Kuota BBM Jenis Pertalite untuk SPBU Akan Ditambahkan

Pulihan kendaraan motor tengah mengantri BBM di salah satu SPBU di Timika

MIMIKA, BM

Kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di Mimika akan ditambahkan. Hal ini karena BBM Premium sejak tanggal 25 Oktober 2021 setiap SPBU di Timika tidak lagi menjual atau melayani pembelian premium.

Sebelumnya, SPBU di Timika diberi 16 KL untuk pelayanan pertalite sementara untuk premium sebanyak 8 KL. Dengan tidak adanya lagi penjualan premium maka kuota premium akan ditambahkan ke pertalite.

"Nanti dijumlahkan. Jadi setelah hilangnya premium berarti 16 KL ditambah 8 KL maka jadinya 24 KL untuk pertalite di setiap SPBU yang ada di Mimika setiap harinya," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika, Petrus Pali Amba saat dikonfirmasi, Senin (15/11).

Petrus Pali Amba mengatakan pemberhentian penjualan BBM Premium berdasarkan instruksi langsung dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Pusat.

"Kalau kita Pemerintah Daerah Mimika maunya saja tetap ada tapi namanya daerah tetap harus ikuti aturan yang ada," ujarnya.

Dijelaskan, penghapusan BBM jenis Premium yang merupakan subsidi dari pemerintah ini dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia.

Selain memperbaiki lingkungan, penghapusan Premium juga mempertimbangkan aspek penurunan jumlah pengguna. Di mana, mayoritas pengguna Premium kini telah beralih ke Pertalite.

"Jadi kita di Timika sudah tidak di distribusikan sejak tanggal 25 Oktober 2021 untuk BBM jenis Premium dan diganti ke Pertalite," tuturnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication dan CSR Pertamina Regional Papua Maluku, Edi Mangun tidak mau berkomentar lebih terkait hal ini. Menurutnya, Pertamina hanya diberikan penugasan untuk melakukan pendistribusian.

"Kalo dicabut dan lain-lain silahkan tanyakan ke pemerintah terkait apa yang jadi kebijakan mereka terhadap premium sebagai bbm subsidi," ungkapnya. (Shanty)

 

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Penyebab Harga Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

Ekonomi dan Pembangunan 2021-12-07 11:30:56

Polsek Miru Bagikan 100 Paket Bahan Sembako Bagi Mama-mama Papua

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-23 08:28:37

Antisipasi Agar Tidak Terjadi Penimbunan BBM, Polisi Berikan Himbauan

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-18 07:02:19

Harga Bahan Pokok Masih Normal, Namun Diprediksi akan Melonjak

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-16 06:31:48

Kuota BBM Jenis Pertalite untuk SPBU Akan Ditambahkan

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-15 09:28:13

Top