LPMAK Dapati 374 Pelajar dan Mahasiswa Mimika Belum Kembali ke...

Foto bersama usai pertemuan Pemda Mimika dan LPMAK MIMIKA, BM Lembaga Pengembangan Masyarakat Amu...

Kuahati : Pertanahan Tugasnya Mensuport Kebijakan Strategis Pemda

Nicolas Kuahaty MIMIKA, BM Selain kebijakan internal, salah satu tupoksi utama dari Dinas Perumaha...

Paripurna Penetapan Pimpinan DPRD Mimika Dilakukan Senin

Suasana rapat di ruang rapat DPRD Mimika MIMIKA, BM Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Ka...

Target Sementara Penerimaan Daerah TA 2019 Capai 98,5 Persen

76B1CE4A-A674-4E79-8829-1AA1550D95E5
Kepala Bapenda Dwi Cholifah menunjukan ruangan baru pelayanan masyarakat

MIMIKA, BM

Terhitung hingga 31 Desember 2019, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika telah mencapai penerimaan daerah Tahun Anggaran 2019 sebesar 98,5 persen atau Rp. 2,988 triliun dari APBD Mimika sebesar Rp3,1 triliun.

Kepala Bapenda Dwi Cholifah saat ditemui BeritaMimika di ruang kerjanya, Senin (6/1) mengatakan hasil ini berdasarkan data terendah yang belum terekap dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

“Ini hasil sementara dan kami masih menunggu hasil rekon dengan BKAD karena biasanya ada pemasukan-pemasukan yang belum tercover karena kadang masuk namun belum tercover di kas daerah. Setelah Bapenda dan BKAD cocokan baru kita tetapkan hasil akhirnya secara keseluruhan,” ujarnya.

Dwi Cholifah mengatakan, penerimaan daerah di 2019 hampir sama kasusnya dengan devisit di 2017. Hanya saja di 2017 persoalan tersebut baru diketahui di akhir tahun sementara untuk 2019, pihaknya telah mengetahui kecenderungan devisit di awal tahun sehingga langsung melakukan sejumlah prepare.

Ia mengatakan, di 2019 Dana Bagi Hasil (DBH) untuk triwulan empat se-Indonesia tidak tersalurkan. Untuk Kabupaten Mimika dana ini nilainya sangat besar karena mencapai Rp.360 miliar.

Agar tidak terjadinya devisit, jalan keluar yang dilakukan waktu itu adalah dengan menyurati Presiden Jokowi. Dalam surat yang dilayangkan Bupati Omaleng, Pemda Mimika meminta agar dana kurang bayar dari beberapa tahun lalu harus dibayarkan dan dana lebih bayar untuk Mimika tidak dilakukan pemotongan, mengingat Mimika butuh dana untuk persiapan menjadi tuan rumah PON dan Peparawi 2020.

“Hal ini kemudian mendapat respon dari kementerian. Surat presiden kemudian dibalas mensesneg ke kementerian keuangan. Kami kemudian rapat di kementerian keuangan dan akhirnya mereka menyetuji sehingga kita dapat kurang bayar di 2019 kemarin sebesar Rp.648 miliar,” jelasnya.

Dana ini kemudian ditransfer ke Mimika dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada November dan tahap kedua pada Desember 2019. Dana ini kemudian dapat menutupi kekurangan Rp.360 miliar (Dana Bagi Hasil-red) yang tidak tersalurkan.

“Memang ada beberapa hal yang sedikit bergeser di asumsi kami yaitu Pajak Air Permukaan PT. Freeport Indonesia. Berdasarkan regulasi Undang-undang 28 Tahun 2009 harusnya Provinsi Papua membagi hasil itu 80 persen ke kita. Namun dalam catatan kita hanya terbayar 50 persen. Itupun kalau dihitung-hitung tidak sampai 50 persen,” ujarnya.

Selain itu, anggaran di APBD Perubahan 2019 kemarin dietapkan sebesar Rp. 400-an miliar namun dana yang ditransfer dari provinsi hanya 200-an miliar. Jika hitungan 80 persen maka total yang ditransfer untuk Mimika harusnya Rp. 305 miliar.

