya.

Namun, kata Lukas apabila ditemukan barang berbahaya, misalnya terdapat jamur bahkan sudah kadaluwarsa maka barang-barang tersebut akan langsung di musnahkan di tempat.

Tetapi jika belum kadaluwarsa dan tidak memiliki ijin edar, maka penjual masih bisa mengembalikan ke distributor agar tidak mengalami kerugian.

"Yang kami cek pertama kali adalah tanggal expired (kadaluwarsa), kemudian kemasannya, kalau sudah jelek biasanya mendekati kadaluwarsa, kita sudah biasa sehingga cukup melihat saja karena dengan mata sudah bisa mengetahui," Katanya.

Lanjutnya, terkait ijin edar suatu produk, BPOM tentu sudah mengetahui dan menghafal produk-produk mana saja yang terdaftar, sehingga mudah menemukan jika ada produk baru yang beredar.

"Petugas menggunakan BPOM mobile untuk mengecek produk, karena kami tidak hafal semua juga, jadi nanti bisa dilihat apakah ada ijin edarnya atau tidak," kata Lukas.

Lukas pun mengimbau agar masyarakat bisa lebih jeli dan jangan asal membeli produk apapun. Jika ingin membeli suatu produk terlebih dahulu di cek tanggal kadaluwarsa, kemasannya dan lainnya.

"Masyarakat bisa cek baik-baik ada ijin edar atau tidak, kalau rusak terus tidak ada ijin edar sebaiknya jangan dibeli. Jangan sampai kita rayakan Natal, kita malah sakit,"ungkapnya.

Diketahui, kegiatan operasi ini ditemukan produk kadaluarsa di salah satu toko yang ada di Timika dan langsung dimusnahkan karena merupakan temuan pertama pada salah satu toko tersebut. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top