Walau Dipenuhi Becek, Ini Pesan Merah Putih Dari Mimika Barat

Kepala Distrik Mimika Barat, Ernestina Takati saat membacakan sambutan HUT RI ke-76

MIMIKA, BM

Sama seperti lainnya, upacara bendera perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 pada 17 Agustus kemarin juga dilakukan di Distrik Mimika Barat.

Release kegiatan yang diterima media ini menyebutkan bahwa perayaan HUT dipimpin langsung Kepala Distrik Ernestina Takati bersama aparatur distrik dan kampung, TNI-Polri hingga perwakilan masyarakat.

Walau berada dalam suasana becek akibat hujan deras namun perayaan tetap dilangsungkan dengan penuh khidmat dan semangat.

Kepala Distrik Ernestina Takati saat menjadi inspektur upacara mengatakan kemerdekaan adalah hak mendasar bagi manusia sehingga harus dijamin dan dijaga.

"Dengan demikian maka kemerdekaan harus dijamin dalam hidup kemasyarakatan, terutama dalam hidup berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Menurutnya, kemerdekaan harus ditopang dengan perasaan senasib sepenanggungan dan persamaan hak.

Dalam suasana pandemi ini, kemerdekaan harus menjadi momentum untuk lebih mengeratkan persaudaraan, merawat kerukunan, dan saling bergandengaj tangan mencari titik temu persamaan dalam membangun bangsa.

Takati juga mengatakan peran tokoh agama, perempuan dan pemuda sangatlah penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia menjadi puncak perjuangan untuk membebaskan dan melepaskan diri dari ikatan atau tekanan penjajah," ujarnya.

"Namun dengan tercapainya kemerdekaan, bukan berarti bahwa perjuangan masyarakat dan elemen lainnya sudah berakhir. Justru harus diisi dengan usaha membangun bangsa dan negara," jelasnya.

Menurut Ernestina Takati, kemajuan bangsa ini telah bergantung pada kemampuan dan kemauan negara untuk menentukan arah nasibnya. Dengan kemerdekaan maka Indonesia mempunyai kedudukan atau derajat yang sama dengan negara lainnya.

Selain itu, kemerdekaan Indonesia Indonesia juga bermakna bahwa masyarakat dan pemerintah memiliki hak serta kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaannya.

"Apa yang kita lakukan hari ini merupakan bentuk rasa syukur, semangat nasionalise tinggi serta penghormatan kita terhadap para pahlawan yang telah berjuang sekuat tenaga dengan mengorbankan harta benda bahkan jiwa raganya untuk merebut dan mempertahankan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaannya," terangnya. (Red)

Top