6 OPD Pemda Mimika Disorot 4 Fraksi DPRD Di Rapat...

Jalannya Sidang Paripurna II MIMIKA, BM DPRD Kabupaten Mimika melaksanakan Rapat Paripurna II Masa...

Sudah Terima Surat Dari Nasdem, KPU Tidak Akan Ubah Hasil...

Ketua KPU Indra Ebang Ola MIMIKA, BM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika telah menerima...

PARADE FOTO Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Suport

MIMIKA, BM Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Mimika bekerjasama dengan Himpunan Perawat G...

DPRD Setujui APBD-Perubahan Kabupaten Mimika TA 2019 Sebesar 3,5 Triliun

IMG 05102019 125820 600 x 400 pikselPenyerahan dokumen APBD-P 2019

MIMIKA, BM  

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika gelara Rapat Paripurna II Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika Dalam Rangka Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 telah dilakukan, Jumat (4/10) siang.

Di malam harinya, digelar Rapat Paripurna III mendnegar jawaban Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Ranperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019 yang dilanjutkan dengan Rapat Paripurna IV.

Paripurna IV merupakan Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika Tentang Pendapat Akhir Fraksi-fraksi dan Penutupan Sidang Penetapan Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Elminus Mom, dihadiri 18 dari 34 anggota dewan. Seluruh kegiatan dilangsungkan di aula rapat Kantor DPRD, Jumat (4/10).

Hadir dalam rapat paripurna ini, Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding, forkompinda serta pimpinan OPD Pemda Mimika.

Partai Gerindra
Dalam pandangan umumnya, Fraksi Gerindra menyetujui dan mendukung Ranperda APBD-Perubahan dengan harapan pengelolaan fiskal daerah dapat terdistribusi secara adil dan merata kepada segenap lapisan masyarakat terutama yang bermukim di kampung dan distrik.

Ada 11 OPD yang disoroti oleh Fraksi Gerindra, diantaranya Dinas PU agar memperhatikan dan mengawasi pembangunan jalan disepanjang SP2 hingga SP5 dikerjakan dengan baik dan kualitasnya dapat dirasakan untuk jangka panjang.

Jawaban Pemda Mimika oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob: Pemda terus berkomitmen melaksanakan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan bermanfaat dalam jangka panjang.

Fraksi Gerindra juga menyoroti lambatnya progres pembangunan instalasi air bersih, sementara air bersih dan bak penampungan yang dibangun PT Freeport sudah lama siap hanya menunggu jaringan distribusi ke rumah-rumah yang dibangun oleh pemerintah.

Jawaban Pemda Mimika : keterlambatan dikarenkan pertama total estimasi anggaran air bersih tahun 2014 sebesar Rp. 375.000.000.000 sedangkan anggaran yang telah dialokasikan sampai dengan 2019 baru Rp. 70.000.000.000.

Kedua, pemda telah melakukan negosiasi dengan investor untuk menangani pekerjaan jaringan air bersih.

Sementara untuk DPMK diminta untuk menyelesaikan tiga hal yakni pemberdayaan dana desa/kampung tahun 2018 yang belum terbayarkan, salah satunya distrik Mimika Tengah. Hasil monitoring anggota dewan bulan Mei 2019 lima kampung di distrik Mimika Tengah belum menerima dana tersebut.

Kedua, memberikan kompensasi kepada lembaga-lembaga yang berkompeten terkhusus di kampung-kampung dan ketiga, memperhatikan mama-mama Papua dengan menyediakan tempat khusus untuk menyalurkan minat, bakat dan keterampilan dalam karya seni lokal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mama-mama Papua.

Jawaban Pemda Mimika : Dana desa untuk distrik Mimika Tengah sudah dicairkan untuk lima kampung yakni kampung Atuka sebesar Rp. 1.711.977.000, untuk Kekwa Rp. 1.411.980.000, Aikawapuka Rp. 1.157.389.000 , Tiwaka Rp. 1.337.137.000, dan kampung Kamora sebesar Rp. 1.665.131.000

Mengenai kompensasi, pemda telah memberikan insentif berupa tunjangan penghasilan kepala kampung, aparat kampung dan bamuskam. Selain itu juga pemberian honorarium RT, operasional kampung, insentif tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan kader kampung.

Pemda Mimika akan memberikan perhatian dengan menyediakan tempat khusus yang sedang dibangun untuk mama-mama Papua.

Fraksi Gerindra menyatakan tidak setuju dengan tindakan Kepala Dinas Pendidikan menarik tenaga guru ASN yang mengajar di sekolah-sekolah swasta.

