Bupati : Validasi Honorer akan Diumumkan September

Bupati Mimika Eltinus Omaleng

MIMIKA, BM

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan validasi honorer akan diumumkan pada September karena saat ini tiap OPD sedang merampungkan kebutuhan penggunaan tenaga honorer.

"Setelah sudah clear semua mana yang dipakai dan mana yang tidak dipakai baru dibuatkan Surat Keputusan (SK)," tutur Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat ditemui di salah satu hotel di Timika, Senin (2/8).

Bupati mempercayakan keputusan dan kebijakan ini kepada masing-masing pimpinan OPD karena menurutnya, mereka yang lebih mengetahui kebutuhannya.

Bupati Omaleng juga mengatakan sebagian sudah selesai dan telah menyerahkan validasi data mereka ke Sekda Mimika, Michael R Gomar.

"Nanti paling lambat September sudah masuk kerja. Jumlahnya banyak sekali makanya kita kurangi. Justru kurangi itulah yang kita kembalikan ke pimpinan OPD untuk menilai honor mana yang rajin dan tidak," katanya.

Ia meminta, agar pimpinan OPD lebih melihat pegawai honorer putera daerah, yang memiliki kompoten dan rajin bekerja untuk diusulkan kembali. Namun menurut Bupati Omaleng, sekian yang sudah diusulkan, rata-rata adalah yang sudah sesuai harapan bersama.

"Kadang kan orang-orang ini tidur-tidur saja, tidak pernah masuk juga itulah yang kita tapis. Sebenarnya targetnya 1.000 tenaga honorer saja tapi kalau mau lebih juga tidak apa-apa yang penting sesuai dengan kebutuhan di OPD," ujarnya.

Hal ini mungkin dinilai lucu, karena Bupati Omaleng menjelaskan ada beberapa alasan mengapa dilakukan pengurangan honorer salah satunya karena ternyata ada pimpinan OPD yang sulit memberikan perintah kepada ASN-nya.

"Yang bisa diperintahkan itu hanya honorer saja. Sehingga kepala dinas seenaknya saja ambil tenaga honorer banyak-banyak karena tidak mampu untuk tegur anak buahnya (ASN) secara langsung," ungkapnya.

Diketahui, pemberhentian sementara tenaga honorer dilingkup Pemda Mimika dilakukan sejak 1 Juni 2021. Alasan dari dirumahkan sementara tenaga honorer ini adalah penertiban administrasi dan keuangan. (Shanty)

Top