“Ini juga yang mengakibatkan asumsi pendapatan tidak mencapai. Ini cukup jauh selisinya 200-an miliar sedangkan tahun ini hanya 2 persen dari 3,1 triliun. Kita hanya selisih kurang 60-an miliar,” ujarnya.

Ia juga mengakui Provinsi Papua membantu Mimika di dana infrastruktur karena mengalami peningkatan menjadi Rp. 150 miliar dari target awal Bapenda Rp.100 miliar, namun masih saja kekurangan.

“Itukan dana perimbangan DBH provinsi, namun dari PAD asumsi kita juga sedikit meleset di Biaya Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB). Awalnya kita proyeksikan perubahan dari LPMAK menjadi yayasan dengan sendirinya akan merubah kepemilikan sertifikat tanah-tanah dan kami berpikir bisa masuk di 2019 kemarin dengan nilai kurang lebih 11-12 miliar," ungkapnya.

"Ternyata sampai 31 Desember pengurusan di notaris belum selesai. Kemungkinan akan dibayar di Januari ini, tapi tetap saja sudah masuk di pendapatan 2020. Ini yang sedikit meleset. Yang lain-lain semua on the truck tidak ada masalah baik itu DBH royality PTFI, pajak hotel dan restoran semua bagus. Kalau untuk pajak daerah, hanya BPHTB saja yang sedikit bergeser,” terangnya.

Dwi Cholifah menjelaskan, Walaupun pendapatan akhir secara keseluruhan nanti tetap kurang 2 persen dari capaian target, namun Pemda Mimika tidak mengalami devisit.

Ia mengatakan, devisit terjadi apabila belanja lebih tinggi dari pendapatan. Sementara pada kenyataanya, belanja daerah hingga 31 Desember 2019 banyak yang belum terealisasi.

“Kalau tidak salah masih ada silva tapi nanti bisa tanya langsung nominalnya dengan kepala BKAD karena hitung-hitungan saya masih ada 200 miliar, diluar deposito kita sebesar 150 miliar. Jadi masih ada 350 miliar. Jadi kita masih bisa karena belanja tidak semuanya teralisasi. Kami per 31 Desember masih ada dari pemda cuman realisasi pembayaran dibayarkan berdasarkan realisasi fisik di lapangan. Kalau tidak selesai ya gak akan bayar, dibayarkan sesuai kemajuan,” jelasnya.

Untuk Tahun Anggaran 2020, Dwi Cholifah mengakui bagwa target sebesar Rp.4,3 triliun bukanlah perkara mudah. Menurutnya ini merupakan tugas berat namun ia percaya hasil ini mampu terkejar oleh Bapenda dengan sejumlah upaya-upaya yang telah disiapkan.

“Kami sudah buktikan berapa tahun ini kita bisa mencari jalan keluarnya walau dalam keadaan yang berat akibat kebijakan nasional. Dukungan bupati ke kami juga luar biasa, beliau selalu memotivasi dan memberikan dorongan bahwa kita bisa dan pada akhirnya kami tunjukan kepercayaan itu,”ujarnya.

Di awal 2020, Bapenda dan Tim Anggaran Pemda Mimika mulai langsung melakukan pressure. Dalam waktu dekat mereka akan melakukan rapat dengan kementerian dalam negeri dan kementerian keuangan untuk membahas masalah Pajak PBB pertambangan PT.Freeport Indonesia.

Ia mengatakan, nilai PBB Pertambangan PTFI sejak diberlakukannya Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) mengalami perubahan besar. Saat masih kontrak karya, nilainya 15 juta US Dollar, diubah ke IUPK mencapai 65 juta US Dollar.

“Kalau dikalikan rupiah dengan hitungan Rp.14.200, jumlahnya 900-an miliar. Makanya KPP Pratama kemarin surplus. PTFI sudah bayar untuk 2019 tetapi pusat belum membagi dana hasil PBB pertambangan ini. Dari dana 65 juta US Dollar ini, Mimika peroleh 64,8 persen ditambah 9 persen biaya pungut,” ujarnya.

“Tahun 2019 pusat belum transfer. Kalau mereka transfer kemarin maka kita surplus luar biasa jauh. Jika hitunganya tahun ini mereka transfer 2019 dan 2020 punya maka kita dapat 1,2 triliun disini. Ini yang harus kita kejar. Makanya kemarin hitungan-hitungan untuk APBD 2020, saya sudah masukan hitungan ini. Karena kita perlu viskal yan tinggi untuk persiapan PON dan Pesparawi. Ini harus kita perjuangkan dan dasarnya sudah kuat, tinggal kita menggedor disana. Apalagi ada Instruksi Presiden (Inpres) sehingga memudahkan semua kementerian untuk membantu,” jelasnya. (Nal)

Berita Seputar Mimika

Imigrasi Mimika Gelar Layanan Paspor Simpatik di Diana Shoping Centre

Nasional
- Minggu, 26 Januari 2020
Imigrasi Mimika Gelar Layanan Paspor Simpatik di Diana Shoping Centre

Seorang warga Mimika ketika menanyakan persyaratan pembuatan paspor MIMIKA, BM Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-70 yang jatuh tiap tanggal 26 Januari, Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pem...

Kunjungi MSC, Menteri PMK Lari 400 Meter

Nasional
- Sabtu, 25 Januari 2020
Kunjungi MSC, Menteri PMK Lari 400 Meter

Menteri Effendy memimpin anak-anak Mimika mencoba lintasan atletik MIMIKA, BM Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mendatangi Mimika guna meli...

Antisipasi Wabah Virus Corona Di Mimika, Dinas Kesehatan Lakukan Hal Ini

Kesehatan
- Sabtu, 25 Januari 2020
Antisipasi Wabah Virus Corona Di Mimika, Dinas Kesehatan Lakukan Hal Ini

Plt Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra MIMIKA, BM Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua melakukan koordinasi dengan semua fasilitas kesehatan setempat baik rumah sakit, puskesmas, dan klin...

Siap Sukseskan Pesparawi dan PON, Grand Tembaga Hotel Sudah Dihubungi 4 Provinsi

Ekonomi & Pembangunan
- Sabtu, 25 Januari 2020
Siap Sukseskan Pesparawi dan PON, Grand Tembaga Hotel Sudah Dihubungi 4 Provinsi

GM Grand Tembaga Hotel, Samuel S.S Tandiyono MIMIKA, BM Managemen Grand Tembaga Hotel berkomitmen mendukung penuh penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparawi) XIII dan Pekan Olahraga Nasion...

Tiga Orang Diamankan Karena Demo Tanpa Izin Di Sentra Pemerintahan

Hukum & Kriminal
- Jumat, 24 Januari 2020
Tiga Orang Diamankan Karena Demo Tanpa Izin Di Sentra Pemerintahan

Aksi demo pagi tadi di Sentra Pemerintahan MIMIKA, BM 50-an pelajar dan mahasiswa eksodus pada Jumat (24/1) pagi tadi melakukan demo di Sentra Pemerintahan. Dalam aksinya mereka hanya meminta bertemu...

John Rettob : Target Saya Anggaran Pesparawi Tidak Boleh Lebih Dari 75 Miliar

Ekonomi & Pembangunan
- Kamis, 23 Januari 2020
John Rettob : Target Saya Anggaran Pesparawi Tidak Boleh Lebih Dari 75 Miliar

Raker I Panitia Pesparawi MIMIKA, BM Panitia Pesta Paduan Suara Gerejawi XIII (Pesparawi) Mimika mengadakan Rapat Kerja 1 yang dipimpin langsung Ketua Panitia Pelaksana Johannes Rettob di Grand Tembag...

Paripurna Penetapan Pimpinan DPRD Mimika Dilakukan Senin

Politik
- Kamis, 23 Januari 2020
Paripurna Penetapan Pimpinan DPRD Mimika Dilakukan Senin

Suasana rapat di ruang rapat DPRD Mimika MIMIKA, BM Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika telah memutuskan, pada Senin (27/1) akan melakukan Paripurna Penetapan Pimpinan DPRD Pe...

Kuahati : Pertanahan Tugasnya Mensuport Kebijakan Strategis Pemda

Pemerintahan
- Kamis, 23 Januari 2020
Kuahati : Pertanahan Tugasnya Mensuport Kebijakan Strategis Pemda

Nicolas Kuahaty MIMIKA, BM Selain kebijakan internal, salah satu tupoksi utama dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika adalah mensuport kebijakan strategis pemerintah d...

Bapenda Targetkan Penerimaan Pajak BPHTB 2020 Sebesar 40 Miliar

Pemerintahan
- Kamis, 23 Januari 2020
Bapenda Targetkan Penerimaan Pajak BPHTB 2020 Sebesar 40 Miliar

Kadispenda Dwi Cholifah MIMIKA, BM Badan Penerimaan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika menargetkan Penerimaan Daerah khusus Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp 40 miliar...

Masih Empat OPD Belum Setor Pertangungjawaban UP dan TU

Pemerintahan
- Kamis, 23 Januari 2020
Masih Empat OPD Belum Setor Pertangungjawaban UP dan TU

Kepala Ispektorat Yulius Sasarari MIMIKA, BM Hingga minggu ke 3 Januari Tahun 2020, masih ada empat Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) belum menyetor Pertanggungjawaban Uang Persediaan dan (UP) dan Ta...

Bupati Perintahkan Satpol Bongkar Bangunan Liar di Simpang Lima

Pemerintahan
- Senin, 20 Januari 2020
Bupati Perintahkan Satpol Bongkar Bangunan Liar di Simpang Lima

Bangunan liar di Simpang Lima SP II mulai dibongkar  MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng, pada Rabu kemarin menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar melanjutkan penertiba...

Dua Hal Yang Harus Diubah Oleh ASN Pemda Mimika di 2020

Pemerintahan
- Senin, 20 Januari 2020
Dua Hal Yang Harus Diubah Oleh ASN Pemda Mimika di 2020

Wabup John Rettob pimpin apel pagi di sentra pemerintahan MIMIKA, BM Dihari ke 20 Tahun 2020, Senin (20/1) Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob memimpin apel pagi di Sentra Pemerintahan SP III. Ad...

Dilantik, FKMN Mimika Berikrar 6 Hal Untuk Negeri Ini

Nasional
- Sabtu, 18 Januari 2020
Dilantik, FKMN Mimika Berikrar 6 Hal Untuk Negeri Ini

Badan Pengurus FKMN Mimika Periode 2020-2023 MIMIKA, BM Forum Komunikasi Masyarakat Ning Fatnim (FKMN) Kabupaten Mimika Periode 2020-2023 dilantik oleh Ketua Dewan Pendiri Johannes Rettob, dengan Sura...

PARADE FOTO Bimtek Implementasi Perundang-undangan Distrik Kwamki Narama

Pemerintahan
- Kamis, 16 Januari 2020
PARADE FOTO Bimtek Implementasi Perundang-undangan Distrik Kwamki Narama

MIMIKA, BM Dalam rangka meningkatkan tata cara penyusunan hingga pelaporan Anggaran Dana Desa, Distrik Kwamki Narama melakukan Bimtek Implementasi Perundang-Undangan. Kegiatan yang digelar pada Sabtu...

11.826 Orang Kunjungi Mimika di Bulan Juni, Panitia Pesparawi Siapkan 410 Kendar...

Nasional
- Selasa, 14 Januari 2020
11.826 Orang Kunjungi Mimika di Bulan Juni, Panitia Pesparawi Siapkan 410 Kendaraan

Suasana pertemuan Seksi Promosi, Publikasi dan Administrasi MIMIKA, BM Pagelaran Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII tinggal menyisakan 5 bulan lagi. Kegiatan yang tepatnya dilaksanakan di Mi...

Tuti Susilawati Tiga Tahun Mengojek Demi Nafkahi Keluarga

Nasional
- Selasa, 14 Januari 2020
Tuti Susilawati Tiga Tahun Mengojek Demi Nafkahi Keluarga

Tuti Susilawati MIMIKA, BM Profesi tukang ojek di Kabupaten Mimika merupakan salah satu mata pencaharian yang diminati banyak warga. Profesi ini lebih banyak didominasi oleh kaum Adam. Namun, ada satu...

Terkait Rekrutan Pegawai Honorer, Bupati Omaleng Merasa Ditipu OPD

Pemerintahan
- Senin, 13 Januari 2020
Terkait Rekrutan Pegawai Honorer, Bupati Omaleng Merasa Ditipu OPD

Bupati Eltinus Omaleng usai memimpin apel gabungan, Senin (13/1) MIMIKA, BM Persoalan perekrutan dan pemberhentian honorer di Pemda Mimika akhir-akhir ini menjadi berita hangat di Mimika. Hampir semua...

Penyerapan APBD 2019 Hanya 80 Persen, Bupati Pastikan Copot Sejumlah Pimpinan OP...

Pemerintahan
- Senin, 13 Januari 2020
Penyerapan APBD 2019 Hanya 80 Persen, Bupati Pastikan Copot Sejumlah Pimpinan OPD

Bupati Mimika Eltinus Omaleng MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui pimpinan mereka Bupati Eltinus Omaleng selama ini terus berjuang agar tiap tahun APBD Mimika terus meningkat. Pening...

Dapil Miru Rencanananya Akan Dibagi Menjadi Dua PPD

Politik
- Rabu, 08 Januari 2020
Dapil Miru Rencanananya Akan Dibagi Menjadi Dua PPD

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola MIMIKA, BM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika berencana akan membagi Daerah Pemilihan (Dapil) I dan Dapil II Mimika Baru berada dibawah pengawasan dua Panitia Pemiliha...

Pemda Akan Lakukan Penertiban Pedagang di Dua Pasar, Sekda Minta Mama-mama Papua...

Pemerintahan
- Rabu, 08 Januari 2020
Pemda Akan Lakukan Penertiban Pedagang di Dua Pasar, Sekda Minta Mama-mama Papua Bersabar

Aksi pemalangan jalan di pasar sentral MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika akan menepati komitmennya untuk menutup proses jual-beli sekaligus penertiban pedagang di Pasar Gorong-gorong dan e...

100-an Honorer Sudah Diberhentikan, Ini Kesalahan Pimpinan OPD

Pemerintahan
- Rabu, 08 Januari 2020
100-an Honorer Sudah Diberhentikan, Ini Kesalahan Pimpinan OPD

Marthen Paiding memberikan cideramata pensiunan kepada Alfred Douw  MIMIKA, BM Hingga 1 Januari 2020, 100-an honorer yang diangkat melalui Surat Keputusan (SK) Pimpinan Organisasi Perangkat Daera...

Target Sementara Penerimaan Daerah TA 2019 Capai 98,5 Persen

Pemerintahan
- Senin, 06 Januari 2020
Target Sementara Penerimaan Daerah TA 2019 Capai 98,5 Persen

Kepala Bapenda Dwi Cholifah menunjukan ruangan baru pelayanan masyarakat MIMIKA, BM Terhitung hingga 31 Desember 2019, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika telah mencapai penerimaan daer...

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Mimika Tembus Rp 89,6 Miliar di 2019

Ekonomi & Pembangunan
- Senin, 06 Januari 2020
Klaim BPJS Ketenagakerjaan Mimika Tembus Rp 89,6 Miliar di 2019

Kabid Kepesertaan BPJS, Anjash (kanan) bersama salah satu rekannya MIMIKA, BM Sepanjang 2019, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Mimika melakukan klaim pembayaran untu...

Turun Pungut Sampah, KNPI Ajak Warga Mimika Jaga Kebersihan Kota

Nasional
- Sabtu, 04 Januari 2020
Turun Pungut Sampah, KNPI Ajak Warga Mimika Jaga Kebersihan Kota

Pembabatan rumput liar di sepanjang median jalan MIMIKA, BM Komitmen menjaga kebersihan Kota Timika tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawab satu pihak saja namun merupakan tanggungjawab semua, bai...

Mimika Tidak Diam, Tiga Relawan BTB Ke Provinsi Banten Bantu Korban Banjir

Nasional
- Jumat, 03 Januari 2020
Mimika Tidak Diam, Tiga Relawan BTB Ke Provinsi Banten Bantu Korban Banjir

Tiga Relawan Eme Neme telah tiba di Provinsi Banten MIMIKA, BM Kesedihan dan duka akibat bencana banjir bandang yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya, tidak membuat masyarakat Mimika berdiam diri ter...

Pemda Mimika Dinilai Kurang Mengindahkan Aturan Simbol-Simbol Negara

Pemerintahan
- Jumat, 03 Januari 2020
Pemda Mimika Dinilai Kurang Mengindahkan Aturan Simbol-Simbol Negara

Bukan hanya wakil presiden, foto wabup juga belum diganti MIMIKA, BM Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin keduanya telah resmi dilantik pada 20 Oktober 2019 lalu. Dengan demikian mak...

Warga Mimika Semakin Cerdas Bermain Petasan

Kesehatan
- Kamis, 02 Januari 2020
Warga Mimika Semakin Cerdas Bermain Petasan

Hari ke-2 Tahun 2020, warga Mimika masih membunyikan petasan MIMIKA, BM Momen pisah dan sambut tahun baru di Mimika selalu dirayakan dengan membunyikan petasan. Ini sudah jadi kebiasaan selama beberap...

1.890 Pengunjung Menginap di Hotel Ossa De Villa

Ekonomi & Pembangunan
- Kamis, 02 Januari 2020
1.890 Pengunjung Menginap di Hotel Ossa De Villa

Operation Manager Hotel Ossa De Villa, I Nyoman Juniarta MIMIKA, BM Di Mimika saat ini mulai bermunculan berbagai hotel dengan design dan corak yang berbeda. Baik dilihat dari interiornya, layanan yan...

One Week Biliard Club, Tempat Nyaman Bermain Biliar di Mimika

Olahraga
- Kamis, 02 Januari 2020
One Week Biliard Club, Tempat Nyaman Bermain Biliar di Mimika

Suasana di One Week Billiard Club MIMIKA, BM Peminat olahraga biliar di Mimika, tiap tahun terus bertambah. Ini menunjukan bahwa olahraga yang mengandalkan ketelitian, ketenangan dan skill yang mumpun...

3 Perbuatan Paling Melanggar Hukum Di Mimika Pada 2019

Hukum & Kriminal
- Rabu, 01 Januari 2020
3 Perbuatan Paling Melanggar Hukum Di Mimika Pada 2019

Kapolres dan Dandim Mimika saat menggelar konferensi pers MIMIKA, BM Kepolisian Resort (Polres) Mimika melakukan Refleksi Akhir Tahun Kinerja 2019. Refleksi ini disampaikan secara langsung kepada para...

22 WNA Dipulangkan Imigrasi Timika di 2019

Nasional
- Rabu, 01 Januari 2020
22 WNA Dipulangkan Imigrasi Timika di 2019

Konferensi Pers di Kantor Imigrasi Timika MIMIKA, BM Sepanjang 2019 Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika telah memulangkan atau mendeportasi 22 Warga Negara Asing dari Mimika. Adapun rincian WNA yang d...

Dalam Waktu Dekat, Umat Katolik Mimika akan Memiliki Uskup Baru

Nasional
- Selasa, 31 Desember 2019
Dalam Waktu Dekat, Umat Katolik Mimika akan Memiliki Uskup Baru

Perayaan misa akhir tahun berlangsung meriah dan penuh sukacita MIMIKA, BM Kepergian Almarhum Uskup John Philip Saklil Pr, pada 3 Agustus lalu masih meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi seluruh u...

Banyak Orang Mimika Bepergian Ke Luar Negeri

Nasional
- Selasa, 31 Desember 2019
Banyak Orang Mimika Bepergian Ke Luar Negeri

Konferensi pers di Aula Kantor Imigrasi Mimika MIMIKA, BM Masyarakat Mimika kian tahun terhitung semakin banyak yang melakukan perjalanan ke luar negeri, baik perjalanan Wisata Rohani, Umroh maupun wi...

PARADE FOTO Kegiatan Literasi Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah di Kampung Ama...

Pemerintahan
- Senin, 30 Desember 2019
PARADE FOTO Kegiatan Literasi Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah di Kampung Amar

MIMIKA, BM Anak-anak sekolah sejak usia dini harus mulai diajarkan dan dibina agar mereka memiliki kecintaan terhadap buku. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Dinas Perpustakaan dan Arsip D...

‘Cinta Terlarang’ Penyebab Dua Kelompok Bertikai di Irigasi

Hukum & Kriminal
- Senin, 30 Desember 2019
‘Cinta Terlarang’ Penyebab Dua Kelompok Bertikai di Irigasi

Kepolisian tengah melakukan mediasi dengan salah satu kelompok masyarakat MIMIKA, BM Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia mengatakan, pertikaian dua kelompok masyarakat di Jalan Irigasi yang berlan...

Parade Foto Pelantikan Pengurus DPD KNPI MIMIKA Periode 2019-2022

Nasional
- Sabtu, 28 Desember 2019
Parade Foto Pelantikan Pengurus DPD KNPI MIMIKA Periode 2019-2022

MIMIKA, BM Ketua DPD KNPI Papua, Albertho G Wanimbo melantik 190 Pengurus KNPI Kabupaten Mimika di Gedung Tongkonan, Jumat (27/12). Pelantikan didasari pada Surat Keputusan DPD Papua Nomor 15/Kps/DPD...

Dua Momen Penting di Pelantikan 190 Pengurus KNPI Mimika

Nasional
- Sabtu, 28 Desember 2019
Dua Momen Penting di Pelantikan 190 Pengurus KNPI Mimika

Badan pengurus KNPI Mimika foto bersama Wabup John dan forkopimda MIMIKA, BM Sebanyak 190 Pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Daerah Indonesia (KNPI) Kabupaten Mimika Periode 2019-2022 pada Jumat...

800-an Personel Gabungan Amankan Perayaan Natal

Nasional
- Selasa, 24 Desember 2019
800-an Personel Gabungan Amankan Perayaan Natal

Pengamanan di depan Gereja Katedral Tiga Raja MIMIKA, BM Sebanyak 800-an personel gabungan yang terdiri dari TNI Polri, OPD Pemda Mimika dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) melakukan pengamanan mala...

LPMAK Dapati 374 Pelajar dan Mahasiswa Mimika Belum Kembali ke Kota Studi

Pendidikan
- Selasa, 24 Desember 2019
LPMAK Dapati 374 Pelajar dan Mahasiswa Mimika Belum Kembali ke Kota Studi

Foto bersama usai pertemuan Pemda Mimika dan LPMAK  MIMIKA, BM Lembaga Pengembangan Masyarakat Amunge dan Kamoro (LPMAK) saat ini tengah membiayai (beasiswa-red) 1.331 pelajar dan mahasiswa asal...

Dandim Nainggolan : Jelang Perayaan Natal Situasi Sangat Kondusif

Hukum & Kriminal
- Selasa, 24 Desember 2019
Dandim Nainggolan : Jelang Perayaan Natal Situasi Sangat Kondusif

Dandim Nainggolan bersama jurnalis Mimika MIMIKA, BM Dandim 1710 Mimika Let. Inf Pio L Nainggolan mengatakan dalam rangka pengamanan malam Natal hingga Tahun Baru nanti, sebanyak 1 SSK berjumlah 90 or...

PARADE FOTO Kegiatan Literasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di Kampung Uta

Pemerintahan
- Senin, 23 Desember 2019
PARADE FOTO Kegiatan Literasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di Kampung Uta

MIMIKA, BM Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika pada Kamis (4/12) melakukan kegiatan Literasi (Wisata Buku) di Kampung Uta, DIstrik Mimika Barat Tengah. Kegiatan Literasi bertujuan unt...

PARADE FOTO Perayaan Natal Pemerintah, TNI/Polri dan Masyarakat Mimika

Pemerintahan
- Senin, 23 Desember 2019
PARADE FOTO Perayaan Natal Pemerintah, TNI/Polri dan Masyarakat Mimika

MIMIKA, BM Perayaan Natal Bersama Pemerintah, TNI/Polri dan Masyarakat Kabupaten Mimika dilaksanakan Jumat (17/12) di Gedung Eme Neme Yauware dengan mengusung tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua...

Hasil Pemilihan 133 Kepala Kampung di Mimika, 80 Persen Diisi Wajah Baru

Pemerintahan
- Senin, 23 Desember 2019
Hasil Pemilihan 133 Kepala Kampung di Mimika, 80 Persen Diisi Wajah Baru

Kepala DPMK Mimika, Michael R Gomar MIMIKA, BM Pelaksanaan Pemilihan 133 Kepala Kampung di 18 Distrik di Kabupaten Mimika telah mencapai 95 persen. Dari jumlah ini, hanya 9 kampung di Distrik Mimika B...

PARADE Foto Kegiatan Literasi di Kampung Ipaya Distrik Amar

Pemerintahan
- Senin, 23 Desember 2019
PARADE Foto Kegiatan Literasi di Kampung Ipaya Distrik Amar

MIMIKA, BM Kegiatan Literasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan dan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Pada Kamis (4/12), Dinas Perpustakaan d...

Pesan Natal Bagi Mimika, Jangan Ada Sekat Di Antara Masyarakat

Pemerintahan
- Rabu, 18 Desember 2019
Pesan Natal Bagi Mimika, Jangan Ada Sekat Di Antara Masyarakat

   Paduan suara anak-anak dari lima denominasi gereja MIMIKA, BM Perayaan Natal Bersama Pemerintah, TNI/Polri dan Masyarakat Kabupaten Mimika dilaksanakan Jumat (17/12) di Gedung Eme Neme Ya...

7 Wartawan Mimika Tes Urine di BNNK

Hukum & Kriminal
- Senin, 16 Desember 2019
7 Wartawan Mimika Tes Urine di BNNK

Hasil tes urine MIMIKA, BM Wartawan BeritaMimika (Ronald Renwarin), Inews (Nathan Making), Radar Timika (Mayer Sarioa), Tabukanews (Markus Rahalus), Salam Papua (Saldi Hermanto) dan dua wartawan Hari...

Polres Mimika Berbagi Kasih Natal di Distrik Kwamki Narama

Nasional
- Sabtu, 14 Desember 2019
Polres Mimika Berbagi Kasih Natal di Distrik Kwamki Narama

 Polisi Sancta saat memberikan bingkisan natal didampingi pit hitam   MIMIKA, BM Polres Mimika bekerjasama dengan Bhayangkari, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ikatan Motor Indonesi...

Masyarakat Yang Buang Sampah Tidak Sesuai Aturan Akan Terpantau CCTV

Pemerintahan
- Sabtu, 14 Desember 2019
Masyarakat Yang Buang Sampah Tidak Sesuai Aturan Akan Terpantau CCTV

      Foto bersama Wabup John MIMIKA, BM Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten Mimika terus berupaya mensosialisasikan dan menegakan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Mimika Nomor 1...

PARADE FOTO Maskot PON XX Papua Drawa dan Kangpo Diperkenalkan di Mimika

Olahraga
- Jumat, 13 Desember 2019
PARADE FOTO Maskot PON XX Papua Drawa dan Kangpo Diperkenalkan di Mimika

MIMIKA, BM Maskot PON XX Papua 2020 yang telah dilaunching di Jakarta kini didatangkan ke Mimika. Pasalnya, Mimika merupakan salah satu tuan rumah penyelenggaran ajang tingkat nasional tersebut untuk...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar