Dinkes Mimika Ajak Lintas Sektor Eliminasi Malaria Menuju PON XX

Jalannya rapat koordinasi lintas sektor MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengg...

Polres Mimika Kejar Penyebar Berita Hoax Yang Akibatkan 28 Pelajar...

Kapolres Mimika saat mberdiskusi dengan seorang warga MIMIKA, BM Polres Mimika akan mengejar pel...

6 OPD Pemda Mimika Disorot 4 Fraksi DPRD Di Rapat...

Jalannya Sidang Paripurna II MIMIKA, BM DPRD Kabupaten Mimika melaksanakan Rapat Paripurna II Masa...

Keuskupan Timika Launching Buku dan DVD Almarhum Uskup John Philip Saklil Pr

BAC0C6B1-C97C-4308-B7BD-C84FE0F181B0
Mengenang 40 hari kepergian Almarhum Uskup John Philip Saklil Pr

MIMIKA, BM

40 hari sudah Uskup Mgr. John Philip Saklil pergi meninggalkan dunia ini tepatnya Sabtu (3/8) karena terjatuh di depan kapel.

Kepergiannya yang begitu mendadak menyisakan kesedihan di hati seluruh umat Katolik dan masyarakat Mimika.

Ribuan masyarakat mengiringi kepergiannya di hari terakhir pembaringan dan dimakamkan di kompleks Keuskupan Mimika.

Sebagai penghormatan dilaunching buku dimana tertuang pernyataan dan perjuangan Uskup John Philip Saklil dalam menyuarakan tentang konflik, kekerasan, ketidakadilan, perdamaian dan kemanusiaan di Tanah Papua.

Buku almarhum diberi judul 'Gereja dan Tragedi Kemanusiaan di Keuskupan Mimika' merupakan kumpulan pernyataan sikap dan suara Uskup John Philip Saklil di media massa.

Buku ini diterbitkan oleh Sekretariat Keadilan dan Perdamaian (SKP) Keuskupan Timika dan selaku editor Pastor Dominikus Dulione Hodo Pr, Ketua Unio Gereja Katolik Keuskupan Timika pada 2018 sebanyak 2.000 eksemplar.

Penyerahan buku dan dvd diberikan secara simbolis dari peneliti Basilius Triharyanto kepada Administrator Diosesan Keuskupan Timika, Pater Mathen E. Kuayo, Pr di Aula Bobaigo Keuskupan Timika Rabu (11/9).

Administrator Diosesan Keuskupan Timika, Pater Mathen E. Kuayo, Pr mengatakan apa yang pernah Uskup John lakukan, pikirkan dan sampaikan kepada masyarakat tertuang di dalam buku ini.

Di hari bertepatan dengan 40 hari kepergiannya, buku tersebut dilaunching beserta dvd berisi lagu-lagu ciptaan Uskup John sebagai ungkapan penghormatan dan kekuatan guna melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh Uskup John Philip Saklil Pr semasa hidupnya.

"Uskup Mgr John adalah uskup pertama, pastor muda juga yang ditahbiskan sebagai uskup. 15 tahun beliau meletakan dasar yang kuat baik dari sisi visi, kepastoralan dan gerakan-gerakan di keuskupan. Ia telah membangun kantor keuskupan yang begitu megah. Semua karya Tuhan yang luar biasa," ujarnya.

Dikatakan, umat mengaguminya karena ia tidak mengemis di tempat lain tetapi memberdayakan umat masyarakat setempat dengan janji iman, ebamokai dan lelang.

"Uskup berkata kamu mampu, kamu bisa, kamu buat. Uskup berdoa untuk umat. Pembangunan fisik dan ekonomi khususnya di pedalaman, uskup selalu menyampaikan kita membangun bukan karena orang tetapi karena diri kita sendiri. Ini cara untuk menguatkan apa yang dimiliki masyarakat. Selain itu, uskup selalu dan senantiasa menyampaikan kita melindungi orang yang menderita dan susah tetapi tidak cukup hanya melindungi, kita juga harus mengerakan agar mereka mampu," kenangnya.

