APBD Perubahan Mimika Dibahas di Jayapura! Kenapa Tidak di Timika Saja?

Kantor DPRD Mimika

MIMIKA, BM

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Mimika tahun anggaran 2021, kini sudah memasuki tahap pembahasan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika.

Namun, pembahasan anggaran perubahan ini dilakukan DPRD Mimika bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) di Jayapura.

"Pembahasannya dilakukan di Jayapura atas permintaan DPRD, jadi kemarin itu (Rabu-Red) tim anggaran sudah berangkat ke sana,” tutur Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Hilar Limbong Allo saat ditemui, Kamis (12/8).

Hilar mengatakan, walaupun pembahsan dilakukan di Jayapura, namun untuk keputusannya akan tetap dilakukan di Mimika. Menurutnya dalam satu atau dua hari kemungkinan pembahasan selesai dilakukan.

"Pembahasannya minggu ini sudah dilakukan dan nanti ketok palunya di Mimika. Diharapkan minggu depan bisa dilakukan sidang paripurnanya,” tutur Hilar.

Ditanya, apakah dalam APBD Perubahan 2021 ini ada pekerjaan fisik?, Hilar mengaku kemungkinan ada namun ia tidak yakin persis karena dokumen APBD Perubahan tidak dilihatnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael R Gomar pada BM mengatakan, proyeksi APBD Perubahan tahun anggaran 2021 ini sebesar Rp4 triliun yang bersumber dari PT Freeport Indonesia, dana reguler dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Gomar berharap tidak terjadi defisit seperti  tahun 2020 akibat proyeksi tidak sesuai hasil sehingga semua program kegiatan yang sudah direncanakan di tahun 2021 bisa berjalan efektif walaupun masih dalam suasana pandemi covid 19.

"Dengan proyeksi Rp4 triliun itu diharapkan bisa menyelesaikan kegiatan pembangunan yang tertunda di tahun 2021, sekaligus hutang refocusing sebesar Rp244 miliyar sekian," ungkapnya. (Shanty)

Top