Kawal Bansos Dari Kemensos, Inspektorat Mimika Bentuk Tim Pemantauan

Sekretaris Inspektorat Mimika, Agustina Kombong

MIMIKA, BM

Guna meringankan beban masyarakat akibat terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial (Bansos) beras untuk seluruh Indonesia.

Salah satu daerah yang juga menerima bantuan tersebut adalah Kabupaten Mimika. Oleh sebab itu, guna mengawal Bansos dari Kemensos bisa tepat sasaran maka Inspektorat Mimika membentuk tim pemantauan.

Sekretaris Inspektorat Mimika, Agustina Kombong kepada BM mengatakan tim yang dibentuk hanya satu, namun nantinya tim ini akan memantau semua distrik baik yang di wilayah kota, pesisir maupun pegunungan.

"Jadi ada satu tim untuk pemantauan penyaluran itu (bansos-red). Untuk memastikan bahwa apakah penyalurannya sudah tepat sasaran yang diprogramkan pemerintah atau tidak,” tutur Agustina.

Katanya, dengan adanya tim ini, masyarakat bisa membantu memberikan informasi apabila melihat ada penyelewengan.

Karena menurut Agustina, peran masyarakat dalam pemantauan ini sangat dibutuhkan. Ia juga berharap warga jangan takut memberi informasi.

Ia juga berpesan kepada para kepala distrik dan kampung untuk menyalurkan bansos dengan jujur serta tepat sasaran.

"Kita bekerja dengan sepenuh hari, jujur dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Namun untuk laporan dugaan penyelewengan dana bansos yang dilaporkan masyarakat Kokonao Distrik Mimika Barat, Agustina mengatakan laporan tersebut belum diterima Inspektorat. (Shanty)

Top