Dwi Cholifah : Tren Pendapatan di Timika Berjalan Baik Hingga Mei

Kepala Bapenda Mimika, Dwi Cholifah

MIMIKA, BM

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Dwi Cholifah mengaku bahwa tren pendapatan triwulan pertama dan kedua hingga Mei sejauh ini berjalan normal atau baik.

Pada triwulan pertama dan kedua ini, realisasi dana perimbangan, dana bagi hasil (DBH) dan dana alokasi umum (DAU) semuanya mengikuti mekanisme transfer. Artinya sejauh ini tidak ada refocusing, pemotongan atau pengurangan.

"Artinya pada triwulan satu dan dua ini masih mengikuti seperti royalti sekian persen. Sedangkan dari PAD posisi masih sama-sama di kisaran 15 sampai 20 persen. Artinya pajak hotel, restauran dan lainnya cukup bagus. Posisi kas daerah juga cukup aman,” kata Kepala Bapenda Mimika Dwi Cholifah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/5).

Dwi mengatakan pada akhir tahun nanti baru dapat dikalkulasikan secara menyeluruh berapa pendapatan yang bisa dicapai dalam APBD induk.

“Artinya nanti kita lihat APBD induk ini kira-kira dari sisi pendapatan mencapai sampai akhir tahun ataukah ada penambahan? ataukah nanti ada pengurangan, tetap atau ada pergeseran antar kegiatan saja, itu nanti kita lihat,” jelas Dwi.

Secara keseluruhan, kata Dwi capaian APBD Mimika kemungkinan sudah berada di kisaran 20 persen.

“Ini kan mau masuk triwulan 2 terakhir, biasanya mencapai 20 hingg 30 persen. Nanti triwulan 3 dan 4 tiba tiba melegit naik,” ungkapnya. (Shanty)

 

Top