Jawaban Pemda Mimika : pemda akan melakukan evaluasi sesuai peraturan perundang-undangan.

Terhadap pengelolaan sentra pedidikan fraksi Gerindra berharap agar diberikan kepada pihak ketiga (yayasan-red) karena setiap tahunnya pengelola sentra pendidikan tidak jelas sampai saat ini.

Mereka juga memita dinas pendidikan memperhatikan tenaga pendidik di setiap jenjang pendidikan baik SD dan SMP di pedalaman agar berada ditempat bertugas.

Jawaban Pemda Mimika : pengelolaannya akan menjadi perhatian pemda Mimika untuk dikaji lebih lanjut agar dapat dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku. Pemda sepakat agar guru-guru SD dan SMP di pedalaman tetap berada di tempat tugas.

Dinas Pendapatan Daerah perlu ada keterbukaan atau transparansi mengenai semua jenis perpajakan dari jumlah besar hingga kecil.

Jawaban Pemda Mimika : 10 jenis pajak daerah terkait tarif dan penatausahaannya senantiasa disosialisasikan setiap tahun. Untuk regulasi, anggaran dan realisasinya sedang dibangun website Bapenda tahun 2019 sehingga bisa dioperasionalkan tahun 2020. Terkait data wajib pajak tidak dapat dipublikasikan sesuai UU Nomor 28 tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan disampaikan tentang pajak kelapa sawit yang selama ini tidak jelas.

Jawaban Pemda Mimika : perkebunan kelapa sawit di Mimika yakni PT. PAL belum berproduksi sehingga pajak pertambahan nilai (PPN) belum dapat dikenakan dan merupakan pajak pusat.

Dinas Pertanahan dan Permukiman diminta segera menyelesaikan kasus tanah di tujuh titik dengan anggaran 2019 sehingga pada anggaran 2020 tidak dibahas lagi.

Jawaban Pemda Mimika : saat ini penyelesaiannya telah difasilitasi oleh pihak kepolisian dan kejaksaan.

Partai Bulan Bintang

Dalam pandangannya Partai Bulan Bintang (PBB) menyampaikan 11 hal diantaranya, Partai ini menilai penerimaan daerah yang tertuang pada realisasi pembiayaan daerah pada rancangan Perda APBD-Perubahan tahun 2019 pada poin pendapatan lainnya mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut yakni dana bagi hasil dari pajak kendaraan bermotor, pengambilan air permukaan dan adanya pinjaman daerah sehingga mendapatkan Silpa sebesar Rp. 213 Milyar dan sesungguhnya beban APBD-Perubahan tahun 2019 hanya sebesar Rp. 251,875 M

Jawaban Pemda Mimika : Silpa sebesar Rp. 213.000.000.000 merupakan sisa lebih perhitungan tahun 2018 yang dimasukan dalam struktur penerimaan pembiayaan pada APBD-Perubahan tahun 2019.

Selanjutnya, PBB mempertanyakan persiapan pemda Mimika dalam menyambut Pesparawi XIII dan PON XX. Selain itu juga PBB memberikan masukan untuk dibuatkan stand welcome atlet dan promosi wisata serta prioritas dana hibah kepada KONI.

Jawaban Pemda Mimika : target yang dicapai yakni sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi sedangkan terobosan yang dilakukan dengan pembangunan venue Mimika Sport Centre, futsal dan kedepan akan dilakukan pembangunan dan rehabilitasi venue-venue yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan PON XX.

Untuk mempersiapkan atlet Mimika, KONI Mimika telah bekerja sama dengan KONI Papua untuk dilakukan pembinaan diberbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Fraksi PBB juga meminta untuk diprioritaskan kelanjutan bantuan dana hibah kepada pembangunan Kantor Klasis Sinode GKI Mimika.

Jawaban Pemda Mimika : pemda telah mengalokasikan pada APBD-Perubahan sebesar 5 Milyar dan penyelesaiannya melalui kontrak multiyears.

Fraksi Amanat Hati Rakyat
Fraksi Amanat Hati Rakyat dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada empat OPD yakni pertama Dinas Tata Kota karena sudah tidak terjadi penumpukan sampah.

Kedua, Dinas Perindustiran dan Perdagangan yang telah menata baik pasar sentral dan menjadikan tempat layak huni bagi semua.

Ketiga, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja atas komitmennya menertibkan semua bangunan kaki lima dan memperindah kota Timika.

