KPU Mimika Pleno PAW Yan Sampe Gantikan Almarhum Robby Omaleng

Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola

MIMIKA, BM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika pada pukul 10.00 Wit pagi ini, Kamis (5/8) akan melakukan Pleno Pergantian Antar Waktu (PAW) Yan Sampe menggantikan almarhum Ketua DPRD Robby K Omaleng.

Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola kepada BeritaMimika pagi ini menjelaskan bahwa PAW yang sempat tertunda akhirnya dapat dilaksanakan setelah dokumen yang dimintakan pihak KPU terpenuhi.

"Agak lama karena kita tunggu surat dari DPRD terkait dokumen yang kita minta dan baru dikasih. Yang kami tunggu kemarin itu dokumen SK pemberhentian almarhum dari Partai Golkar," jelasnya.

Ini merupakan prasyarat yang dibutuhkan dalam aplikasi Sistem Informasi Pergantian Antar Waktu (SIM PAW) karena merupakan dokumen yang harus dimasukan dalam berita acara pleno.

"Kita tunggu ini saja karena semua dokumen yang lain seperti surat kematian dan lainnya sudah lengkap sehingga pagi ini kita akan pleno di kantor KPU," ungkapnya.

Untuk kasus seperti ini Indra menjelaskan hanya diselesaikan secara internal kabupaten artinya kebijakan PAW merupakan hak DPD II Partai Golkar Mimika.

"PAW ini secara mekanisme sudah jelas bahwa yang menggantikan adalah suara terbanyak berikutnya dari partai yang sama dan dapil yang sama. Tidak bisa orang Golkar dari dapil lain dan harus dibuktikan dengan BB 1 atau hasil rekapitulasi dan berita acara yang diplenokan pada pileg 2019 lalu," terangnya.

Setelah pleno selesai dilakukan, hasil tersebut akan segera diproses KPU ke DPRD untuk pengajuan ke gubernur Papua melalui bupati.

"Untuk SK-nya melalui gubernur tapi SK-nya berbeda dengan lain, artinya tidak kolektif. Kalau 35 sebelumnya calon DPRD terpilih kalau yang ini bunyinya PAW sehingga terpisah," ujarnya. (Ronald)

Top