Pater Marthen menuturkan buku ini bukan hanya mengungkapkan kekerasan, kejelekan atau ketakutan tetapi mau mendorong dan menyampaikan kepada semua bahwa nilai manusia itu lebih tinggi dan mengingatkan untuk perlu memanfaatkan apa yang dimiliki untuk berkembang.

8A947462-01EE-4798-A673-453C630E8764Lanching buku dan dvd lagu almarhum Uskup John 

"Bapak uskup juga mengingatkan jangan jual tanah karena tanah adalah hidup. Jika kamu melakukannya, kamu sama saja dengan menjual diri. Buku ini mengkoreksi cara kerja dan pendekatan kepada masyarakat. Mari kita melihat buku ini sebagai langkah awal pola pendekatan dalam pembangunan masyarakat di Papua, pendekatan kemanusiaan (humanist) dan biologis dengan masyarakat bukan dengan cara kekerasan dan ketidakadilan tetapi memperhatikan hak hidup orang," tandasnya.

Sementara itu editor buku Pastor Dominikus Dulione Hodo, Pr mengatakan pada 2015 ia mulai tercetus ide untuk membuat buku namun profesinya sebagai seorang dosen membuatnya tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikannya.

Hingga akhirnya ia mengundurkan diri dan kembali ke Keuskupan Mimika kemudian menserialkan isi pernyataan bapak Uskup dan dibuat pernyataan secara institusi.

"Berdasarkan berbagai persoalan yang terjadi dan ada banyak orang bertanya dimanakah suara gereja? saya bermaksud mendeskripsikan bahwa suara gereja bukan hanya uskup saja tetapi suara semua orang beriman untuk menyerukan ketidakadilan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Kasus terbesar bapak uskup bicara secara frontal yakni kasus Koperapoka," jelasnya.

Ia mengatakan gereja bersuara dalam tanda petik para pemimpin gereja tidak diam dalam menghadapi pelanggaran HAM dan ketimpangan-ketimpangan sosial yang terjadi dengan tujuan untuk mengusahakan kedamaian, keadilan dan keamanan terutama untuk masyarakat kecil.

"Buku ini belum tersebar di toko buku, tetapi saya kampanye pribadi dan bawa kemana-mana setelah launching akan diedarkan ke seluruh uskup di Indonesia. Bapak Uskup mau buku ini dijual untuk kepentingan seminari. Ke depan kami akan buat biografi Uskup John mungkin di 100 harinya nanti," pungkasnya.

Buku 'Gereja dan Tragedi Kemanusiaan di Keuskupan Mimika' Kumpulan Pernyataan Sikap dan Suara Uskup John Philip Saklil di media massa' ini dijual dengan harga Rp. 100.00,-

Dalam kesempatan tersebut, Keuskupan Mimika juga menjual dvd berisi lagu-lagu ciptaan Uskup John seharga Rp. 100.000,- dengan album berjudul Gerakan Tungku Api Keluarga yang berisikan lagu Papua Tanahku, Gerakan Tungku Api kehidupan, Tungku Api Kehidupan, Rumah Sendiri, Dapurku Tak Berasap Lagi dan Hidup Bersatu.

Juga Album Kenangan Uskup John Philip Saklil yang berisikan 23 kumpulan lagu-lagu ciptaannya.

Dalam Sinopsis atau kapur sirih buku tersebut tertuang pernyataan almarhum Mgr. John Philip Saklil Pr, yakni 'kita tidak cukup hanya bicara dan mengkritik, tetapi bercermin pada kisah karya masa lalu untuk mengambil langkah secara tepat menuju ke masa depan”.

Masa depan dimana ada kesamaan konsep untuk bersikap dan bersuara menggugat realitas dan tragedi-tragedi kemanusiaan yang terjadi di sekitar kita. Kita sepakat untuk tetap menggugat ketidakadilan dan ketidakberadaban yang dialami setiap orang di tanah ini.