Keempat, Dinas Pekerjaan Umum yang berkomitmen menata kota diharapkan segera menyelesaikan pekerjaan yang tersisa hingga akhir penutupan anggaran 2019.

Senada dengan fraksi Gerindra, Fraksi Amanat Hati Rakyat juga menyoroti masalah tujuh titik tanah dan juga kritikan akan terhambatnya pelaksanaan pembangunan dikarenakan lambatnya proses lelang.

Selain itu juga dihimbau untuk tidak mengeluarkan surat keputusan tenaga honorer karena sifatnya bukan mendesak bahkan menguras keuangan keuangan daerah. Selain itu juga peningkatan kesejahteraan khususnya untuk Orang Asli Papua (OAP).

Fraksi Kebangkitan Bangsa
Fraksi Kebangkitan Bangsa mengucapkan selamat karena telah mendapatkan pengakuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan TA 2018.

Namun partai ini mempertanyakan pinjaman sebesar 250 Milyar dari mana karena Banggar DPRD Mimika belum pernah dimintai pertimbangan sebelumnya.

Jawaban Pemda Mimika : kebijakan pembiayaan daerah yang ditujukan untuk menjaga likuiditas keuangan pemda merupakan upaya preventif mensikapi kondisi anggaran yang defisit.

Kebijakan ini mengacu pada akurasi dan efisiensi dengan strategi memanfatakan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2018, melakukan pinjaman jangka pendek kepada Bank Papua sebesar 250 Milyar. Hal ini telah disetujui oleh pimpinan DPRD dan kepala daerah.

Fraksi Kebangkitan Bangsa menyoroti penyusunan KUPA tahun anggaran 2019 pada anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang mana terdapat pengadaan kendaraan dinas /operasional Rp. 21.145.547.919 apakah hal tersebut bersifat urgent.

Jawaban Pemda Mimika : hal ini berdasarkan analisis kebutuhan guna mendukung operasional kantor yang dianggap urgent.

Mereka juga mempertanyakan perubahan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa Rp. 134.995.792.939 dengan sisa waktu yang ada apakah mampu menyerap dana sebesar itu.

Jawaban Pemda Mimika : peningkatan barang dan jasa karena ada kebijakan bupati pada akhir masa jabatannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kinerja aparatur melalui kenaikan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP), adanya belanja barang yang diserahkan kepada masyarakat atau pihak ketiga dan belanja koordinasi pimpinan OPD guna menunjang tugas pemerintahan.

Selain itu, Fraksi Kebangkitan Bangsa juga mempertanyakan pembangunan terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin yang semula Rp. 109.729.220.000 dikurangi menjadi 51,6 Milyar apakah dengan besaran ini dapat selesai sesuai rencana.

Jawaban Pemda Mimika : pengurangan pagu 51,6 Milyar dengan mempertimbangkan daya serap anggaran yang hanya tersisa tiga bulan kedepan sehingga untuk percepatan penyelesaian pembangunan tepat waktu. Maka, dilaksanakan kontrak multi years dengan pengalokasian pada APBD induk tahun 2020 sebesar 196,4 Milyar.

Pendapat Akhir Fraksi-fraksi

Terkait jawaban pemda Mimika tersebut keempat fraksi baik Fraksi Gerindra, Fraksi PBB, Fraksi Amanat Hati Rakyat dan PKB menyatakan menerima dan menyetujui Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah Kabupaten Mimika.

Sementara fraksi Mimika Bersatu dinyatakan abstain karena tidak hadir dalam rapat paripurna.

Dengan memperhatikan hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD Mimika, Hasil Rapat Pleno DPRD Mimika 2019, pandangan umum dan pendapat fraksi maka diputuskan nilai APBD-Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 disetujui sebesar Rp. 3.532.689.736.944.

Rinciannya terdiri atas pendapatan Rp. 3.022.463.568.298, belanja sebesar Rp. 3.532.689.736.944 dan pengeluaran pembiayaan daerah atau defisit sebesar (Rp. 510.226.168.646). (Elf)

Berita Seputar Mimika

PARADE FOTO Pemda Mimika Launching Website www.mimikakab.go.id

Pemerintahan
- Kamis, 17 Oktober 2019
PARADE FOTO Pemda Mimika Launching Website www.mimikakab.go.id

MIMIKA, BM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching website www.mimikakab.go.id dalam Kegiatan Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informas...

