September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di...

Kadis Perikanan dan Kelautan MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KK...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah...

Dinkes Mimika Ajak Lintas Sektor Eliminasi Malaria Menuju PON XX

Jalannya rapat koordinasi lintas sektor MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengg...

Ribuan Umat Katolik Antar Jenazah Uskup Ke Kediaman Terakhir

0FC4E257-7E90-4157-B0CB-0A7C53C0BD5B
Ribuan Umat Setia Mendampingi Uskup John hingga tempat peristirahatannya

MIMIKA, BM

Ribuan Umat Katolik Mimika mengantarkan Jenazah Uskup Keuskupan Mimika Mgr John Philip Saklil Pr dari Gereja Katedral Tiga Raja menuju tempat pemakaman Imam Diosesan di belakang Rumah Keuskupan Bobaigo, Rabu (7/8) sore.

Kecintaan masyarakat terhadap Yang Mulia ini dutunjukan dengan iring-iringan nyanian dan doa serta isak tangis sepanjang jalan sembari berjalan kaki walau diguyur hujan rintik.

Perayaan ini diawali dengan Kongregasi Misa Requem yang dipimpin Mgr Keuskupan Agung Jakarta, Igantius Hardjoatmodjo Pr.

Ia didampingi empat uskup yakni Mgr Aloysius Murwito OFM (Uskup Asmat), Mgr Datus Halirion Lega Pr (Uskup Manokwari-Sorong), Mgr Petrus Boddeng Timang (Banjarmasin) dan Mgr Ewaldus Martinus Sedu Pr (Maumere) dan dihadiri oleh 100 pastor dan puluhan biarawati dari berbagai tarekat.

Dalam misa ini, Ketua Unio Imam Keuskupan Timika dan Papua, Pater Domi Hodo Pr juga membacakan kronologis meninggalnya Almarhum Mgr Uskup John Philip Saklil Pr.

Hal ini harus disampaikan karena banyak umat masih bertanya-tanya apa penyebab sesungguhnya yang membuat uskup yang mereka cintai pergi begitu cepat. Pasalnya kenyataan ini begitu terasa berat diterima oleh semua umat.

Isi Kronologis

Hari Sabtu 3 Agustus, sebagaimana biasanya Uskup John memulai hari baru dengan mengadakan perayaan ekaristi bersama biarawan dan biarawati.

Usai perayaan Ia kemudian melanjutkan pekerjaanya seperti biasa. Sekitar pukul 12.30 Wit, Uskup berjalan-jalan ke kantor keuskupan.

Pada saat bersamaan Pater Eko yang melihat sopir uskup sedang mencuci mobil, kemudian datang menghampirinya.

Tidak lama berselang uskup mendatangi keduanya, ia kemudian memeluk Pater Eko. Kemudian mereka dua bercerita selama kurang lebih 25-30 menit di gerbang dekat tempat mobil tersebut dicuci oleh sopirnya.

Setelah itu uskup berkata “Eko, ini sudah jam makan siang. Mari kita pergi makan,” ujarnya. Pater Eko kemudian masuk ke dalam memanggil Pater Aby untuk makan bersama.

Beberapa saat kemudian, tanpa ada yang menyadari dan melihat kejadian tersebut, Mgr John Philip Saklil Pr sudah terlihat tertidur di depan pintu masuk bagian kanan kapel. Sopir uskup yang pertama kali melihat kejadian ini.

Ia begitu kaget dengan melihat uskup yang telah tertidur, kemudian memanggil Diakon Herman. Mereka kemudian mencoba memberikan pertolongan secepatnya kepada uskup.

Saat itu kondisi uskup terlihat lemas, tidak bisa bergerak, sulit bernafas dan tidak lagi berkata-kata. Mereka coba membangunkannya namun sama sekali tidak ada reaksi.

Mereka kemudian mencoba mengangkatnya ke mobil. Disaat bersamaan Pater Eko dan Aby datang dan memberikan bantuan secepatnya dengan membantu menaikan uskup ke mobil.

Keempatnya kemudian melarikan mobil sekencang-kencangnya menuju ke RSMM. Mereka tiba sekitar pukul 13.30 dan langsung mendapatkan perawatan secepatnya dari pihak rumah sakit RSMM.

Uskup kemudian dibawah perawat ke ruang IGD, sopir uskup kemudian menelpon Pater Domi Hodo tentang kejadian tersebut. Pater Domi kemudian langsung menuju RSMM.

“Di IGD saya melihat perawat secara terus menerus mencoba melakukan pertolongan secepatnya. Ada yang menekan dada uskup, memasang infus dan menyuntikan obat. Saya dan Pater Aby beserta beberapa suster menyaksikan proses tersebut,” ujarnya dari mimbar.

Uskup kemudian dilarikan ke ICU untuk di berikan alat pendeteksi jantung. Cukup lama proses intervensi dilakukan untuk menyelematkan uskup namun tetap saja tidak ada tanda-tanda ia akan tersadar kembali.

“Karena kondisi seperti ini kamipun mencoba menghubungi Pater Amandus untuk memberikan minyak suci. Namun saat itu sudah ada Pater Gunawan yang juga membawa sakramen. Ia yang kemudian memberikan Sakramen Minyak Suci,” jelasnya.

“Saya kemudian meminta para dokter memberikan penjelasan medis terkait kondisi ini. Mereka kemudian melakukan pertemuan sejenak dan melaporkan ke kami bahwa bapak uskup telah meninggal dunia pukul 14.16 Wit,” ujarnya.

“Setelah dipindahkan ke ruang jenazah, saya kemudian meminta dokter membuat catatan medis terkait kematian uskup, namun mereka menyerahkan ke saya surat keterangan kematian. Dokter meyampaikan bahwa catatan medis tidak bisa diberikan dengan beberapa alasan. Dan alasan itu disampaikan ke kami,” jelasnya.

Para dokter RSMM menyampaikan

1. Bahwa secara medis dokter tidak memastikan penyebab kematian karena kondisi bapak uskup saat tiba di rumah sakit sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri dan tidak bernafas
2. Tetapi berdasarkan kronologis sebelum tiba di rumah sakit, kemungkinan penyebabnya adalah silent heart attack (serangan  jantung) yang biasa diakibatkan karena pasien memiliki riwayat sakit diabetes (gula). 
3. Catatan medis tidak boleh diberikan kepada orang lain tanpa persetujuan keluarga terdekat jika pasien sudah meninggal

Pihak keuskupan kemudian membuat beberapa catatan dan analisa yang isinya

1. Para medis tidak menemukan dan melihat sedikitpun ada luka di tubuh bapak uskup maka bapak uskup tidak jatuh dan terpeleset. Jika demikian benar-benar terjadi maka pasti meninggalkan bekas luka atau lecet. Jika ia terjatuh, pasti akan terdengar oleh sopirnya dan Diakon Herman yang berdekatan dengan lokasi tersebut
2. Bapak uskup memang memiliki kadar gula darah yang tinggi dan ia selalu mengkonsumsi obat untuk menurunkannya. Meski demikian ia tidak terlihat seperti orang sakit biasanya. Ia selalu menunjukan keceriaan dan semangat yang juga diketahui oleh semua umat selama ini 
3. Ada informasi dari Vikjen Keuskupan Mimika yang diterima dari Uskup Keuskupan Bandung bahwa bulan lalu saat pertemuan para uskup, dilakukan pula pemeriksaan kesehatan untuk semua uskup. Bapak Uskup John diminta untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan intens dengan dokter jantung. Namun hingga kematianya, ia tidak pernah melakukan anjuran dokter tersebut.
4. Bapak uskup dalam khotbanhnya pernah mengatakan “Jangan Kita Menggugat urusan dan Rencana Tuhan”. Kali ini rencana Tuhan datang pada kita semua melalui kepegian uskup kita yang tercinta, Mgr John Philips Saklil Pr

EF1B21F1-CBA8-4D2A-91DC-C62194251904
Proses pemakaman Jenazah Almarhum Mgr Uskup John Philip Saklil Pr

Dalam menyampaikan salam perpisahanya dengan pimpinannya, Pastor Amandus Rahadat Pr dalam perayaan ini mengatakan sudah lima belas tahun Uskup Saklil memimpin umatnya di keuskupan Mimika.

Ia mengawali tugasnya saat itu dengan beban yang begitu berat. Apalagi saat itu jumlah imam sangat sedikit dan terbatas. Dalam kondisi ini, uskup dengan gagah perkasa mengayunkan langka bersama umat menyiapkan jalan Tuhan.

“Saya kenal beliau sebagai pribadi, uskup dan gembala yang sangat berbelas kasih kepada semua orang, khususnya kepada orang kecil yang menderita. Ia melakukan semua yang Yesus ajarkan,” ujarnya

Almarhum Uskup John selalu tampil sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan hak masyarakat terutama masyarakat Orang Asli Papua.

Ia hadir memberikan jalan keluar terhadap persoalan ekonomi umat, mengangkat harkat dan martabat masyarakat dan menghadirkan pendidikan bagi negeri ini.

“Suara kenabiannya selalu ia kumandangkan secara nyata untuk membelah masyarakat. Mimbar ini selalu menjadi saksi bagaimana ia membela orang-orang kecil. Sudah begitu banyak yang uskup lakukan dan kita semua mengetahuinya,” ungkapnya.

