Agar Tidak Menumpuk di Kantor, 230 Honorer Satpol PP Dibagikan di OPD dan Distrik

Pegawai Pemda Mimika saat melakukan apel pagi di Sentra Pemerintahan

MIMIKA, BM

Sebanyak 230 pegawai honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Mimika terhitung mulai hari ini ditempatkan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika maupun di luar Kantor Pusat Pemerintahan serta 6 distrik dalam kota.

Penempatan 230 personil Satpol PP ini agar mengurangi penumpukan pegawai Satpol PP di Kantor Dinas Satpol PP.

Masing-masing OPD baik dinas, badan dan bagian termasuk distrik akan ditempatkan 2 personil Satpol PP dengan sistem roling setiap bulannya.

"Yang ditempatkan di OPD dan distrik ini juga dalam rangka efektivitas pelayanan publik dilingkup OPD tetapi juga untuk efektivitas kinerja dan pemanfaatan tugas serta fungsi dari Satpol PP," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael Gomar saat diwawancarai, Senin (9/8).

Gomar mengatakan, penempatan ini juga agar mereka benar-benar melaksankaan tugas dan fungsi dalam membantu OPD untuk melaksanakan tugas pelayanan publik.

Katanya, proses ini akan terus berlangsung karena dilakukan dengan sistem roling. Secara teknisnya akan diatur oleh pimpinan dinas Satpol PP.

Dijelaskan, bahwa kontribusi Satpol PP sama seperti pada umumnya kontribusi pegawai honorer. Kontribusi terhadap pemerintah sudah pasti membantu kinerja pemerintah dalam membantu pelayanan publik.

"Intinya mereka tidak menumpuk di Kantor Dinas Satpol PP, tidak menumpuk di 1 kantor tetapi mereka didistribusikan ke OPD agar OPD juga bisa memanfaatkan mereka dalam rangka menjaga keamanan dan membantu tugas lain yang ada di instansi tersebut," tutur Gomar.

Tambahnya, sebelumnya beberapa personil Satpol PP telah didistribusikan ke beberapa OPD diantaranya Bappeda, BPKAD dan di Sekretariat Dewan serta di Pasar Sentral.

"Sehingga yang belum ada itu yang kita distribusikan kepada OPD lain termasuk di lingkup pusat pemerintahan dinas, badan, dan juga bagian," ungkapnya. (Shanty)

Top