Dua Ancaman yang Paling Diwaspadai Selama Keberlangsungan PON di Mimika

Kapolres Mimika, AKBP I Gde Era Adhinata saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (19/9)

MIMIKA, BM

Salah satu perhatian utama TNI Polri dalam mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Mimika adalah ancaman dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Sejauh ini pihak kepolisian terus memantau dan melakukan pengamanan ketat di wilayah yang merupakan jalur perlintasan KKB.

Kapolres Mimika, AKBP I Gde Era Adhinata mengatakan sebagian kelompok bersenjata kini berada di luar wilayah Mimika.

"Sementara ini kita masih melakukan pengejaran dan penjajakan untuk menemukan titik mereka dan semaksimal mungkin kita mengamnakan keamanan dari kelompok KKB ini," ungkapnya.

Bukan hanya KKB, Kapolres Era mengakui bahwa Mimika merupakan wilayah dengan potensi konflik yang terhitung tinggi seperti gesekan antara suku dan kelompok masyarakat.

Guna menjaga agar situasional ini terus terjaga terutama ketika PON mulai dilangsungkan di Mimika maka pihaknya akan langsung bertindak jika ada gejolak.

"Kami tegaskan bahwa sekecil apapun informasi yang berhubungan dengan situasional yang mengancam stabilitas maka kami akan langsung selesaikan jam itu juga. Bukan hari itu juga tapi jam itu juga," tegasnya.

Secara khusus ia juga meminta masyarakat Mimika agar turut membantu mendukung penyelengaraan PON di Mimika.

Masyarakat dapat berpartisipasi dengan selalu bersatu dan bersama menjaga kantibmas. Selain itu dapat menyampaikan informasi kepada pihak kepolisian jika adanya gejolak ataupun ancaman yang akan menggangu situasional di Mimika.

"Bersama dengan masyarakat, kita harus ciptakan situasi aman dan nyaman bagi semua orang yang akan datang ke Mimika. Baik itu atlet maupun orfficial. Menjaga keamanan adalah tugas dan tanggungawab kami namun kami juga butuh peran serta dari semua masyarakat Mimika untuk sama-sama mewujudkannya," harap Kapolres Era. (Ronald)

Top