Vaksinasi Booster Kedua Nakes Di Mimika Terkendala Karena Ini

Kadis Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Pelaksanaan vaksinasi booster kedua bagi tenaga kesehatan di Mimika hingga kini belum dilakukan. Hal ini dikarenakan belum adanya ketersediaan stok vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold R Ubra mengatakan, pihaknya juga sampai saat ini masih menunggu kedatangan vaksin karena sudah 2-3 bulan terakhir stok vaksin kosong.

"Karena belum tersedia vaksinya makanya kami tenaga kesehatan juga sampai hari ini belum lakukan boster kedua karena kami menerima vaksin juga dari provinsi," Kata Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold R Ubra saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Senin (26/9/2022).

Tidak hanya tenaga kesehatan melainkan masyarakat yang juga akan menerima boster pertama atau dosis ketiga juga tidak bisa dilayani.

Pihaknya pun sudah melakukan komunikasi dalam 2-3 bulan terakhir terkait dengan ketidaktersediaan vaksin, namun jawabannya sama, belum ada ketersediaan vaksin.

"Kami sudah menyurat ke Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk pengiriman vaksin tapi di sana juga tidak tersedia stok, karena kami menerima dari provinsi dan provinsi menerima dari Kementerian Kesehatan, jadi memang sampai hari ini tidak tersedia," Ujarnya.

Akibatnya, hingga saat ini pula pos-pos vaksinasi juga tidak bisa memberikan layanan vaksinasi.

Oleh sebab itu, untuk syarat penerbangan ada syarat alternatif yakni PCR dan antigen. Sehingga sangat baik agar itu bisa di canangkan.

"Kalau untuk PCR kami mesin PCR juga terbatas tapi kalau antigen bisa karena ada di fasilitas kesehatan. Ada 30 Faskes yang bisa melayani antigen. Kalau PCR kami punya pelayanan hanya di RSUD," ujarnya.

Katanya, untuk presentasi vaksin belum berbeda jauh dengan yang lalu, untuk dosis pertama baru 82-83 persen, dosis kedua 68 persen dan dosis ketiga 28 persen.

"Jadi belum berbeda jauh dengan data yang lalu, karena stok vaksin terbatas," Ungkapnya. (Shanty Sang)

Top