Selain itu juga ada kutipan rohaniawan dan budayawan Romo Franz Magnis-Suseno, SJ yakni 'Kalau gereja bicara dan disini kalau Mgr. John Philip Saklil mengangkat suaranya maka bukan untuk menambah luka, melainkan untuk membantu agar perlakuan yang begitu melukai diakhiri dan luka-luka bisa sembuh.

Gereja mendakwa ketidakadilan bukan untuk menimbulkan kebencian, melainkan karena pengakuan terhadap ketidakadilan adalah syarat agar keadilan dimenangkan.

Memenangkan keadilan di Papua berarti paling pertama bahwa manusia Papua diperlakukan sebagai manusia, bahwa hak-hak asasinya dihormati. Jadi, bahwa ia dihormati sebagai manusia dan hak asasi paling dasar adalah hak atas hidup. (Elf)

Berita Seputar Mimika

Di Harhubnas 2019, Kinerja Dinas Perhubungan Dikritik Pelajar SMA/SMK

Nasional
- Selasa, 17 September 2019
Di Harhubnas 2019, Kinerja Dinas Perhubungan Dikritik Pelajar SMA/SMK

Wabup John menar seka bersama di Harhubnas 2019 MIMIKA, BM 17 September merupakan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di seluruh Indonesia. Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika menyambutnya...

TPS di Timika Akan Ditutup dan Dipindahkan

Nasional
- Selasa, 17 September 2019
TPS di Timika Akan Ditutup dan Dipindahkan

Kepala DLH Limi Makodompit MIMIKA, BM Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika terus berkomitmen untuk menangani permasalahan sampah yang ada di kabupaten ini. Walau demikian, DLH Mimika tidak bi...

Bandara Baru Mozes Kilangin Akan Diresmikan Jokowi Pada Pembukaan Pesparawi XIII

Nasional
- Selasa, 17 September 2019
Bandara Baru Mozes Kilangin Akan Diresmikan Jokowi Pada Pembukaan Pesparawi XIII

Wabup John saat meninjau pengerjaan bandara baru UPBU Mozes Kilangin MIMIKA, BM Bandara Baru UPBU Mozes Kilangin Sisi Selatan pengerjaan Tahun Anggaran 2019 dilakukan dengan menggunakan APBN sebesar R...

Wabup John Rettob Sidak 9 OPD

Pemerintahan
- Senin, 16 September 2019
Wabup John Rettob Sidak 9 OPD

Wabup John saat sidak di kantor Disdukcapil MIMIKA, BM Guna memaksimalkan pelayanan kerja, mengecek kehadiran ASN, melihat suasana dan kebersihan ruang kerja, memantau disiplin berpakaian serta melak...

PARADE FOTO Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mimika Masa Bakti 2019-2024

Nasional
- Senin, 16 September 2019
PARADE FOTO Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mimika Masa Bakti 2019-2024

MIMIKA, BM Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe melantik Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika dan Johannes Rettob sebagai Wakil Bupati Mimika Periode 2019-2024 di Lapangan 23, Distrik Kuala Kencana...

Dinas DPMPTSP Mimika Melaunching Tur Keliling Perizinan Extra Jam Via Online

Pemerintahan
- Senin, 16 September 2019
Dinas DPMPTSP Mimika Melaunching Tur Keliling Perizinan Extra Jam Via Online

Puluhan pengusaha Mimika Timur antusias mengurusi surat izin usaha MIMIKA, BM Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mimika melakukan Launching Kegiatan Tur Kelili...

Deklarasi Mimika Sebagai Zona Damai Diawali Dengan Mengheningkan Cipta Untuk Alm...

Hukum & Kriminal
- Kamis, 12 September 2019
Deklarasi Mimika Sebagai Zona Damai Diawali Dengan Mengheningkan Cipta Untuk Almarhum B.J. Habibie

Wabup Rettob saat membacakan 10 poin deklarasi damai MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, TNI Polri, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta lembaga swadaya dan seluruh elemen masya...