Setelah Mimika Barat, Tiga Distrik Lain Juga Akan Menikmati Akses Komunikasi

Pemerintahan
- Rabu, 16 Oktober 2019
Setelah Mimika Barat, Tiga Distrik Lain Juga Akan Menikmati Akses Komunikasi

Wabup Johannes Rettob MIMIKA, BM Setelah Kokonao di Distrik Mimika Barat yang telah menikmati akses komunikasi telepon dan internet pada Minggu (13/10) lalu, tiga distrik lainnya dalam waktu dekat ju...

Akhirnya Kolaborasi Program PT.FI dan Pemkab Mimika akan terwujud di 2020

Pemerintahan
- Rabu, 16 Oktober 2019
Akhirnya Kolaborasi Program PT.FI dan Pemkab Mimika akan terwujud di 2020

Pertemuan dilangsungkan di ruang rapat DPMK MIMIKA, BM Dalam mensinergikan kerjasama guna membangun Mimika, PT. Freeport Indonesia melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyrakat Kampu...

Pemda Mimika Launching Website, Youtube, Facebook, Twiter dan Nomor WA

Pemerintahan
- Rabu, 16 Oktober 2019
Pemda Mimika Launching Website, Youtube, Facebook, Twiter dan Nomor WA

Wabup John saat melaunching website MIMIKA, BM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching website www.mimikakab.go.id dalam Kegiatan Pengka...

Pengusaha Perempuan di Mimika Jumlahnya Melebihi 100 Orang

Ekonomi & Pembangunan
- Selasa, 15 Oktober 2019
Pengusaha Perempuan di Mimika Jumlahnya Melebihi 100 Orang

Foto bersama dengan pendiri dan ketua DPD IWAPI Papua MIMIKA, BM Banyak perempuan di Kabupaten Mimika saat ini bergelut sebagai pengusaha guna mendukung ekonomi rumah tangganya. Ini menunjukan bahwa...

Jelang PON, Hotel di Mimika Dilarang Terima Uang Muka

Olahraga
- Selasa, 15 Oktober 2019
Jelang PON, Hotel di Mimika Dilarang Terima Uang Muka

  Pertemuan bersama di sekretariat Sub PB PON Cluster Mimika MIMIKA, BM Ketua Bidang III PB PON Provinsi Papua yang membawahi Bidang Akomodasi, Konsumsi dan Kesehatan, John Namihuri mengingatkan...

Ibu Lani, Pemilik Catering di Sentra Pendidikan Buka Suara

Ekonomi & Pembangunan
- Selasa, 15 Oktober 2019
Ibu Lani, Pemilik Catering di Sentra Pendidikan Buka Suara

PT ini beralamat di Jalan C Heatubun MIMIKA, BM Sejak Januari 2019, PT Mitra Sumber Sejahtera yang dimiliki ibu Lani Titaley, melayani catering di Sentra Pendidikan SP V. Selain Sentra Pendidikan, ca...

Rampung Desember, Gedung Baru Dinas Tanaman Pangan Akan Digunakan Peserta Pespar...

Pemerintahan
- Senin, 14 Oktober 2019
Rampung Desember, Gedung Baru Dinas Tanaman Pangan Akan Digunakan Peserta Pesparawi

Pekerjaan gedung ini capai 55 persen MIMIKA, BM Gedung Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura pengerjaanya sudah mencapai 55 persen dan direncanakan pada 20 Desember nanti akan rampung. Kepala...

Akhir Tahun, 400 Buku Statistik Sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019 Akan Diterb...

Pemerintahan
- Senin, 14 Oktober 2019
Akhir Tahun, 400 Buku Statistik Sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019 Akan Diterbitkan

Foto bersama usai kegiatan MIMIKA, BM Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika gelar Seminar Data Statistik Sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019 di Hotel Grand Tembaga Senin (14...

Laporkan Pengerjaan Bandara ke Menhub Sumadi, Bupati Omaleng Minta Kementerian J...

Nasional
- Senin, 14 Oktober 2019
Laporkan Pengerjaan Bandara ke Menhub Sumadi, Bupati Omaleng Minta Kementerian Jangan Banyak Alasan

Menhub Sumadi pimpin rakor dengan bupati dan walikota Papua MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng didampingi Wakilnya Johannes Rettob, melaporkan progres pekerjaan sisi selatan Bandara Moses Kilan...

Hebat, Taekwondo Persembahkan 22 Medali untuk Mimika

Olahraga
- Sabtu, 12 Oktober 2019
Hebat, Taekwondo Persembahkan 22 Medali untuk Mimika

Atlet Taekwondo Mimika  MIMIKA, BM Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Mimika berhasil meraih 22 medali pada Kejuaraan Daerah Taekwondo Papua yang diselengarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahr...

