Inovasi Baru Dinas Kesehatan : Lima Puskesmas Di Timika Kini Buka Sampai Jam 5 Sore

Kepala Puskesmas Timika, dr Mozes Untung

MIMIKA, BM

Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika melalui 5 puskesmas di wilayah kota melakukan inovasi baru dengan membuka layanan poliklinik hingga pukul 17.00 Wit sore guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Kelima puskesmas ini adalah Puskesmas Timika, Timika Jaya, Wania, Pasar Sentral dan Puskesmas Jile Ale.

Kepala Puskesmas Timika, dr Mozes Untung menjelaskan, tambahan jam pelayanan sampai jam 5 sore ini dilaksanakan sesuai arahan Kepala Dinas Kesehatan, Reynold Ubra.

Karena sebelumnya pelayanan di Puskesmas hanya dilakukan sampai jam 1 siang.

"Dengan dibukanya pelayanan hingga sore diharapkan dapat memberi manfaat yang seluas-luasanya bagi masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan," kata Kepala Puskesmas Timika dr Mozes Untung saat ditemui di Hotel Horison Ultima, Kamis (11/8/2022).

Pelayanan hingga sore dibuka untuk semua jenis pelayanan mulai dari pendaftaran, pemeriksaan dokter, rekam medis, pemeriksaan lab dan layanan apotik.

“Jadi sebenarnya sama saja dengan pelayanan yang dilakukan pagi hari, ” kata dr. Mozes.

Ia mengatakan, untuk menghindari keramaian di pagi hari maka jika masyarakat ingin memeriksa kesehatan bisa datang di siang atau sore hari karena layanannya sama.

Dikatakan juga bahwa salah satu tujuan dilakukan layanan hingga sore adalah untuk meningkatkan cakupan Puskesmas.

"Selama ini kan pasien di paksa datang pagi karena layanan kita sampai jam 1 siang,” tuturnya.

Terkait kecukupan tenaga kesehatan, dokter Untung mengatakan pegawainya cuku untuk dilakukan mobile pelayanan.

Perlu diketahui, pelayanan di Puskesmas Timika mulai hari Senin sampai Kamis pelayanan dibuka sampai hingga pukul 17.00 Wit. Sementara Jumat dan Sabtu hanya hingga pukul 16.00 Wit.

dokter Moses Untung mengatakan dengan pelayanan yang lebih lama ini diharapkan bisa menjadi pintu untuk mendeteksi semua kasus-kasus yang kemungkinan bisa menjadi permasalahan dan berhubungan langsung dengan mutu Puskesmas.

“Misalnya seperti penyakit menular dan tidak menular, sehingga pasien yang dengan penyakit kronis sekarang dengan BPJS tidak perlu ragu karena pelayanan sudah sampai sore, karena selama ini mereka terbatas sampai jam 1 siang," ungkapnya. (Shanty)

Top