Sudah Terima Surat Dari Nasdem, KPU Tidak Akan Ubah Hasil Putusannya

Politik
- Rabu, 11 September 2019
Sudah Terima Surat Dari Nasdem, KPU Tidak Akan Ubah Hasil Putusannya

Ketua KPU Indra Ebang Ola MIMIKA, BM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika telah menerima Surat Permohonan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mengganti Ca...

PARADE FOTO Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Sosialisasi Pengelolaan Ke...

Nasional
- Rabu, 11 September 2019
PARADE FOTO Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan

MIMIKA, BM Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika menggelar Sosialisasi Bimbingan Percepatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Kearsipan Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika di Hote...

Keuskupan Timika Launching Buku dan DVD Almarhum Uskup John Philip Saklil Pr

Nasional
- Rabu, 11 September 2019
Keuskupan Timika Launching Buku dan DVD Almarhum Uskup John Philip Saklil Pr

Mengenang 40 hari kepergian Almarhum Uskup John Philip Saklil Pr MIMIKA, BM 40 hari sudah Uskup Mgr. John Philip Saklil pergi meninggalkan dunia ini tepatnya Sabtu (3/8) karena terjatuh di depan kape...

6 OPD Pemda Mimika Disorot 4 Fraksi DPRD Di Rapat Paripurna II

Politik
- Rabu, 11 September 2019
6 OPD Pemda Mimika Disorot 4 Fraksi DPRD Di Rapat Paripurna II

Jalannya Sidang Paripurna II MIMIKA, BM DPRD Kabupaten Mimika melaksanakan Rapat Paripurna II Masa Sidang III Tentang Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD...

Polres Mimika Kejar Penyebar Berita Hoax Yang Akibatkan 28 Pelajar Mimika Pulang

Pendidikan
- Selasa, 10 September 2019
Polres Mimika Kejar Penyebar Berita Hoax Yang Akibatkan 28 Pelajar Mimika Pulang

Kapolres Mimika saat mberdiskusi dengan seorang warga MIMIKA, BM Polres Mimika akan mengejar pelaku penyebar berita hoax sehingga mengakibatkan 28 pelajar dari Mimika yang bersekolah di Lokon, Manado...

Wabup Rettob Minta Sapaan Amolongo dan Nimowitimi Wajib Diucapkan Di Tiap Kegiat...

Budaya
- Selasa, 10 September 2019
Wabup Rettob Minta Sapaan Amolongo dan Nimowitimi Wajib Diucapkan Di Tiap Kegiatan

Pasangan Omtob saat dilantik Gubernur Lukas Enembe MIMIKA, BM Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mewajibkan seluruh OPD, TNI-Polri, BUMN, BUMD hingga seluruh masyarakat Mimika agar mulai menggunakan...

Korupsi Dapat Dicegah Apabila Tidak Ada Kelalaian Dalam Mengelola Kearsipan

Pemerintahan
- Selasa, 10 September 2019
Korupsi Dapat Dicegah Apabila Tidak Ada Kelalaian Dalam Mengelola Kearsipan

Perwakilan OPD Pemda Mimika MIKIKA, BM Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika menggelar Sosialisasi Bimbingan Percepatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Kearsipan Di Lingkungan Pemeri...

Hari Pertama Kerja Usai Dilantik, Bupati Omaleng Sampaikan 3 Hal Ini

Pemerintahan
- Senin, 09 September 2019
Hari Pertama Kerja Usai Dilantik, Bupati Omaleng Sampaikan 3 Hal Ini

Bupati didampingi wakilnya memimpin apel gabungan OPD MIMIKA, BM “Hari ini saya perkenalkan untuk kita semua wakil bupati saya, Johannes Rettob. Dia sudah tidak asing lagi dan saya juga bukan orang b...

