KPU Mimika Beri Edukasi Bagi Pelajar Tingkat SLTA

Suasana kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih bagi pelajar tingkat SLTA oleh KPU Mimika di Hotel Grand Tembaga, Rabu (5/10/2022).

MIMIKA, BM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika mulai melakukan sosialisasi pendidikan pemilih bagi pelajar tingkat SLTA yang termasuk ke dalam pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang.

Bertempat di Hotel Grand Tembaga, kegiatan sosialisasi yang pertama ini telah mendatangkan sejumlah perwakilan dari 10 SMA yang tersebar di Mimika.

"Masing-masing sekolah, kami undang tujuh orang beserta satu pendamping. Tujuannya agar mereka nantinya dapat berpartisipasi dalam pemilu 2024 nanti," Ujar Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Fidelis Piligame saat ditemui di sela-sela kegiatan, Rabu (5/12/2022).

Adapun materi yang diberikan, kata Fidelis, diantaranya mengenai pengertian Pemilu, Asas Pemilu itu sendiri, dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan Pemilu.

"Kita juga memberikan edukasi kepada peserta bahwa mereka memiliki peran penting dalam memilih pemimpin untuk kabupaten ini. Tapi itu kita kemas dengan game-game sehingga lebih menarik bagi para peserta yang hadir hari ini," jelasnya.

Fidelis berharap melalui sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan, para pemilih pemula nantinya tidak golput dalam Pemilu 2024.

"Ke depan ini kan potensi pemilih pemula banyak. Artinya jumlahnya lebih meningkat setelah pemilu 2019 sehingga kita jauh-jauh hari sudah mulai melakukan sosialisasi agar mereka tidak golput," ucapnya.

Selain sosialisasi kepada para pelajar, Fidelis mengatakan bahwa ke depan pihaknya juga akan memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula di kampung-kampung yang kesulitan mengakses informasi dan juga mereka yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal.

"Untuk sosialisasi kepada mereka yang tidak bersekolah, kita juga sudah menyiapkan kegiatan sosialisasi dengan datang ke kampung-kampung, terus melalui kelompok-kelompok masyarakat," terangnya.

"Jadi hari ini kita mulai dari sekolah-sekolah dulu, berikutnya ke OKP-OKP, ke masyarakat yang mayoritas terdapat pemilih pemula seperti di Mimika baru, Kwamki Narama, dan kampung-kampung di pedalaman," pungkasnya. (Ade)

Top