YPMAK Kelola Dana Kemitraan PTFI Rp593 Miliar, Paling Banyak Dikelola Bidang Pendidikan

Direktur YPMAK, Vebian Magal

MIMIKA, BM

Tahun anggaran 2022 Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) diberi kepercayaan untuk mengelola dana kemitraan dari PT Freeport Indonesia (PTFI) sebesar Rp593 miliar untuk program kerja pada tiga bidang yakni pendidikan, kesehatan dan bidang ekonomi.

"Dari total anggaran itu untuk tahun ini, paling banyak dialokasikan untuk bidang pendidikan sebesar Rp220 miliar. Sedangkan sisanya untuk bidang kesehatan, ekonomi dan operasional,” kata Direktur YPMAK Vebian Magal saat ditemui di Hotel Horison Ultima, Senin (6/6).

Vebian mengatakan, untuk bidang ekonomi tahun ini masih pembenahan kredituntu dan untuk lima suku kekerabatan lainnya melalui Kelompok Kerja (Pokja) yang dulu dilaksanakan oleh kepala biro saat menjadi internal karyawan LPMAK dan karena sudah YPMAK maka mereka menjadi kelompok kerja sendiri dan lepas dari LPMAK.

"Satu suku mendapat anggaran Rp 44 miliar yang dikelola secara mandiri. Tapi kami memang masih dalam pembinaan-pembinaan supaya kelola administrasi keuangan secara baik. Nanti kita akan lihat indikator kemandiriannya seperti apa untuk kelompok itu," jelasnya.

Katanya, anggaran yang diterima sebesar Rp593 miliar itu berbasis program yang diajukan oleh YPMAK dengan yang diajukan kepada PTFI.

“Mereka anggarkan per tahun dengan prediksi yang bisa saja meningkat maupun turun,”ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top