Lagu ‘Nyong Papua’ Mita Talahatu Semangati Awal Hari Kerja Pasangan OMTOB

Pemerintahan
- Senin, 09 September 2019
Lagu ‘Nyong Papua’ Mita Talahatu Semangati Awal Hari Kerja Pasangan OMTOB

Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob MIMIKA, BM Sejak hari ini, Senin (9/9) Pasangan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob telah memulai hari pertama merek...

Khotbah Pastor Amandus Untuk Pasangan OMTOB, Jadilah Pelita Bagi Mimika

Pemerintahan
- Senin, 09 September 2019
Khotbah Pastor Amandus Untuk Pasangan OMTOB, Jadilah Pelita Bagi Mimika

Wabup Johnannes Rettob saat diberkati oleh tokoh agama dan pendoa MIMIKA, BM Pastor Amandus Rahadat Pr, memberikan petuah kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob agar men...

25 Tahun di Jakarta, Wabup Rettob Kembali Karena diminta Bupati Titus Poterweyau

Pemerintahan
- Senin, 09 September 2019
25 Tahun di Jakarta, Wabup Rettob Kembali Karena diminta Bupati Titus Poterweyau

Wabup Rettob didampingi isterinya saat sampaikan sambutan MIMIKA, BM Mengabdi di rantau orang selama 25 tahun bukanlah sebuah kisah yang mudah dilalui oleh siapa saja. Apalagi jika di tempat itu sudah...

Gubernur Enembe : Papua Target Masuk Lima Besar di PON XX

Olahraga
- Jumat, 06 September 2019
Gubernur Enembe : Papua Target Masuk Lima Besar di PON XX

Foto bersama Ketua Umum KONI Papua Lukas Enembe MIMIKA, BM Personalia Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika dikukuhkan secara langsung oleh Gubernur Papua Lukas Enembe di...

Ribuan Masyarakat Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 06 September 2019
Ribuan Masyarakat Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mimika

Antusias warga Mimika di acara pelantikan MIMIKA, BM Tidak seperti biasanya, suasana kota Timika selalu ramai dan dilalui banyak kendaraaan. Kota ini sepih hanya ketika larut malam atau ada keadaan in...

Cerita Perjuangan OMTOB Oleh Istri, Saudara dan Sahabat Kecil

Nasional
- Jumat, 06 September 2019
Cerita Perjuangan OMTOB Oleh Istri, Saudara dan Sahabat Kecil

Ibu Kalina Beanal dan Susana Rettob MIMIKA, BM Perjuangan Tidak Menghianati Hasil, seperti inilah kalimat tepat yang bisa menggambarkan perjalanan politik Pasangan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob...

Percasi Adakan Open Turnamen Catur II Kabupaten Mimika

Olahraga
- Rabu, 04 September 2019
Percasi Adakan Open Turnamen Catur II Kabupaten Mimika

Ketua Percasi Mimika, Jack Djenny MIMIKA, BM Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Mimika akan menggelar Open Turnamen Catur II Tahun 2019 tanggal 7-8 September di depan Hotel Horison...

Warga Mimika Diundang Hadiri Pesta Rakyat Pelantikan Pasangan Omtob

Pemerintahan
- Rabu, 04 September 2019
Warga Mimika Diundang Hadiri Pesta Rakyat Pelantikan Pasangan Omtob

Pasangan Omtob saat melakukan kampanye politik MIMIKA, BM Gubernur Papua Lukas Enembe, akan melakukan pelantikan Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika dan Johannes Rettob sebagai wakil bupati Mimika...

Terima Informasi Dari Warga, Polisi Grebek Tiga Lokasi Pembuatan Sopi

Hukum & Kriminal
- Selasa, 03 September 2019
Terima Informasi Dari Warga, Polisi Grebek Tiga Lokasi Pembuatan Sopi

Polisi saat menyita sejumlah barang bukti MIMIKA, BM Kepolisian Resor Mimika pada Selasa (3/9) pagi hingga siang hari berhasil menggrebek tiga lokasi pembuatan minuman beralkohol jenis sopi di Jalan...

