Dua DPO Pencurian Dalam Jok Motor Telah Kabur Dari Timika


Tersangka AA saat memperagakan aksinya mencuri dalam jok motor

MIMIKA, BM

Polisi terus melakukan penyelidikan dan pencarian terhadap dua DPO yang terlibat kasus pencurian dalam jok motor, namun ternyata keduanya telah kabur dari kota Timika.

Dua DPO ini merupakan rekan dari tersangka AA yang diketahui bersama-sama melakukan tindak pidana kejahatan tersebut.

Tersangka AA yang sudah diamankan, saat ini sedang dalam proses pemberkasan oleh penyidik Reskrim Polres Mimika.

"Informasinya dua DPO ini sudah kabur dari Timika. Kita tetap akan tangkap mereka,"ungkap Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar, Senin (25/7).

Menurut Berthu, dengan ditangkapnya tersangka AA minimal kasus pencurian semacam ini sudah tidak terjadi lagi.

"Karena dia (AA) sudah mengakui sejak awal tahun 2022 sampai tertangkapnya itu pelakunya adalah dia bersama dua rekannya yang sudah kabur ke luar dari Timika. TKPnya itu ada enam lokasi,"ungkapnya.

Sebelumnya, pelaku AA ditangkap berdasarkan hasil penyelidikan atas tiga laporan polisi dan satu pengaduan.

Hasil penyelidikan yang dilakukan akhirnya membuahkan hasil. Pelaku AA tak berkutik ketika ditangkap anggota tim opsnal Polres Mimika saat kedapatan melakukan aksinya.

Dari keterangannya, AA membeberkan bahwa dalam melakukan aksi, ia berperan sebagai eksekutor sementara dua rekannya yang kini jadi DPO berperan mengalihkan perhatian korban.

Modusnya dilakuan dengan cara mengintai target terlebih dahulu kemudian mengikuti target dan selanjutnya melakukan aksi sesuai dengan peran masing-masing.

Selain AA, barang bukti yang turut diamankan berupa satu unit sepeda motor dan pakian yang dipakai saat melakukan aksi, yakni hp, helm dan perhiasan yg dibeli dari hasil kejahatan.

Atas perbuatannya AA dikenakan pasal 363 ayat 1 dengan ancaman 7 tahun penjara dilapis pasal 65 KUHPidana.(Ignas)

Top