Walau Suku Bunga Acuan BI Naik, Bank Mandiri Belum Menaikan Suku Bunga Pinjaman

Kepala Bank Mandiri Cabang Timika Andhika Andar Pribadi

MIMIKA, BM

Bank Mandiri Cabang Timika kini genap berusia 24 tahun. Dihari jadinya yakni pada 2 Oktober kemarin, Bank Mandiri menawarkan beberapa promo.

Promo yang ditawarkan diantaranya promo untuk suku bunga pinjaman sebesar 2,4 persen dan promo pinjaman karyawan kredit serbaguna Mandiri mulai dari 9,5 persen.

Kepala Bank Mandiri Cabang Timika Andhika Andar Pribadi kepada BeritaMimika di ruang kerjanya, Senin (3/10/2022) mengatakan promo berlaku terbatas hingga akhir bulan Oktober.

“Khusus TNI/Polri dan ASN yang payroll di Bank Mandiri ada suku bunga mulai 8,24 persen,” lanjutnya.

Disisi lain, Bank Indonesia (BI) kini telah menaikkan tingkat suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate ke 4,25 persen.

Terkait kenaikan suku bunga acuan BI sebesar 4,25 persen Andhika bertutur secara internal di Bank Mandiri belum ada pengumuman kenaikan suku bunga.

”Jika dikaitkan dengan kenaikan suku bunga acuan tentu pasti akan berpengaruh terhadap kebijakan perbankan. Kebijakan BI menaikan suku bunga acuan dengan maksud untuk stabilitas sistem moneter. Selain itu, untuk mencegah inflansi,” ucapnya.

Ia menambahkan seperti diketahui bersama bahwa pemerintah Indonesia telah menaikan harga bahan bakar minyak (bbm), hal ini tentu berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok dan barang lainnya.

“Kenaikan harga bbm akan memicu kenaikan harga kebutuhan pokok dan lainnya sehingga akan timbul inflansi, untuk mencegah kenaikan inflansi yang tinggi maka BI menaikan suku bunga acuan. Namun sejauh ini, kami Bank Mandiri belum menaikan suku bunga pinjaman,” tuturnya. (Elfrida Sijabat)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top