Kapolri : Tunggu Penilaian Intelejen Media Polri Baru Internet Kembali Normal

Hukum & Kriminal
- Rabu, 28 Agustus 2019
Kapolri : Tunggu Penilaian Intelejen Media Polri Baru Internet Kembali Normal

Kapolri Tito Karnavian MIMIKA, BM Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D menjelaskan bahwa persoalan melambat dan berhentinya...

PARADE FOTO Kegiatan HUT RI Ke-74

Nasional
- Minggu, 25 Agustus 2019
PARADE FOTO Kegiatan HUT RI Ke-74

MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 tahun ini adalah “SDM Unggul Indonesia Maju” sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memantapkan Langkah Bersama, Bersaudara Membang...

Kemenhub Berikan Bantuan 757 Kendaraan Untuk PON, Mimika Minta 160 Kendaraan

Pemerintahan
- Jumat, 23 Agustus 2019
Kemenhub Berikan Bantuan 757 Kendaraan Untuk PON, Mimika Minta 160 Kendaraan

Ketua Harian Sub Pon Mimika MIMIKA, BM Pada awal Agustus kemarin, Bupati Mimika Eltinus Omaleng didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Marthen Paiding bersama pengurus PB PON Provinsi...

PARADE FOTO Seminar Data Statistik Mimika Dalam Angka

Pemerintahan
- Kamis, 22 Agustus 2019
PARADE FOTO Seminar Data Statistik Mimika Dalam Angka

MIMIKA, BM "Kebutuhan data statistik mutlak diperlukan dalam penyusunan suatu rencana kegiatan termasuk program pembangunan. Tanpa sajian data yang akurat pelaksanaan pembangunan tidak akan mencapai s...

Laga Perdana Besok, Persemi Minta Doa Masyarakat Mimika

Olahraga
- Kamis, 22 Agustus 2019
Laga Perdana Besok, Persemi Minta Doa Masyarakat Mimika

Manager Persemi Mimika, Robby Omaleng MIMIKA, BM Persatuan Sepakbola Kabupaten Mimika (Persemi), akan menggelar pertandingan pertama Liga III Indonesia Zona Papua melawan Tunas Muda Hamadi (Emsyk FC)...

10 Sanggar Ikuti Pameran Budaya Daerah di Mimika

Ekonomi & Pembangunan
- Kamis, 22 Agustus 2019
10 Sanggar Ikuti Pameran Budaya Daerah di Mimika

Hasil kreasi salah satu peserta sanggar MIMIKA, BM 10 sanggar seni di Kabupaten Mimika mengikuti Pameran Budaya Daerah Dalam Kegiatan Pelestarian dan Aktualisasi Adat Budaya Daerah 2019 yang digagas o...

Kominfo Gelar Seminar Data Statistik Mimika Dalam Angka (MDA)

Pemerintahan
- Kamis, 22 Agustus 2019
Kominfo Gelar Seminar Data Statistik Mimika Dalam Angka (MDA)

Foto bersama peserta seminar MIMIKA, BM Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika gelar Seminar Data Statistik Mimika Dalam Angka (MDA), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan...

Ayo Cegah Stunting di Mimika

Pemerintahan
- Kamis, 22 Agustus 2019
Ayo Cegah Stunting di Mimika

Pemaparan materi oleh narasumber MIMIKA, BM Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang dikenal dengan Dana Desa/kampung yang diprakarasi oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah...

Peter Youngren Mengajak Masyarakat Mimika Melihat Tuhan Dalam Diri Orang Lain

Nasional
- Kamis, 22 Agustus 2019
Peter Youngren Mengajak Masyarakat Mimika Melihat Tuhan Dalam Diri Orang Lain

Peter Youngren saat konferensi pers di Hotel Grand Tembaga MIMIKA, BM Setelah 13 tahun sejak 2006, Peter Youngren kembali lagi ke Timika. Ia merupakan seorang pembawah kasih, kehidupan, kesehatan, keb...

