Pasca Kenaikan BBM, Apa Kabar Harga Sembako Di Mimika?

Sekretaris  Disperindag Mimika Selvina Pampang

MIMIKA, BM

Walau harga BBM telah ditetapkan sejak empat hari lalu namun hingga kini harga sembako di Mimika masih normal atau belum ada kenaikan berarti.

Terkait hal ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika telah melakukan pendataan. Hasilnya, harga barang terutama sembako, rata-rata masi menggunakan harga lama.

"H+4 pasca kenaikan ini kan kita masih pendataan harga untuk mengontrol, maksudnya untuk melihat seberapa jauh pengaruhnya. Dan

"Sampai hari ini (Selasa-red), harga sembago di pasar masih harga lama. Kami sudah lakukan pendataan untuk mengontrol hal ini untuk melihat sejauh mana pengaruh kenaikan BBM terhadap harga di pasar," ujar Sekretaris Disperinda Mimika, Selvina Pampang saat dihubungi melalui telpon, Selasa (6/7/2022)

Ia menjelaskan, ada kemungkinan stok barang dagang yang dijual merupakan stok lama sehingga para pedagang masih menggunakan harga jual lama.

"Kami turun ke lapangan untuk antisiasi sekaligus menjaga supaya jangan sampai ada penimbunan. Kami juga sudah komunikasi dengan distributor untuk mengecek stok, takutnya mereka tunggu harga baru kemudian mereka jual," ujarnya.

Selvina mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya indikasi penimbunan stok dari para distributor.

"Kalau sekarang sih belum pak. Mengingat kan kita di Timika ini banyak pelaku usaha yang bergerak di bidang distributor sehingga pasti ada persaingan hargalah. Mereka juga memperhatikan perputaran. Belum ada indikasi dari beberapa pelaku usaha yang kami datangi. Sejauh ini masih aman," ungkapnya.

"Kami juga selalu berkomunikasi dengan distributor supaya jangan sampai kita mempersulit masyarakat yang memang sudah sulit dengan kenaikan berbagai macam kebutuhan hidup. Jangan sampai ada oknum oknum yang mengambil keuntungan. Kami juga selalu bersama dengan satgas pangan turun dari Polres, Kejaksaan untuk memantau itu," imbuhnya.

Sementara itu, terkait bila mana nantinya terjadi lonjakan pada harga sembako, Selvina menyampaikan bahwa pihaknya akan mengambil langkah-langkah strategis untuk mencegah peningkatan inflasi.

"Kalau kenaikan harga kan itu sudah pasti, tapi mungkin belum sekarang. Karena kan namanya kita kalau mendatangkan barang ke Timika kan rentang distribusinya jauh. Dari pabrik ke kapal, kemudian kapal ke darat lagi, itu hal yang tidak bisa dihindari. Tapi kalau masih dalam hal-hal yang wajar berarti kita tinggal pemantauan saja," jelasnya.

"Tapi kalau sampai sudah bisa meningkatkan inflasi yang sangat tinggi, ya dari pemerintah daerah juga pasti akan mengambil langkah. Makanya kami diperintahkan dari tim pengendali inflasi untuk memantau sejauh mana kenaikan harga ini supaya jangan sampai terlalu tinggi sehingga ada upayalah untuk menekan inflasi kalau terlalu tinggi," pungkasnya. (Ade)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top