Meeting Dengan Presiden RI, Pemda Mappi Alokasikan Rp 15 Miliar Untuk Mengendalikan Inflasi Daerah Pasca Naiknya BBM

Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar (kiri atas) saat mengikuti zoom meeting bersama Presiden Jokowi dan para kepala daerah se-Indonesia 

MAPPI, BM

Pemerintah Kabupaten Mappi melaksanakan kebijakan pemerintah pusat untuk pengendalian inflasi di daerah dalam rangka penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan mengalokasikan 25,22 persen dari Dana Transfer Umum (DTU).

Hal ini dilakukan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada pertemuan tentang pengendalian inflasi di daerah, yang diikuti oleh Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,.M.Si melalui rapat virtual (zoom meeting), Senin (12/9/2022).

Penjabat Bupati Mappi menerangkan, untuk mengantisipasi pengendalian inflasi akibat penyesuain harga BBM maka sesuai dengan ketentuan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Peraturan Menteri Keuangan RI yang mewajibkan Pemerintah Kabupaten / Kota mengalokasikan minimal 2 persen dari alokasi Dana Transfer Umum (DTU).

Menyikapi arahan Presiden, Penjabat Gomar mengatakan Pemda Mappi telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 15.129. 347.208. (Lima Belas Millliar seratus dua puluh sembilan juta tiga ratus empat puluh tujuh ribu dua ratus delapan rupiah) atau 25,22 persen.

"Alokasi dana tersebut diperuntukkan untuk urusan subsidi bantuan sosial, subsidi penciptaan lapangan kerja, subsidi sektor transportasi dan subsidi perlindungan sosial lainnya. Yang dianggarkan pada APBD perubahan tahun anggaran 2022," jelas Penjabat Gomar.

PJ Bupati Menerangkan, kebijakan pemerintah pusat yang akan ditindaklanjuti oleh Pemkab Mappi dengan mengalokasikan 25,22 persen dari DTU diharapkan dapat bermanfaat dan tepat sasaran sesuai peruntukkannya.

Artinya masyarakat selaku penerima manfaat harus tepat sasaran untuk mengendalikan inflasi penyesuaian harga BBM di Kabupaten Mappi.

Terkait dengan ini, Pemda Mappi akan menyiapkan laporan yang nanti akan disampaikan kepada Kemendagri pada tanggal 14 September. (Red)

Top