133 Kampung Di Mimika Ikuti Bursa Pertukaran Inovasi Desa

Pemerintahan
- Rabu, 21 Agustus 2019
133 Kampung Di Mimika Ikuti Bursa Pertukaran Inovasi Desa

Foto bersama pimpinan OPD dan Penjabat Sekda Mimika MIMIKA, BM 133 Kampung di 18 Distrik yang berada di Kabupaten Mimika mengikuti Bursa Pertukaran Inovasi Daerah (TPID) yang diselenggarakan oleh Din...

Demo Mengutuk Rasisme, Berubah Jadi Demo Menuntut Merdeka

Nasional
- Rabu, 21 Agustus 2019
Demo Mengutuk Rasisme, Berubah Jadi Demo Menuntut Merdeka

Ribuan OAP saat melakukan demo di Gedung DPRD MIMIKA, BM Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan bahwa demo yang dilakukan oleh 4000-an masyarakat Asli Papua, Rabu (21/8) di Gedung DPRD Mimik...

Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

Budaya
- Senin, 19 Agustus 2019
Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

 Ketua KKSS Syamsudin B (tangan panjang putih garis-garis) MIMIKA, BM Syamsudin Baena Bandora terpilih sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Periode 2019-2024...

PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

Nasional
- Senin, 19 Agustus 2019
PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 tahun 2019 yakni "SDM Unggul Indonesia Maju" sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memantapkan Langkah Bersama, Bersaudara Membang...

Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Pemerintahan
- Senin, 19 Agustus 2019
Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Plt Kepala Bappeda, Marthen Paiding MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Marthen Paiding sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pem...

Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Wabup Bassang lakukan pemotongan kue HUT RI ke-74 MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 yakni “SDM Unggul Indonesia Maju” sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memanta...

Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

         Foto Bersama Usai Upacara MIMIKA, BM Upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Sabtu (17/8) kemarin dimulai pukul 08.00 WIT. Pros...

KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Budaya
- Minggu, 18 Agustus 2019
KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Ketua Steering Committee Musda KKSS, H Patwa MIMIKA, BM Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), pada Senin (19/8) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Hotel Horison pukul 09.00 Wit. Ti...

Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Bupati Omaleng saat menyerahkan mobil  ambulance   MIMIKA, BM Tahun 2020 Kabupaten Mimika akan dihadapkan pada dua perhelatan besar yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII dan Pe...

Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Hellen bersama kedua orangtuanya MIMIKA, BM Usai bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih Sabtu pagi (17/8) seluruh petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 35 orang tak k...

Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Nasional
- Sabtu, 17 Agustus 2019
Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Paskibra sukses kibarkan sang saka merah putih MIMIKA, BM Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Mimika Sabtu pagi (17/8) yang dilangsungkan di lapangan pusat pemerintahan SP...

Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Foto bersama 37 Anggota Paskibraka dengan Bupati dan Wakil Bupati Mimika MIMIKA, BM Teka-teki sebagain besar masyarakat Mimika tentang tempat pelantikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati...

Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Bupati Omaleng Mengukuhkan 35 Anggota Paskibraka MMIKA, BM “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa Kami Kukuhkan Saudara-Saudara Sebagai Pengibar Bendera Yang Bertugas Di Lapangan Pusat Pemerintahan...

HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat...

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Mimika

Foto Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Yohanes Bassang MIMIKA, BM Perayaan HUT RI Ke-74 tahun ini merupakan perayaan terakhir Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omale...

Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Hukum & Kriminal
- Kamis, 15 Agustus 2019
Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Pramuka Kwarcab Mimika Merayakan HUT ke-58 MIMIKA, BM Kasat Binmas Polres Mimika, AKP J Frits Erari akan mengikuti Pendidikan SESPIMMA (Sekolah Pimpinan Pertama) di Lembang, Bandung, Jawa Barat selama...

Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Pakaian pasangan nikah massal didominasi batik MMIKA, BM Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mim...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar