Gerry : Klemen Tinal Adalah Bapak Pembangunan Yang Merakyat

Gery Okoare, Ketua Lemasko

MIMIKA, BM

Ketua Lemasko, Gery Okoare mengatakan bahwa Almarhum Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal merupakan bapak pembangunan yang merakyat dan juga merangkul semua masyarakat baik menengah maupun yang kecil.

Menurut Gery, kedekatan amarhum dengan masyarakat sangat dirasakan oleh semua pihak, termasuk dirinya dan lembaga adat.

"Waktu masih bupati Mimika beliau sangat kompoten membangun Kabupaten Mimika dengan serius yang mana waktu itu masih kurang pada masa bupati sebelumnya, almarhum bapak Potereyauw," tutur Ketua Lemasko, Gery Okoare saat diwawancarai BeritaMimika.

Gery mengatakan, Klemen Tinal melakukan pembangunan bukan hanya dari segini infrastruktur namun juga ekonomi, budaya dan kemasyarakatan. Inilah yang membuat almarhum begitu berkesan baginya.

Lanjutnya, setelah melanjutkan karir ke Provinsi Papua sebagai Wakil Gubernur selama 2 periode, semua orang Papua melihat langsung bagaimana perannya dalam mendampingi Gubernur Lukas Enembe dalam membangun Papua.

Kepergian almarhum pada Jumat (21/5) pukul 04.00 Wib meninggalkan luka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Papua terutama warga Mimika. Banyak orang mencintai sosoknya namun semua yang terjadi adalah kehendak Yang Maha Kuasa.

"Anak-anak Papua, kita kehilangan seorang alumni Bandung yang selama ini menjadi pelopor, motivator, inspirator dan selalu memberikan dukungan terhadap banyak hal untuk membangun Papua. Saya secara pribadi sebagai alumni Bandung turut berduka cita,"ujarnya.

Gery mengaku selalu berkomunikasi ketika almarhum kembali ke Timika. Menurutnya beliau juga orang yang bijak dan lebih dari sekedar saudara.

"Setiap kali ketemu dengan beliau dia selalu mengatakan punya adik yang paling ganteng. Sebelum jadi Bupati juga kami sudah dekat sekali. Dan setelah menjabat sebagai Bupati Mimika lebih dekat lagi,"ungkapnya.

Gery juga mengatakan bahwa almarhum bukan orang yang anti dikritik. Ketika ia dikritik, ia akan langsung memanggil dan merangkul mereka yang mengkritisinya. Ia juga sangat tahu membalas kebaikan dan perjuangan orang lain untuk dirinya.

"Klemen Tinal itu orangnya merangkul dan merakyat dan bukan hanya di golongan menengah tetapi di golongan kecil juga. Ketika ada hal-hal yang dikeluarkan di media massa, dia akan cepat menangkap bolanya bagus sekali," jelasnya.

Menurutnya, Almarhum Klemen Tinal sangat berbeda dengan kebanyakan pemimpin di Papua. Kepribadiannya yang supel, periang dan sangat menghargai orang lain, membuatnya muda dekat dan bersahaja dengan siapa saja.

"Makanya saya bilang dia adalah Bapak Pembangunan yang merakyat. Atas nama lembaga adat dari Lemasko dari wilayah Nakai sampai Warisi dan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Mimika Kami turut berduka cita dan Kami mengucapkan selamat jalan Wakil Gubernur Provinsi Papua dan mantan Bupati Mimika, Bapak Klemen Tinal,"ujarnya. (Shanty

Top