Anggaran Pemda Mimika untuk Perayaan HUT RI Sebesar Rp1,1 Miliar

Sekda Mimika, Michael R Gomar

MIMIKA, BM

Masih dalam situasi pandemi, Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika membatasi jumlah peserta upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang di lingkup Sentra Pemerintahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Michael R Gomar saat diwawancarai, Senin (9/8) mengatakan, untuk peserta yang berada di lapangan juga dibatasi.

Hanya terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), personel TNI dan Polri, satuan-satuan yang berada di Kabupaten Mimika, tokoh agama, pemuda, tokoh perempuan dan lainnya.

"Peserta upacara yang kita estimasikan sebanyak 250 - 300 orang. Itupun keterwakilan dari ASN, TNI-Polri, satuan-satuan yang ada di Kabupaten Mimika dan dari keterwakilan tokoh-tokoh," tutur Gomar.

Gomar mengatakan, upacara dilakuan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat yang mulai diatur dari jarak barisan hingga wahib gunakan masker.

"Paskriba tahun ini menjadi tanggungjawab Polres Mimika. Mereka yang rekrut dari sekolah dan lakukan pelatihan sampai pelaksanaan nanti. Ini tanggungjawab mereka," ujarnya.

Tidak semua distrik akan mengikuti pelaksanaan HUT RI di sentra pemerintahan. Selain Distrik Mimika Baru, yang lainnya melakukan di wilayah masing-masing.

"Tapi khusus di pegunungan harus sesuaikan dengan kondisi kamtibmas juga, namun pesisir saya pikir wajib melakukan upacara 17 baik itu kegiatan-kegiatan lomba dan juga pelaksanaan upacara nanti," ungkapnya.

Diketahui, dana yang dialokasikan untuk pelaksanaan HUT RI sebesar Rp1.124.000.000. Dana ini digunakan untuk pelaksanaan perlombaan, hadiah lomba, honorer panitia HUT, kegiatan pelatihan paskibra, konsumsi, perlengkapan dan dekorasi.

"Itu sudah terdistribusi ke masing-masing seksi panitia HUT RI," ungkapnya. (Shanty)

Top