Jumlah Kamar Hotel dan Penginapan di Mimika Lewati Target untuk Akomodasi PON 20...

Olahraga
- Jumat, 11 Oktober 2019
Jumlah Kamar Hotel dan Penginapan di Mimika Lewati Target untuk Akomodasi PON 2020

Tim visitasi PON 2020 dari Kemenko PMK  MIMIKA, BM Ketakutan terbesar sebagian orang bahwa Mimika tidak siap untuk mengakomodir para atlet dan official yang akan hadir di Mimika pada PON 2020 ka...

Dua Pesan Khusus untuk Masyarakat di Momen HUT Mimika ke-23

Pemerintahan
- Selasa, 08 Oktober 2019
Dua Pesan Khusus untuk Masyarakat di Momen HUT Mimika ke-23

Pemda Mimika luncurkan buku tata bahasa Suku Amunge dan Komoro MIMIKA, BM Menjaga kebersihan lingkungan dan keamanan bersama merupakan dua pesan khsusus yang disampaikan dalam momen HUT Mimika ke-23....

Sejarah Terbentuknya Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Selasa, 08 Oktober 2019
Sejarah Terbentuknya Kabupaten Mimika

Wabup John Rettob memotong tumpeng HUT 23 Kabupaten Mimika MIMIKA, BM Pada awalnya, Kabupaten Mimika adalah bagian dari Kabupaten Fak-Fak yang terdiri hanya atas 3 kecamatan yakni kecamatan Agimuga,...

Parah, Ada ASN Pemda Mimika yang Rentalkan Mobil Dinas

Pemerintahan
- Senin, 07 Oktober 2019
Parah, Ada ASN Pemda Mimika yang Rentalkan Mobil Dinas

Wabup John saat memberikan keterangan kepada wartawan di Grand Tembaga MIMIKA, BM Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan ada ASN Pemda Mimika yang selama ini merentalkan mobil dinas. Bahkan h...

Besok Panglima TNI dan Kapolri serta 4 Menteri Datangi Mimika

Hukum & Kriminal
- Senin, 07 Oktober 2019
Besok Panglima TNI dan Kapolri serta 4 Menteri Datangi Mimika

Pertemuan dipimpin Wabup John, Wakapolres dan Kasdim 1710 Mimika MIMIKA, BM Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Tito Karnavian dan sejumlah menteri diantaranya Menteri Sosial, Kesehatan, BUMN dan ke...

79 CPNS Diambil Sumpahnya Menjadi PNS Pemda Mimika

Pemerintahan
- Senin, 07 Oktober 2019
79 CPNS Diambil Sumpahnya Menjadi PNS Pemda Mimika

Foto bersama 79 PNS baru dengan Wabup John dan pimpinan OPD MIMIKA, BM Sebanyak 79 Calon Pegawai Negeri Sipil yang merupakan dokter dan bidan PTT, lulusan D-1 STAN dan beberapa dari OPD yang merupaka...

Pelantun Lagu ‘Sa Nih Su Berjuang Aiss Percuma’ Meriahkan HUT 23 Mimika

Pemerintahan
- Senin, 07 Oktober 2019
Pelantun Lagu ‘Sa Nih Su Berjuang Aiss Percuma’ Meriahkan HUT 23 Mimika

DXH Crew MIMIKA, BM Sa nih su berjuang aiss... percumaTapi ko sulo baru pilih diaAeh... biar sudah sa permisi lewaMungkin ko tra bisa jadi sa pu lewa Masyarakat Mimika pasti tahu siapa pelantun lagu...

World Celebral Palsy Day Mengingatkan Kita untuk Mencintai Anak-Anak Berkebutuha...

Nasional
- Minggu, 06 Oktober 2019
World Celebral Palsy Day Mengingatkan Kita untuk Mencintai Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Suapan kasih kue ulang tahun untuk anak berkebutuhan khusus MIMIKA, BM Untuk pertamakalinya di Papua dan Mimika, diperingati World Cerebral Palsy Day atau hari bagi anak-anak berkebutuhan khsusus (lu...

Bantuan Kedua Warga Mimika Untuk Wamena Capai 2,345 Ton

Nasional
- Sabtu, 05 Oktober 2019
Bantuan Kedua Warga Mimika Untuk Wamena Capai 2,345 Ton

bantuan kemanusiaan untuk Wamena MIMIKA, 9 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika untuk kedua kalinya mengirimkan bantuan bagi korban kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi P...

DPRD Setujui APBD-Perubahan Kabupaten Mimika TA 2019 Sebesar 3,5 Triliun

Pemerintahan
- Sabtu, 05 Oktober 2019
DPRD Setujui APBD-Perubahan Kabupaten Mimika TA 2019 Sebesar 3,5 Triliun

Penyerahan dokumen APBD-P 2019 MIMIKA, BM   Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika gelara Rapat Paripurna II Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika Dalam Rangka Pandangan Umum...

FKDM Minta Warga Mimika STOP HOAX

Hukum & Kriminal
- Jumat, 04 Oktober 2019
FKDM Minta Warga Mimika STOP HOAX

Badan Pengurus FKDM Mimika MIMIKA, BM Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Mimika meminta kepada warga Mimika untuk berhenti menyebarkan informasi hoax yang bisa menghancurkan persatuan...

Bupati Akan Copot Plt Kadisdukcapil Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 04 Oktober 2019
Bupati Akan Copot Plt Kadisdukcapil Mimika

Bupati Omaleng dan Wabup Rettob disalami ASN di awal hari kerja usai pelantikan MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng menegaskan akan mengganti Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kad...

748 Juta Siap Digelontorkan Untuk HUT Mimika Ke-23

Nasional
- Kamis, 03 Oktober 2019
748 Juta Siap Digelontorkan Untuk HUT Mimika Ke-23

Suasana rapat di puspem SP3 MIMIKA, BM Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mimika ke-23 yang jatuh pada 8 Oktober 2019 tinggal menghitung hari. Guna menyambut momen yang bermakna untuk kabupaten ini, pan...

Perubahan Belanja Daerah Mimika Capai Rp. 3.483.558.568.298

Pemerintahan
- Kamis, 03 Oktober 2019
Perubahan Belanja Daerah Mimika Capai Rp. 3.483.558.568.298

Foto bersama usai paripurna MIMIKA, BM Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika gelar Rapat Paripurna I Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika tentang Sidang Ranperda APBD Perubahan (APBD-P) Tahun...

Hingga Rabu Malam, 294 Warga Wamena Terdata Mengungsi Ke Timika

Nasional
- Kamis, 03 Oktober 2019
Hingga Rabu Malam, 294 Warga Wamena Terdata Mengungsi Ke Timika

Ustad Umar Habib MIMIKA,BM Pasca kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, sebanyak 294 warga Wamena telah mengungsi ke Timika dan hingga kini kondisi mereka banyak yang mengalami...

Batik Air Optimis Senin Depan Dapat Slot Time untuk Ijin Rute

Nasional
- Kamis, 03 Oktober 2019
Batik Air Optimis Senin Depan Dapat Slot Time untuk Ijin Rute

Area Manager Batik Air Wilayah Papua, Wibowo JAKARTA, BM Jika semua berjalan lancar, maskapai penerbangan Batik Air diperkirakan mulai beroperasi di Mimika akhir Oktober atau awal November. Namun bisa...

Baru Dua Kali Sambangi Warga Mimika, 400-an Perijinan Sudah Terdaftar Melalui Ap...

Pemerintahan
- Selasa, 01 Oktober 2019
Baru Dua Kali Sambangi Warga Mimika, 400-an Perijinan Sudah Terdaftar Melalui Aplikasi OSS

Warga Mimika antusias urusi perijinan mereka MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) harus mengakomodir penerapan aplika...

8 Hal Yang Disampaikan Pelajar dan Mahasiswa Jawa Timur Asal Mimika

Nasional
- Selasa, 01 Oktober 2019
8 Hal Yang Disampaikan Pelajar dan Mahasiswa Jawa Timur Asal Mimika

Pertemuan diawali dengan doa bersama MIMIKA, BM Ratusan pelajar dan mahasiswa se-Jawa Timur menceritakan kisah yang mereka alami akibat aksi rasisme yang terjadi pada 15 san 16 Agustus lalu di Suraba...

Kapolres Mimika Laporkan Dua Orang Penyebar Ujaran Kebencian di Medsos

Nasional
- Selasa, 01 Oktober 2019
Kapolres Mimika Laporkan Dua Orang Penyebar Ujaran Kebencian di Medsos

Press release di kantor pelayanan polres Mimika MIMIKA, BM Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto melaporkan dua orang tersangka ujaran kebencian di media sosial akun Facebook yakni perempuan inisial TM...

7 Paket Sabu Seberat 15,76 Gram Dimusnahkan Polres Mimika

Hukum & Kriminal
- Senin, 30 September 2019
7 Paket Sabu Seberat 15,76 Gram Dimusnahkan Polres Mimika

Press release Polres Mimika MIMIKA, BM Sebanyak 7 paket narkotika jenis sabu seberat 15,76 dimusnahkan Polres Mimika di depan Kantor Pelayanan, Senin (30/9) siang. Pemusnahan barang haram ini dipimpin...

Lima Pernyataan Sikap Mimika Aman dan Damai

Hukum & Kriminal
- Senin, 30 September 2019
Lima Pernyataan Sikap Mimika Aman dan Damai

 Mimika aman dan damai tanggungjawab semua orang MIMIKA, BM Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mimika bersama TNI Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat bersatu menyuar...

Temui Wagub Jawa Timur, Pemda dan LPMAK Titipkan Pelajar dan Mahasiswa asal Mimi...

Nasional
- Senin, 30 September 2019
Temui Wagub Jawa Timur, Pemda dan LPMAK Titipkan Pelajar dan Mahasiswa asal Mimika

Suasana pertemuan bersama Wahub Emil Dardak SURABAYA, BM Usai bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta pelajar dan mahasiswa pada Jumat lalu, kini Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dan Se...

550-an Pelajar Mimika Peringati Hari Ozon Sedunia

Nasional
- Minggu, 29 September 2019
550-an Pelajar Mimika Peringati Hari Ozon Sedunia

Peringatan Hari Ozon dipadukan dengan kompetisi Eco Dance TIMIKA, BM PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama 550-an siswa/i SMP se-Mimika dan mahasiswa menggelar peringatan Hari Ozon Sedunia, pada Rabu...

Mahasiswa di Bandung Pulang, Asrama Pemda Mimika Kosong

Pendidikan
- Minggu, 29 September 2019
Mahasiswa di Bandung Pulang, Asrama Pemda Mimika Kosong

Digembok, kunci asrama dititipkan di ibu Rt SURABAYA, BM Sebanyak 29 mahasiswa yang mendiami Asrama Harapan Bangsa atau lebih dikenal dengan Asrama Komunitas Mahasiswa Timika (KOMATI) di Jalan Inhoft...

Polda Jateng : Di Jawa Tengah Ada 1600 Pelajar dan Mahasiswa Asal Papua

Hukum & Kriminal
- Jumat, 27 September 2019
Polda Jateng : Di Jawa Tengah Ada 1600 Pelajar dan Mahasiswa Asal Papua

Wabup dan SE LPMAK datangi Polda Jatim SEMARANG, BM Kasubdit III Intelkam Polda Jawa Tengah, AKBP Elfian mengatakan sebanyak 1600 pelajar dan mahasiswa asal Papua termasuk Mimika mengenyam pendidikan...

Waspada Empat Isu Provokasi Yang Tersebar di Mimika

Nasional
- Jumat, 27 September 2019
Waspada Empat Isu Provokasi Yang Tersebar di Mimika

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto MIMIKA, BM Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto kepada awak media Kamis (26/9) di Kantor Pelayanan Polres Mimika mengatakan tiga hari terkahir berkembang isu yang...

Mahasiswa dan Pelajar : Pemda Mimika Selama Ini Ada Dimana Ka?

Pendidikan
- Kamis, 26 September 2019
Mahasiswa dan Pelajar : Pemda Mimika Selama Ini Ada Dimana Ka?

Suasana berlangsungnya pertemuan di Semarang SEMARANG, BM Pelajar dan mahasiswa Mimika yang melanjutkan pendidikan di Jawa Tengah mempertanyakan keberadaan Pemda Mimika. Mereka merasa bahwa pemda tid...

Dua Dari Empat Korban Jatuhnya Pesawat Twin Otter Teridentifikasi

Nasional
- Kamis, 26 September 2019
Dua Dari Empat Korban Jatuhnya Pesawat Twin Otter Teridentifikasi

Suasana press release MIMIKA, BM Dua dari empat korban jatuhnya pesawat Carpendiem PKCDC jenis Twin Otter DHC6 berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DIV) Polda Papua. Dua ko...

Ini Hasil Pertemuan Pemda Mimika dan LPMAK Bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar P...

Pendidikan
- Kamis, 26 September 2019
Ini Hasil Pertemuan Pemda Mimika dan LPMAK Bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Foto bersama dengan Gubernur Jawa Tengah usai pertemuan SEMARANG, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK) pada Rabu (25/9) sore melakukan...

Imigrasi Mimika Deportasi WNA Asal Kamerun

Nasional
- Selasa, 24 September 2019
Imigrasi Mimika Deportasi WNA Asal Kamerun

Nguetse Saat di Bandara MIMIKA, BM Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika mendeportasi perempuan Warga Negara Asing (WNA) asal Kamerun atas nama Nguetse Zangue Elvige Flora Selasa pagi (24/9). Berdasark...

Suara Hati Mama-Mama di Timika Untuk Anak-Anak Mereka Yang Kuliah Diluar Daerah

Pendidikan
- Selasa, 24 September 2019
Suara Hati Mama-Mama di Timika Untuk Anak-Anak Mereka Yang Kuliah Diluar Daerah

Mama Yulia Pogolamum SEMARANG, BM Setiap orangtua memiliki kerinduan dalam hidupnya agar anak-anak mereka suatu saat bisa menjadi pribadi yang berharga dalam hidup ini. Mereka ingin anak-anak sukses,...

Gubernur Enembe Surati PT Freeport Indonesia, Ada Apa?

Olahraga
- Minggu, 22 September 2019
Gubernur Enembe Surati PT Freeport Indonesia, Ada Apa?

Izin penggunaan Gedung MSC diharapkan disetuji minggu ini MIMIKA, BM Ketua Umum KONI Provinsi Papua yang juga adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, mengirimkan surat kepada PT Freeport Indonesia, Nomor...

Jemput Bantuan di Pelabuhan, Bupati Asmat Sampaikan Terimakasih Masyarakat Mimik...

Nasional
- Minggu, 22 September 2019
Jemput Bantuan di Pelabuhan, Bupati Asmat Sampaikan Terimakasih Masyarakat Mimika

Bupati Asmat Elisa Kambu (merah) menyambut kedatangan tim BTB Mimika MIMIKA, BM Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Kepala Dinas Sosial, Kesbangpol dan Kabag Ops Polres Kabupaten Asmat menjemput lang...

PARADE FOTO Pelantikan PGI Pengkab Mimika Masa Bhakti 2019-2024

Nasional
- Minggu, 22 September 2019
PARADE FOTO Pelantikan PGI Pengkab Mimika Masa Bhakti 2019-2024

  MIMIKA, BM Pengurus Golf Indonesia (PGI) Pengkab Mimika masa bhakti 2019-2024 dilantik oleh Ketua PGI Pengprov Papua Richard Waromi di lapangan Rimba Papua Golf Minggu (22/9). Pelantikan ini di...

Jesaja Samuel Enock Jabat Ketua Umum PGI Mimika Periode 2019-2024

Olahraga
- Minggu, 22 September 2019
Jesaja Samuel Enock Jabat Ketua Umum PGI Mimika Periode 2019-2024

Penyerahan bendera pataka oleh Ketua PGI Papua kepada Ketua PGI Mimika MIMIKA, BM Pengurus Golf Indonesia (PGI) Pengkab Mimika masa bhakti 2019-2024 dilantik oleh Ketua PGI Pengprov Papua Richard War...

Pesawat Jatuh di Distrik Hoya, Besok Tim SAR Lakukan Evakuasi

Nasional
- Minggu, 22 September 2019
Pesawat Jatuh di Distrik Hoya, Besok Tim SAR Lakukan Evakuasi

Lokasi pesawat jatuh (lingkaran) MIMIKA, BM Pesawat milik PT Carpendiem PKCDC berjenis twin otter tipe DHC6 yang hilang kontek pada Rabu (18/9) pukul 10.54 Wit saat melakukan perjalanan perintis menu...

LPMAK Minta Pelajar dan Mahasiswa Yang Sudah Di Timika Laporkan Diri

Pendidikan
- Minggu, 22 September 2019
LPMAK Minta Pelajar dan Mahasiswa Yang Sudah Di Timika Laporkan Diri

Sekretaris LPMAK Abraham Timang MIMIKA, BM Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK) meminta mahasiwa dan pelajar baik tingkat SMP maupun SMA/K yang memperoleh beasiswa LPMAK namun te...

PARADE FOTO Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Suport

Kesehatan
- Sabtu, 21 September 2019
PARADE FOTO Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Suport

MIMIKA, BM Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Mimika bekerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana (Hipgabi) Provinsi Papua serta RSMM Mimika melakukan pelatihan Basic Trauma...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar