TP-PKK Mimika Beri Pelatihan Membuat Kue Bagi 27 Mama-Mama Papua

Foto bersama usai pelatihan MIMIKA, BM Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-...

SLB Negeri Mimika Jarang Ada Kunjungan

Kehadiran anggota YONIF 754, membawah sukacita bagi anak-anak SLB MIMIKA, BM Dalam rangka memperin...

Lurah Inauga Yance Bunai Dipukul Saat Sosialisasi Perda Sampah

Lurah Inauga Yance K Bunai usai mengalami pemukulan MIMIKA, BM Pada Selasa (10/12) siang, sekitar ...

DPRD Setujui APBD-Perubahan Kabupaten Mimika TA 2019 Sebesar 3,5 Triliun

IMG 05102019 125820 600 x 400 pikselPenyerahan dokumen APBD-P 2019

MIMIKA, BM  

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika gelara Rapat Paripurna II Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika Dalam Rangka Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 telah dilakukan, Jumat (4/10) siang.

Di malam harinya, digelar Rapat Paripurna III mendnegar jawaban Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Ranperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019 yang dilanjutkan dengan Rapat Paripurna IV.

Paripurna IV merupakan Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika Tentang Pendapat Akhir Fraksi-fraksi dan Penutupan Sidang Penetapan Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Elminus Mom, dihadiri 18 dari 34 anggota dewan. Seluruh kegiatan dilangsungkan di aula rapat Kantor DPRD, Jumat (4/10).

Hadir dalam rapat paripurna ini, Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding, forkompinda serta pimpinan OPD Pemda Mimika.

Partai Gerindra
Dalam pandangan umumnya, Fraksi Gerindra menyetujui dan mendukung Ranperda APBD-Perubahan dengan harapan pengelolaan fiskal daerah dapat terdistribusi secara adil dan merata kepada segenap lapisan masyarakat terutama yang bermukim di kampung dan distrik.

Ada 11 OPD yang disoroti oleh Fraksi Gerindra, diantaranya Dinas PU agar memperhatikan dan mengawasi pembangunan jalan disepanjang SP2 hingga SP5 dikerjakan dengan baik dan kualitasnya dapat dirasakan untuk jangka panjang.

Jawaban Pemda Mimika oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob: Pemda terus berkomitmen melaksanakan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan bermanfaat dalam jangka panjang.

Fraksi Gerindra juga menyoroti lambatnya progres pembangunan instalasi air bersih, sementara air bersih dan bak penampungan yang dibangun PT Freeport sudah lama siap hanya menunggu jaringan distribusi ke rumah-rumah yang dibangun oleh pemerintah.

Jawaban Pemda Mimika : keterlambatan dikarenkan pertama total estimasi anggaran air bersih tahun 2014 sebesar Rp. 375.000.000.000 sedangkan anggaran yang telah dialokasikan sampai dengan 2019 baru Rp. 70.000.000.000.

Kedua, pemda telah melakukan negosiasi dengan investor untuk menangani pekerjaan jaringan air bersih.

Sementara untuk DPMK diminta untuk menyelesaikan tiga hal yakni pemberdayaan dana desa/kampung tahun 2018 yang belum terbayarkan, salah satunya distrik Mimika Tengah. Hasil monitoring anggota dewan bulan Mei 2019 lima kampung di distrik Mimika Tengah belum menerima dana tersebut.

Kedua, memberikan kompensasi kepada lembaga-lembaga yang berkompeten terkhusus di kampung-kampung dan ketiga, memperhatikan mama-mama Papua dengan menyediakan tempat khusus untuk menyalurkan minat, bakat dan keterampilan dalam karya seni lokal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mama-mama Papua.

Jawaban Pemda Mimika : Dana desa untuk distrik Mimika Tengah sudah dicairkan untuk lima kampung yakni kampung Atuka sebesar Rp. 1.711.977.000, untuk Kekwa Rp. 1.411.980.000, Aikawapuka Rp. 1.157.389.000 , Tiwaka Rp. 1.337.137.000, dan kampung Kamora sebesar Rp. 1.665.131.000

Mengenai kompensasi, pemda telah memberikan insentif berupa tunjangan penghasilan kepala kampung, aparat kampung dan bamuskam. Selain itu juga pemberian honorarium RT, operasional kampung, insentif tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan kader kampung.

Pemda Mimika akan memberikan perhatian dengan menyediakan tempat khusus yang sedang dibangun untuk mama-mama Papua.

Fraksi Gerindra menyatakan tidak setuju dengan tindakan Kepala Dinas Pendidikan menarik tenaga guru ASN yang mengajar di sekolah-sekolah swasta.

Jawaban Pemda Mimika : pemda akan melakukan evaluasi sesuai peraturan perundang-undangan.

Terhadap pengelolaan sentra pedidikan fraksi Gerindra berharap agar diberikan kepada pihak ketiga (yayasan-red) karena setiap tahunnya pengelola sentra pendidikan tidak jelas sampai saat ini.

Mereka juga memita dinas pendidikan memperhatikan tenaga pendidik di setiap jenjang pendidikan baik SD dan SMP di pedalaman agar berada ditempat bertugas.

Jawaban Pemda Mimika : pengelolaannya akan menjadi perhatian pemda Mimika untuk dikaji lebih lanjut agar dapat dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku. Pemda sepakat agar guru-guru SD dan SMP di pedalaman tetap berada di tempat tugas.

Dinas Pendapatan Daerah perlu ada keterbukaan atau transparansi mengenai semua jenis perpajakan dari jumlah besar hingga kecil.

Jawaban Pemda Mimika : 10 jenis pajak daerah terkait tarif dan penatausahaannya senantiasa disosialisasikan setiap tahun. Untuk regulasi, anggaran dan realisasinya sedang dibangun website Bapenda tahun 2019 sehingga bisa dioperasionalkan tahun 2020. Terkait data wajib pajak tidak dapat dipublikasikan sesuai UU Nomor 28 tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan disampaikan tentang pajak kelapa sawit yang selama ini tidak jelas.

Jawaban Pemda Mimika : perkebunan kelapa sawit di Mimika yakni PT. PAL belum berproduksi sehingga pajak pertambahan nilai (PPN) belum dapat dikenakan dan merupakan pajak pusat.

Dinas Pertanahan dan Permukiman diminta segera menyelesaikan kasus tanah di tujuh titik dengan anggaran 2019 sehingga pada anggaran 2020 tidak dibahas lagi.

Jawaban Pemda Mimika : saat ini penyelesaiannya telah difasilitasi oleh pihak kepolisian dan kejaksaan.

Partai Bulan Bintang

Dalam pandangannya Partai Bulan Bintang (PBB) menyampaikan 11 hal diantaranya, Partai ini menilai penerimaan daerah yang tertuang pada realisasi pembiayaan daerah pada rancangan Perda APBD-Perubahan tahun 2019 pada poin pendapatan lainnya mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut yakni dana bagi hasil dari pajak kendaraan bermotor, pengambilan air permukaan dan adanya pinjaman daerah sehingga mendapatkan Silpa sebesar Rp. 213 Milyar dan sesungguhnya beban APBD-Perubahan tahun 2019 hanya sebesar Rp. 251,875 M

Jawaban Pemda Mimika : Silpa sebesar Rp. 213.000.000.000 merupakan sisa lebih perhitungan tahun 2018 yang dimasukan dalam struktur penerimaan pembiayaan pada APBD-Perubahan tahun 2019.

Selanjutnya, PBB mempertanyakan persiapan pemda Mimika dalam menyambut Pesparawi XIII dan PON XX. Selain itu juga PBB memberikan masukan untuk dibuatkan stand welcome atlet dan promosi wisata serta prioritas dana hibah kepada KONI.

Jawaban Pemda Mimika : target yang dicapai yakni sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi sedangkan terobosan yang dilakukan dengan pembangunan venue Mimika Sport Centre, futsal dan kedepan akan dilakukan pembangunan dan rehabilitasi venue-venue yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan PON XX.

Untuk mempersiapkan atlet Mimika, KONI Mimika telah bekerja sama dengan KONI Papua untuk dilakukan pembinaan diberbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Fraksi PBB juga meminta untuk diprioritaskan kelanjutan bantuan dana hibah kepada pembangunan Kantor Klasis Sinode GKI Mimika.

Jawaban Pemda Mimika : pemda telah mengalokasikan pada APBD-Perubahan sebesar 5 Milyar dan penyelesaiannya melalui kontrak multiyears.

Fraksi Amanat Hati Rakyat
Fraksi Amanat Hati Rakyat dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada empat OPD yakni pertama Dinas Tata Kota karena sudah tidak terjadi penumpukan sampah.

Kedua, Dinas Perindustiran dan Perdagangan yang telah menata baik pasar sentral dan menjadikan tempat layak huni bagi semua.

Ketiga, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja atas komitmennya menertibkan semua bangunan kaki lima dan memperindah kota Timika.

Keempat, Dinas Pekerjaan Umum yang berkomitmen menata kota diharapkan segera menyelesaikan pekerjaan yang tersisa hingga akhir penutupan anggaran 2019.

Senada dengan fraksi Gerindra, Fraksi Amanat Hati Rakyat juga menyoroti masalah tujuh titik tanah dan juga kritikan akan terhambatnya pelaksanaan pembangunan dikarenakan lambatnya proses lelang.

Selain itu juga dihimbau untuk tidak mengeluarkan surat keputusan tenaga honorer karena sifatnya bukan mendesak bahkan menguras keuangan keuangan daerah. Selain itu juga peningkatan kesejahteraan khususnya untuk Orang Asli Papua (OAP).

Fraksi Kebangkitan Bangsa
Fraksi Kebangkitan Bangsa mengucapkan selamat karena telah mendapatkan pengakuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan TA 2018.

Namun partai ini mempertanyakan pinjaman sebesar 250 Milyar dari mana karena Banggar DPRD Mimika belum pernah dimintai pertimbangan sebelumnya.

Jawaban Pemda Mimika : kebijakan pembiayaan daerah yang ditujukan untuk menjaga likuiditas keuangan pemda merupakan upaya preventif mensikapi kondisi anggaran yang defisit.

Kebijakan ini mengacu pada akurasi dan efisiensi dengan strategi memanfatakan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2018, melakukan pinjaman jangka pendek kepada Bank Papua sebesar 250 Milyar. Hal ini telah disetujui oleh pimpinan DPRD dan kepala daerah.

Fraksi Kebangkitan Bangsa menyoroti penyusunan KUPA tahun anggaran 2019 pada anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang mana terdapat pengadaan kendaraan dinas /operasional Rp. 21.145.547.919 apakah hal tersebut bersifat urgent.

Jawaban Pemda Mimika : hal ini berdasarkan analisis kebutuhan guna mendukung operasional kantor yang dianggap urgent.

Mereka juga mempertanyakan perubahan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa Rp. 134.995.792.939 dengan sisa waktu yang ada apakah mampu menyerap dana sebesar itu.

Jawaban Pemda Mimika : peningkatan barang dan jasa karena ada kebijakan bupati pada akhir masa jabatannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kinerja aparatur melalui kenaikan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP), adanya belanja barang yang diserahkan kepada masyarakat atau pihak ketiga dan belanja koordinasi pimpinan OPD guna menunjang tugas pemerintahan.

Selain itu, Fraksi Kebangkitan Bangsa juga mempertanyakan pembangunan terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin yang semula Rp. 109.729.220.000 dikurangi menjadi 51,6 Milyar apakah dengan besaran ini dapat selesai sesuai rencana.

Jawaban Pemda Mimika : pengurangan pagu 51,6 Milyar dengan mempertimbangkan daya serap anggaran yang hanya tersisa tiga bulan kedepan sehingga untuk percepatan penyelesaian pembangunan tepat waktu. Maka, dilaksanakan kontrak multi years dengan pengalokasian pada APBD induk tahun 2020 sebesar 196,4 Milyar.

Pendapat Akhir Fraksi-fraksi

Terkait jawaban pemda Mimika tersebut keempat fraksi baik Fraksi Gerindra, Fraksi PBB, Fraksi Amanat Hati Rakyat dan PKB menyatakan menerima dan menyetujui Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah Kabupaten Mimika.

Sementara fraksi Mimika Bersatu dinyatakan abstain karena tidak hadir dalam rapat paripurna.

Dengan memperhatikan hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD Mimika, Hasil Rapat Pleno DPRD Mimika 2019, pandangan umum dan pendapat fraksi maka diputuskan nilai APBD-Perubahan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 disetujui sebesar Rp. 3.532.689.736.944.

Rinciannya terdiri atas pendapatan Rp. 3.022.463.568.298, belanja sebesar Rp. 3.532.689.736.944 dan pengeluaran pembiayaan daerah atau defisit sebesar (Rp. 510.226.168.646). (Elf)

Berita Seputar Mimika

Lurah Inauga Yance Bunai Dipukul Saat Sosialisasi Perda Sampah

Hukum & Kriminal
- Selasa, 10 Desember 2019
Lurah Inauga Yance Bunai Dipukul Saat Sosialisasi Perda Sampah

Lurah Inauga Yance K Bunai usai mengalami pemukulan MIMIKA, BM Pada Selasa (10/12) siang, sekitar pukul 12.30 Wit, Lurah Inauga Yance K Bunai didampingi Ketua RT 15 Erik Jeujanan, RT 27 Pithem Ji...

PARADE FOTO TP-PKK Mimika Melakukan Kegiatan UP2K

Pemerintahan
- Senin, 09 Desember 2019
PARADE FOTO TP-PKK Mimika Melakukan Kegiatan UP2K

MIMIKA, BM Tim Penggerak Kabupaten Mimika melakukan kegiatan Pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) kepada 27 mama-mama Papua asal Distrik Kuala Kencana. Pelatihan pembuatan kue i...

Turnamen Bola Basket Kemenpora 2019 Diselenggarakan di Mimika

Olahraga
- Senin, 09 Desember 2019
Turnamen Bola Basket Kemenpora 2019 Diselenggarakan di Mimika

Panitia Turnamen di Mimika MIMIKA, BM Kabupaten Mimika akan menjadi tuan rumah Turnamen Bola Basket Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Tahun 2019. Turnamen ini akan diselenggarakan selama emp...

Tidak Becus Koordinir Kebersihan Lingkungan, Bupati Ancam Ganti Lurah, Kepala Ka...

Pemerintahan
- Senin, 09 Desember 2019
Tidak Becus Koordinir Kebersihan Lingkungan, Bupati Ancam Ganti Lurah, Kepala Kampung dan RT

Bupati Omaleng saat menyerahkan bantuan motor sampah MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengecam kepemimpinan kepala kelurahan, kepala kampung dan ketua RT karena tidak mampu mengkoordinir warga...

20 Tahun Perjuangan Menuju Pemekaran Papua Tengah

Nasional
- Senin, 09 Desember 2019
20 Tahun Perjuangan Menuju Pemekaran Papua Tengah

Pertemuan ini dimoderator oleh Wabup John Rettob MIMIKA, BM Pemekaran Papua Tengah atau dulu dikenal dengan sebutan Irian Jaya Tengah telah berlangsung selama 20 tahun. Pemekaran ini awanya dilakukan...

TP-PKK Mimika Beri Pelatihan Membuat Kue Bagi 27 Mama-Mama Papua

Ekonomi & Pembangunan
- Sabtu, 07 Desember 2019
TP-PKK Mimika Beri Pelatihan Membuat Kue Bagi 27 Mama-Mama Papua

Foto bersama usai pelatihan  MIMIKA, BM Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika melakukan kegiatan Pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarg...

PARADE FOTO Kunjungan Keluarga PT Bank Danamon Cabang Timika ke Yayasan Cinta Be...

Nasional
- Sabtu, 07 Desember 2019
PARADE FOTO Kunjungan Keluarga PT Bank Danamon Cabang Timika ke Yayasan Cinta Bella

MIMIKA, BM Melalui Bakti Sosial Natal ‘Christmas is About Giving’ Keluarga Besar PT Bank Danamon Cabang Timika melakukan kunjungan kasih natal ke Yayasan Cinta Bella SP III, Sabtu (7/12). Kunjungan in...

Bank Danamon Timika Melakukan Kunjungan Kasih Natal ke Yayasan Cinta Bella

Nasional
- Sabtu, 07 Desember 2019
Bank Danamon Timika Melakukan Kunjungan Kasih Natal ke Yayasan Cinta Bella

Foto bersama keluarga Danamon dengan anak-anak Cinta Bella MIMIKA, BM Keluarga Besar PT Bank Danamon Cabang Timika menyelenggarakan Bakti Sosial Natal ‘Christmas is About Giving’ dengan melakukan kunj...

Perayaan Natal Bersama Pemda Mimika Diundur

Pemerintahan
- Sabtu, 07 Desember 2019
Perayaan Natal Bersama Pemda Mimika Diundur

 Rapat panitia natal beberapa waktu lalu di lantai III puspem SP III MIMIKA, BM Perayaan Natal Tahun 2019 Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan masyarakat Mimika yang semula akan dilaksanakan pada Rab...

Website KONI Mimika Resmi Beroperasi

Olahraga
- Sabtu, 07 Desember 2019
Website KONI Mimika Resmi Beroperasi

Launching website KONI Mimika  MIMIKA, BM Website milik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika dengan alamat hotmail: www.konimimika.or.id, pada Sabtu (7/12) resmi beroperasi....

Banyak Kampung di Mimika akan Dimekarkan

Pemerintahan
- Jumat, 06 Desember 2019
Banyak Kampung di Mimika akan Dimekarkan

Rakor pemilihan kepala kampung MIMIKA, BM Wakil Bupati Johannes Rettob mengatakan Mimika memiliki 133 kampung namun dari jumlah ini dapat dimekarkan menjadi beberapa kampung lagi. Hal ini dapat dilaku...

Setelah LALA PU KAKA, Disdukcapil Mimika Perkenalkan Inovasi Layanan Terbaru ORL...

Pemerintahan
- Jumat, 06 Desember 2019
Setelah LALA PU KAKA, Disdukcapil Mimika Perkenalkan Inovasi Layanan Terbaru ORLANDO

Inovasi pelayanan Orlando MIMIKA, BM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika terus berkomitmen melakukan pembenahan dengan berinovasi mengikuti perkembangan jaman, perce...

Kunjungi Mimika, TD Tarung Derajat Sampaikan Papua Berpotensi Rebut 2 Emas

Olahraga
- Jumat, 06 Desember 2019
Kunjungi Mimika, TD Tarung Derajat Sampaikan Papua Berpotensi Rebut 2 Emas

Noves Naraya saat mengunjungi Eme Neme Yauware MIMIKA, BMTechnical Delegate (TD) Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Tarung Derajat) Indonesia, Noves Narayana mengunjungi Mimika, Jumat...

Bupati Minta KONI Mimika Optimis ‘Kitorang Bisa’

Olahraga
- Jumat, 06 Desember 2019
Bupati Minta KONI Mimika Optimis ‘Kitorang Bisa’

Badan Pengurus KONI Mimika Periode 2018-2022 MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng  yang juga sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika, meminta badan pengu...

Wow, Usulan Estimasi Anggaran Komisi A FKUB Mimika Fantastis

Nasional
- Kamis, 05 Desember 2019
Wow, Usulan Estimasi Anggaran Komisi A FKUB Mimika Fantastis

Suasana jalannya musyawarah MIMIKA, BM Untuk pertama kalinya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika melaksanakan musyawarah bersama Pemerintah Daerah Mimika dan seluruh tokoh agama yang...

Maret 2020, Batas Penetapan Perda RPJMD Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Rabu, 04 Desember 2019
Maret 2020, Batas Penetapan Perda RPJMD Kabupaten Mimika

Berlangsungnya kegiatan konsultasi publik RPJMD 2019-2024  MIMIKA, BM Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika mengadakan kegiatan Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jan...

Wabup John: Kontribusi Pariwisata di Mimika Nol

Ekonomi & Pembangunan
- Rabu, 04 Desember 2019
Wabup John: Kontribusi Pariwisata di Mimika Nol

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob  MIMIKA, BM Kabupaten Mimika memiliki keragamaan wisata baik di wilayah pesisir pantai maupun gunung. Selain itu ada pula wisata bahari dan manggrove. Namun sa...

Tim Sar Gabungan Masih Mencari Korban Hilang di Pulau Puriri

Nasional
- Rabu, 04 Desember 2019
Tim Sar Gabungan Masih Mencari Korban Hilang di Pulau Puriri

Tim Sar Gabungan saat akan bertolak melakukan pencarian korban MIMIKA, BM Tim Sar Gabungan Kabupaten Mimika hingga malam ini masih terus mencari salah satu penumpang perahu viber yang tenggalam di Pul...

Sambut Natal, Satgas Pamrahwan Yonif 754 Bersihkan Kampung Tsinga

Budaya
- Rabu, 04 Desember 2019
Sambut Natal, Satgas Pamrahwan Yonif 754 Bersihkan Kampung Tsinga

Antusias warga Tsinga dan satgas saat membersihkan kampung MIMIKA, BM Momen perayaan Natal 2019 tinggal menyisahkan beberapa minggu lalu bagi seluruh umat kristiani. Tradisi sederhana yang biasanya di...

Desember Akhir, PLTMG Pomako Mulai Beroperasi

Ekonomi & Pembangunan
- Rabu, 04 Desember 2019
Desember Akhir, PLTMG Pomako Mulai Beroperasi

Manajer UP3 PLN Timika Hotman Ambarita MIMIKA, BM Kabar gembira bagi masyarakat Mimika, karena direncanakan pada akhir bulan desember, Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTG) Pomako yang berkapasi...

Komisioner Bawaslu Mimika Curhat ke Wartawan

Nasional
- Selasa, 03 Desember 2019
Komisioner Bawaslu Mimika Curhat ke Wartawan

Foto bersama komisioner bawaslu dan para wartawan Mimika MIMIKA, BM Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggelar ‘Focus Group Discussion (FGD)’ terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) Berkela...

PARADE FOTO Pelantikan Kadisdukcapil Slamet Sutejo oleh Bupati Omaleng

Nasional
- Selasa, 03 Desember 2019
PARADE FOTO Pelantikan Kadisdukcapil Slamet Sutejo oleh Bupati Omaleng

MIMIKA, BM  Bupati Mimika Eltinus Omaleng melantik Slamet Sutejo sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika. Pelantikan dilakukan di Pondopo Rumah Negara, Senin (2/11).&...

SLB Negeri Mimika Jarang Ada Kunjungan

Pendidikan
- Selasa, 03 Desember 2019
SLB Negeri Mimika Jarang Ada Kunjungan

Kehadiran anggota YONIF 754, membawah sukacita bagi anak-anak SLB MIMIKA, BM Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), Selasa (3/12), anggota Yonif 754/ENK/Kostrad melakukan kunj...

Pekerjaan Dua Bundaran Ikon Mimika Masih Terbentur Masalah Lahan

Nasional
- Senin, 02 Desember 2019
Pekerjaan Dua Bundaran Ikon Mimika Masih Terbentur Masalah Lahan

Bundaran di petrosea tampak atas (foto istimewa) MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika terus melakukan sejumlah peningkatan infrastruktur jalan guna memperindah dan mempermanis wajah kota. Sal...

Lantik Kadisdukcapil, Omaleng Minta Slamet Sutejo Perhatikan OAP Amungme-Komoro

Pemerintahan
- Senin, 02 Desember 2019
Lantik Kadisdukcapil, Omaleng Minta Slamet Sutejo Perhatikan OAP Amungme-Komoro

Bupati Omaleng saat melantik Kadisdukcapil Slamet Sutejo MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng melantik Slamet Sutejo sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mimika. Pelantika...

Tiga Bupati Bicara Perkembangan Terbaru Provinsi Papua Tengah

Nasional
- Senin, 02 Desember 2019
Tiga Bupati Bicara Perkembangan Terbaru Provinsi Papua Tengah

Pejuang Pemekaran Provinsi Papua Tengah MIMIKA, BM Bupati Nabire Isaias Douw (ketua tim), Bupati Eltinus Omaleng (wakil ketua) dan Bupati Puncak Willem Wandik (sek) menyampaikan perkembangan terbaru p...

Beberapa Aset Pemda Mimika Dikuasai Pihak Ketiga

Pemerintahan
- Minggu, 01 Desember 2019
Beberapa Aset Pemda Mimika Dikuasai Pihak Ketiga

Foto bersama Wabup, Penjabat Sekda dan pimpinan OPD MIMIKA, BM Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Marthen Paiding mengatakan bahwaada beberapa aset daerah yang dimiliki pemda secara administ...

Tiga Fraksi DPRD Minta Disperindag Seriusi Masalah BBM di Mimika

Politik
- Minggu, 01 Desember 2019
Tiga Fraksi DPRD Minta Disperindag Seriusi Masalah BBM di Mimika

Suasana rapat paripurna DPRD dan Pemda Mimika MIMIKA, BM Fraksi Golongan Karya, PDIP dan Gerindra meminta Pemda Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera menseriusi masal...

Momen 1 Desember, KNPI Mimika Sebarkan 2000 Bunga Kasih kepada Masyarakat

Nasional
- Minggu, 01 Desember 2019
Momen 1 Desember, KNPI Mimika Sebarkan 2000 Bunga Kasih kepada Masyarakat

Bunga yang dibagikan KNPI Mimika sarat pesan moral MIMIKA, BM Dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia, 1 Desember 2019, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Mimika menggelar ‘Tebar Ka...

DPRD Setujui APBD Pemda Mimika Rp 4,3 Triliun

Nasional
- Sabtu, 30 November 2019
DPRD Setujui APBD Pemda Mimika Rp 4,3 Triliun

Penyerahan dokumen APBD 2020 oleh DPRD ke Pemda Mimika MIMIKA, BM Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika menyetujui dan menetapkan APBD Mimika Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 4.350.492...

Daud Bunga dan Iwan Anwar Soroti Ketidakhadiran Pimpinan OPD di Paripurna

Politik
- Sabtu, 30 November 2019
Daud Bunga dan Iwan Anwar Soroti Ketidakhadiran Pimpinan OPD di Paripurna

Suasana Paripurna III Masa Sidang III MIMIKA, BM Salah satu anggota DPRD Mimika, Daud Bunga dari partai Nasional Demokrat (Nasdem), mempertanyakan ketidakhadiran sejumlah pimpinan OPD pada Rapat Parip...

TNI-Polri Tegaskan, Jangan Coba-coba Ganggu Keutuhan NKRI di 1 Desember

Nasional
- Sabtu, 30 November 2019
TNI-Polri Tegaskan, Jangan Coba-coba Ganggu Keutuhan NKRI di 1 Desember

Kapolres Era saat memberikan keterangan media MIMIKA, BM Menjelang 1 Desember besok, sejak malam ini Sabtu (30/11), sebanyak 600 anggota Polres Mimika dan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) ditambah 3 SS...

Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan 6 Fraksi DPRD Mimika

Pemerintahan
- Sabtu, 30 November 2019
Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan 6 Fraksi DPRD Mimika

Wabup John menyampaikan jawaban pemda  Mimika MIMIKA, BM Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika menggelar Rapat Paripurna III Masa Sidang III tentang Jawaban Pemerintah Daerah Terhadap Pand...

Hingga Pukul 03.58 Wit, Warga Mimika Masih Antri BBM

Nasional
- Sabtu, 30 November 2019
Hingga Pukul 03.58 Wit, Warga Mimika Masih Antri BBM

Hingga subuh, warga masih mengantri di SPBU Hasanuddin MIMIKA, BM Kelangkaan BBM baik solar, premium dan pertalite sangat menyusahkan masyarakat Mimika. Pasalnya hingga Sabtu (30/11) pukul 03.58 Wit,...

Pemda Mimika Ajukan APBD 2020 Sebesar Rp 4,3 Triliun

Pemerintahan
- Jumat, 29 November 2019
Pemda Mimika Ajukan APBD 2020 Sebesar Rp 4,3 Triliun

Bupati saat menyerahkan dokumen RAPBD 2020 ke pimpinan DPRD MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mengajukan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 ke DPRD Mimika sebesa...

Penuhi Janji, Mendagri Tito Karnavian Kunjungi Venue PON di Mimika

Nasional
- Jumat, 29 November 2019
Penuhi Janji, Mendagri Tito Karnavian Kunjungi Venue PON di Mimika

Mendagri Tito Karnavian saat mengunjungi MSC MIMIKA, BM Pada awal Oktober lalu, saat masih menjabat sebagai Kapolri, Tito Karnavian bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat mengunjungi Mimika, rencan...

Di HUT Korpri ke-48, Presiden Jokowi Ingin Pemerintah Harus Menjadi birokrasi ya...

Pemerintahan
- Jumat, 29 November 2019
Di HUT Korpri ke-48, Presiden Jokowi Ingin Pemerintah Harus Menjadi birokrasi yang Inovatif

Suasana upacara bendera di halaman puspem SP3 MIMIKA, BM Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada seluruh ASN Pemda Mimika pada momentum perayaan HUT Korps Pegawai Rep...

135 Pelajar Mimika Ikut Lomba Tarian Seka

Budaya
- Jumat, 29 November 2019
135 Pelajar Mimika Ikut Lomba Tarian Seka

Penampilan Tarian Seka dari SMA Negeri 1 MIMIKA, BM 135 pelajar dari 4 sekolah SMP dan 5 SMA/SMK mengikuti Lomba Tarian Seka 2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahrag...

156 Penerjun Latihan Kesiapsiagaan Operasional di Mimika

Nasional
- Jumat, 29 November 2019
156 Penerjun Latihan Kesiapsiagaan Operasional di Mimika

Aksi para penerjun MIMIKA, BM Sebanyak 156 anggota TNI dari Satuan Divisi Satu Kostrad Yonif Para Raider 330 Kostrad dibawah Brigif 17 melakukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Terjun Payung d...

129 Atlet dan Pelatih Berprestasi 2018 Dianugerahi Penghargaan

Olahraga
- Kamis, 28 November 2019
129 Atlet dan Pelatih Berprestasi 2018 Dianugerahi Penghargaan

Foto bersama usai penyerahan penghargaan MIMIKA, BM Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika memberikan penghargaan kepada 129 atlet dan pelatih Mimika yang berprestasi pada Tahun 20...

Amungme Bersatu, Tidak Ada Lagi Dualisme

Budaya
- Kamis, 28 November 2019
Amungme Bersatu, Tidak Ada Lagi Dualisme

Karolus Tsunme MIMIKA, BM Ketua Lembaga Adat Masyarakat Suku Amungme (Lemasa) Karolus Tsunme mengatakan bahwa mulai saat ini suku Amungme di Timika bersatu dan tidak ada lagi dualisme kelembagaan. Hal...

Ayo! Manfaatkan Pekarangan Sempit Dengan Menanam Sayuran

Ekonomi & Pembangunan
- Kamis, 28 November 2019
Ayo! Manfaatkan Pekarangan Sempit Dengan Menanam Sayuran

sayuran yang ditanam di halaman Kantor DTPHP MIMIKA, BM Halaman kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Mimika kini dihiasi dengan berbagai aneka sayuran yang ditana...

Sejak 1 Agustus Tidak Ada Penyaluran Raskin atau Rastra

Ekonomi & Pembangunan
- Kamis, 28 November 2019
Sejak 1 Agustus Tidak Ada Penyaluran Raskin atau Rastra

Ariek E. Indra W. MIMIKA, BM Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Mimika pastikan persediaan beras, gula dan minyak goreng aman. Bahka...

Anggaran Natal 2019 Capai 800-an Juta

Pemerintahan
- Rabu, 27 November 2019
Anggaran Natal 2019 Capai 800-an Juta

Rapat panitia natal di lantai III Gedung A dipimpin ketua panitia MIMIKA, BM Perayaan Natal Tahun 2019 Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan masyarakat Mimika akan dilaksanakan pada Rabu (11/12) di Graha E...

Jelang 1 Desember, Bupati dan Kapolres Ingatkan Warga Mimika

Hukum & Kriminal
- Selasa, 26 November 2019
Jelang 1 Desember, Bupati dan Kapolres Ingatkan Warga Mimika

Bupati Omaleng dan Kapolres Era MIMIKA, BM Pemerintah Daerah bersama Polres Mimika menghimbau kepada seluruh masyarakat Mimika agar tetap menjaga keamanan bersama dan bekerjasama dengan pihak keamanan...

Bupati Omaleng Lantik 665 Bamuskam se-Mimika

Pemerintahan
- Selasa, 26 November 2019
Bupati Omaleng Lantik 665 Bamuskam se-Mimika

Bupati Omaleng saat membacakan sumpah dan janji pelantikan MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng melantik 665 Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Periode 2019-2025 di Gedung Tongkonan, Selasa (26/1...

'Kisah Lain’ Dibalik Pergantian DPRD Mimika Periode 2019-2024

Nasional
- Senin, 25 November 2019
'Kisah Lain’ Dibalik Pergantian DPRD Mimika Periode 2019-2024

anggota DPRD lama saat walkout  MIMIKA, BM Perdebatan dan alot selama kurang lebih dua jam mewarnai prosesi pelantikan anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna Istimewa yang d...

PARADE FOTO Pelantikan Anggota DPRD Mimika Masa Bakti 2019-2024

Nasional
- Senin, 25 November 2019
PARADE FOTO Pelantikan Anggota DPRD Mimika Masa Bakti 2019-2024

MIMIKA, BM 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika telah resmi dilantik Senin (25/11) dalam Rapat Paripurna Istimewa di aula rapat Kantor DPRD. Pelantikan dilaksanakan berdas...

35 Anggota DPRD Mimika Masa Bakti 2019-2024 Resmi Dilantik

Nasional
- Senin, 25 November 2019
35 Anggota DPRD Mimika Masa Bakti 2019-2024 Resmi Dilantik

Prosesi pelantikan MIMIKA, BM 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika telah resmi dilantik Senin (25/11) dalam Rapat Paripurna Istimewa di aula rapat Kantor DPRD. Pelantikan...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar