Meriahnya Kabupaten Mappi Menyambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Michael R Gomar saat memberikan surprise kepada para peserta yang menggunakan kaos bernomor 17, 8 dan 45

MAPPI, BM

Setelah terkekang selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Mappi tidak ingin menggelar perayaan HUT Ke-77 kemerdekaan RI tahun ini dalam keadaan biasa-biasa saja.

Mereka ingin perayaan kemerdekaan tahun ini dilakukan meriah dengan mengadakan berbagai kegiatan perlombaan dan pertandingan yang melibatkan pelajar dari Paud hingga SMA/SMK, umum dan SKPD.

Bahkan tidak tangung-tanggung, menjelang HUT Ke-77 RI nanti, sebanyak 20 jenis lomba dan pertandingan akan mereka lakukan.

Adapun 20 lomba tersebut adalah sepak bola, bola voli putra dan putri, bola basket 3x3 putera dan puteri, badminton, futsal, tenis meja, bola kasti, gaplek, lomba lari 5 km puteri dan 10 km putera.

Selain itu juga lomba gerak jalan Indah, pancing tradisional atau modern, panahan tradisional, tarik tambang, panjat pinang, mewarnai, menggambar, cipta menu sagu, ukiran ciri khas Mappi, tari Yospan dan pembuatan gapura.

Rangkaian berbagai kegiatan ini kemudian dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Kabupaten Mappi, Michael R Gomar pada Sabtu (23/7/2022) yang ditandai dengan pembukaan pertandingan badminton di Gedung Olahraga (GOR) Kepi dan futsal di Lapangan Futsal Polres Mappi.

Yang juga menarik, di pembukaan ini Pj Michael Gomar memberikan surprise secara khusus kepada para peserta yang tampil menggunakan kaos nomor 17, 8 dan 45.

Dalam sambutannya, Gomar mengajak seluruh masyarakat Mappi bersyukur karena perayaan HUT RI Ke-77 tahun ini merupakan kado istimewa dari TuhanY yang maha kuasa karena bangsa ini mulai keluar dari masalah covid-19.

"Walau saat ini Covid masih ada namun dengan semangat untuk menuju 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat' saya yakin dan percaya bahwa kita bisa melawan keadaan tersebut," ujarnya.

Pj Bupati Michael Gomar mengatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan HUT RI ke-77 tahun 2002 di Kabupaten Mappi membuktikan bahwa Mappi siap untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Ia juga mengatakan bahwa dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, akan dilakukan seleksi langsung oleh Tim KONI Kabupaten Mappi untuk mencari bibit bibit atlet yang siap di orbitkan dan diharapkan mampu membawa Kabupaten Mappi untuk berbicara lebih di kancah nasional bahkan internasional.

"Melalui kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh peserta lomba dan pertandingan agar lebih menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kebersamaan, persatuan dan kesatuan sehingga hal ini menjadi ciri khas atlet-atlet Kabupaten Mappi yang kita banggakan," ungkapnya mengingatkan.

Selain perlombaan dan jenis cabang olahraga yang dipertandingkan, Panitia HUT RI Ke-77 Kabupaten Mappi juga memberikan hiburan bagi masyarakat yang bertujuan meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

"Saya berharap kepada kita semua agar dapat menciptakan suasana yang kondusif aman dan nyaman. Demi terciptanya situasional ini, maka sangat diperlukan peran serta dari TNI Polri dan seluruh masyarakat untuk bekerjasama dalam mewujudkannya," tegasnya.

"Keadaan yang aman dan kondusif merupakan salah satu kunci suksesnya seluruh rangkaian kegiatan kita dalam memperingati HUT RI Ke-77 tahun 2022 di Kabupaten Mappi," tutup Pj Bupati Mappi, Michael R Gomar di GOR Kepi.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Ke-77 RI, Dioninsius Way mengatakan panitia jauh hari sudah ingin melaksanakan 20 kegiatan ini namun masih menunggu kepastian finansial.

"Puji Tuhan kita sudah mulai melangsungkan semua dengan dana yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah. Lomba dan pertandingan lain akan menyusul namun untuk pembukaan secara keseluruhan adalah bulutangkis dan futsal yang dibuka oleh Pj Bupati Mappi, hari ini (Sabtu-red)," ungkapnya

Way menjelaskan bahwa seluruh rangkaian kegiatan mulai dilaksanakan tanggal 23 Juli dan berakhir pada 15 Agustus 2022.

"Harapan kita, dengan berbagai kegiatan yang dilakukan ini akan muncul tunas-tunas generasi muda kita yang punya potensi bagus yang nanti dijaring untuk Mappi ke depan, dimulai dari saat ini," jelasnya.

Perlu diketahui, puncak kegiatan sekaligus pemberiaan hadiah kepada para pemenang lomba dan pertandingan akan dilakukan pada 17 Agustus nanti.

Sementara itu, berbagai persiapan lain semisal pembersihan hingga pemasangan lampu hias di tugu lingkaran distrik dan rumah jabatan juga telah dilakukan.

Bahkan menurut informasi yang diterima BeritaMimika, pada malam puncak perayaan HUT Ke-77 RI nanti akan ditutup dengan pesta rakyat yang nantinya akan dihadiri oleh salah satu artis Papua yakni Mace Purba. (Ronald Renwarin)

Top