Romo Amandus mengatakan Uskup John adalah gembala yang selalu menjadi sombar dan menjadi panutan. Hidupnya menjadi inspirasi bagi para pastor di keuskupan untuk tampil sebagai guru, pemimpin dan nabi yang baik.

Ia mengatakan keprgian uskup yang begitu cepat tidak mudah diterima oleh semua umat. Bahkan ada yang memprotes dan mengatakan Tuhan tidak adil.

“Mengapa Tuhan menggambil gembala kami disaat kami sangat membutuhkannya. Bahkan Umat di Wamena tempat bapak uskup ditahbiskan mengatakan kami ratusan umat siap memberikan nyawa kami menggantikan kematian uskup. Biarkan nyawa kami diambil dan kembalikan uskup kami,” ujarnya dengan sedih.

Pater Amandus menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih sedalam-dalamnya kepada bapak uskup atas pesan-pesan moral yang ia selalu sampaikan melalui sabdanya.

“Kami berjanji akan terus berupaya dan bekerja keras untuk menyiapkan jalan bagi Tuhan seperti yang telah dilakukan oleh bapak uskup selama ini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melanjutkannya,” tegasnya.

“Selamat jalan bapak kami, bapak yang selalu senyum dan menghibur, selalu bersikap tenang dan sabar terhadap umatnya. Selamat jalan guruku, imanku, uskupku, selamat jalan nabiku. Bapak uskup, sampai bertemu di Rumah Bapak di Surga,” ujarnya diikuti tangisan semua umat yang ada di dalam dan luar gereja katedral.

Prosesi pengantaran jenazah Mgr John Philip Saklil Pr berlangsung selama dua jam karena begitu padatnya umat dan dalam iring-iringan ini dilakukan pula prosesi adat olah masyarakat Suku Komoro.

Setibahnya di tempat pemakaman, ibadah pemakaman dipimpin Pastor Marthen Kuayo Pr dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah, forkompinda, TNI Polri, PT Freport Indonesia, FKUB serta lembaga-lembaga swasta dan kategorial lainnya.

Proses pengantaran jenazah juga diiukti oleh sebagian masyarakat Mimika yang beragama Islam, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu.

Mereka hadir sebagai bentuk penghormatan yang menunjukan rasa simpatik dan kedekatan mereka dengan almarhum sekaligus menunjukan bahwa duka ini bukan hanya dirasakan oleh seluruh umat Katolik di Mimika, namun ini juga menjadi duka dan kesedihan mereka. (Nal)

Selamat Jalan Bapak Uskup. 
Kami Semua Mencintaimu. Engkau Akan Selalu Hidup Dalam Hati dan Ingatan Kami.

Berita Seputar Mimika

Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

Budaya
- Senin, 19 Agustus 2019
Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

 Ketua KKSS Syamsudin B (tangan panjang putih garis-garis) MIMIKA, BM Syamsudin Baena Bandora terpilih sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Periode 2019-2024...

PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

Nasional
- Senin, 19 Agustus 2019
PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 tahun 2019 yakni "SDM Unggul Indonesia Maju" sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memantapkan Langkah Bersama, Bersaudara Membang...

Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Pemerintahan
- Senin, 19 Agustus 2019
Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Plt Kepala Bappeda, Marthen Paiding MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Marthen Paiding sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pem...

Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Wabup Bassang lakukan pemotongan kue HUT RI ke-74 MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 yakni “SDM Unggul Indonesia Maju” sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memanta...

Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

         Foto Bersama Usai Upacara MIMIKA, BM Upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Sabtu (17/8) kemarin dimulai pukul 08.00 WIT. Pros...

KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Budaya
- Minggu, 18 Agustus 2019
KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Ketua Steering Committee Musda KKSS, H Patwa MIMIKA, BM Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), pada Senin (19/8) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Hotel Horison pukul 09.00 Wit. Ti...

Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Bupati Omaleng saat menyerahkan mobil  ambulance   MIMIKA, BM Tahun 2020 Kabupaten Mimika akan dihadapkan pada dua perhelatan besar yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII dan Pe...

Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Hellen bersama kedua orangtuanya MIMIKA, BM Usai bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih Sabtu pagi (17/8) seluruh petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 35 orang tak k...

Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Nasional
- Sabtu, 17 Agustus 2019
Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Paskibra sukses kibarkan sang saka merah putih MIMIKA, BM Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Mimika Sabtu pagi (17/8) yang dilangsungkan di lapangan pusat pemerintahan SP...

Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Foto bersama 37 Anggota Paskibraka dengan Bupati dan Wakil Bupati Mimika MIMIKA, BM Teka-teki sebagain besar masyarakat Mimika tentang tempat pelantikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati...

Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Bupati Omaleng Mengukuhkan 35 Anggota Paskibraka MMIKA, BM “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa Kami Kukuhkan Saudara-Saudara Sebagai Pengibar Bendera Yang Bertugas Di Lapangan Pusat Pemerintahan...

HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat...

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Mimika

Foto Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Yohanes Bassang MIMIKA, BM Perayaan HUT RI Ke-74 tahun ini merupakan perayaan terakhir Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omale...

Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Hukum & Kriminal
- Kamis, 15 Agustus 2019
Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Pramuka Kwarcab Mimika Merayakan HUT ke-58 MIMIKA, BM Kasat Binmas Polres Mimika, AKP J Frits Erari akan mengikuti Pendidikan SESPIMMA (Sekolah Pimpinan Pertama) di Lembang, Bandung, Jawa Barat selama...

Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Pakaian pasangan nikah massal didominasi batik MMIKA, BM Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mim...

Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua Suharyanto S.S.,M.A MIMIKA, BM Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan sejarah dimana lahirnya Sumpah Pemuda. Kongres ini terbentuk karena bangsa ini memilik...

6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Kampung Mandiri Jaya MIMIKA, BM Memilih Kampung Mandiri Jaya Adalah Keberhasilan Terbesar Kodim 1710 Mimika Pemilihan Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika sebagai kampung TNI Manungga...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Pendidikan
- Rabu, 14 Agustus 2019
Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani  MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah keguruan akan ditarik dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Mimika. Para guru yang ditarik...

September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Ekonomi & Pembangunan
- Rabu, 14 Agustus 2019
September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Kadis Perikanan dan Kelautan  MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), maka pada 2017 dibangun infrastruktur pembangunan di Pomako salah sat...

157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Nasional
- Rabu, 14 Agustus 2019
157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Kendaraan hias Bagian Tata Pemerintahan pemda Mimika MIMIKA, BM Kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke -74 di Timika masih berlanjut. Hari ini, Selasa (14/8) sebanyak 157 unit kendaraan mobil meng...

90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Budaya
- Selasa, 13 Agustus 2019
90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Pelajar terlihat atusias mengikuti kegiatan ini MIMIKA, BM 90 peserta yang berasal dari sanggar masyarakat (usia 14-30 tahun) dan sanggar pelajar (usia 14-18 tahun) mengikuti sayembara lomba design mo...

Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding MIMIKA, BM Masa Kepemimpinan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Yohanes Basang (Ombas) akan berakhir pada 6 September 2019. Sesuai Undang-undang Nomor...

67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Wabup Bassang saat menyerahkan KIA kepada salah satu anak penerima MIMIKA, BM Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukpencapil) Pemda Mimika, ternyata sebanyak 67.000 anak di Mimika...

Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Nasional
- Selasa, 13 Agustus 2019
Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Penampilan Polisi Cilik, Juara I Kategori Paud-SD MIMIKA, BM Polisi Cilik, yang pernah menampilkan parade baris-berbaris pada HUT Bhayangkara ke-73 pada 11 Juli lalu di lapangan Timika Indah, terpilih...

Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Nasional
- Senin, 12 Agustus 2019
Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Halaman Graha Eme Neme dipenuhi peserta dan penonton karnaval MIMIKA, BM Jelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-74, Panitia HUT RI Kabupaten Mimika menyelenggarakan sejumlah kegiatan guna menyemarakan se...

Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Dalam suasana gerimis dan becek air, umat muslim Mimika ikuti Shalat Idul Adha MIMIKA, BM Umat muslim di dunia merayakan Idul Adha Dzulhijjah 1440 Hijriah yang jatuh tepat di Minggu (11/8). Seluruh ma...

Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Pemerintahan
- Minggu, 11 Agustus 2019
Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Kepala DPMK Mimika Michael R Gomar MIMIKA, BM Pelaksanaan pemilihan 133 kepala kampung secara serentak di Kabupaten Mimika dilaksanakan tahun ini merujuk pada Peraturan Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 20...

Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Ustadz Umar Habib MIMIKA, BM Umat muslim saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8) yang diawali dengan pelaksanaan Shalat Idhul Adha. Peristiwa ini bagi umat muslim berawal dari kis...

Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Olahraga
- Sabtu, 10 Agustus 2019
Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Foto bersama Technical Delegate Yudo, Perry Pantouw MIMIKA, BM Graha Eme Neme Yauware akhirnya dinyatakan siap menjadi tempat penyelenggaraan (venue) Cabang Olahraga Judo pada PON 2020 di Kabupaten Mi...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar