Pengamanan PON di Kuala Kencana : Semutpun Tidak Akan Lewat

Kapolres Mimika AKBP I Gde Era Adhinata

MIMIKA, BM

Pada Maret tahun lalu, di Kuala Kencana terjadi penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), tepatnya di area kanan parkir OB dan area parkir Gereja Betlehem Kuala Kencana.

Penembakan tersebut mengakibatkan adanya dua korban, yakni seorang karyawan WNA (bule-red) dan seorang WNI.

Dengan adanya kejadian tersebut, maka wilayah Kuala Kencana akan menjadi salah satu prioritas pengamanan TNI Polri ketika PON XX di gelar di Mimika.

Pasalnya, lintasan di Kuala Kencana akan digunakan sebagai tempat penyelengara dua mata lomba atletik yakni marathon dan jalan cepat.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memastikan bahwa penyelenggaraan PON di wilayah Distrik Kuala akan berjalan dengan aman. Kuala Kencana akan dilakukan pengamanan secara ketat.

Kapolres bahkan menegaskan bahwa jangankan kelompok kriminal bersenjata, semutpun tidak akan dibiarkan lewat.

"Kami akan keliling habis wilayah itu! Semutpun tidak akan kami biarkan untuk lewat. Kami pastikan bahwa Kuala Kencana akan aman dari segala macam gangguan," tegasnya kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (19/9).

Pada momen ini Kapolres Era juga membantah adanya penyerangan yang dilakukan oleh kelompok KKB di areal PTFI (mile 61), beberapa hari lalu.

"Dari hasil penyelidikan tidak ditemukan adanya proyektil, atau adanya tanda-tanda penembakan. Saya pastikan itu bukan penembakan. Wilayah Tembagapura sejauh ini juga daam situasi aman dan tidak ada gangguan apa-apa," ujarnya. (Ronald)

Top