September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di...

Kadis Perikanan dan Kelautan MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KK...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah...

Dinkes Mimika Ajak Lintas Sektor Eliminasi Malaria Menuju PON XX

Jalannya rapat koordinasi lintas sektor MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengg...

Tim Hukum Omtob, Beri Klarifikasi Putusan MA

>>Putusan MA Tidak 'Memakzulkan' Bupati Omaleng
 
 
20180129 125431-640x480
Tim Hukum Omtob saat melakukan konferensi pers di Posko Tim Kemenenangan
 
TIMIKA, BM 
 
Tim Hukum Bakal Calon Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Bakal Calon Wakil Bupati Johanes Rettob (Omtob) memberikan klarifikasi tentang amar putusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia Nomor 01/01P/HS/2017 tanggal 16 Maret 2017. 
 
Putusan tersebut tidak menyebutkan ‘pemakzulan’ namun menyatakan bahwa Keputusan DPRD Kabupaten Mimika Nomor 4 Tahun 2016, tanggal 24 November 2016  tentang pendapat DPRD Kabupaten Mimika terhadap dugaan ijazah palsu, pelanggaran sumpah/janji jabatan dan peraturan perundang-undangan yang dilakukan oleh saudara Eltinus Omaleng, SE sebagai Bupati Mimika, berdasarkan hukum.
 
“Jadi ada beberapa item yang dipersoalkan oleh DPRD Mimika melalui hak angketnya yakni ijazah palsu, pelanggaran sumpah janji jabatan dan peraturan perudangan lain yang diduga dilakukan oleh Bupati Omaleng,” ujar Ketua Tim Hukum Omtob, Marvey Dangeubun SH kepada pers Mimika di Posko Tim Kemenangan Omtob, Jalan Hasanudin, Selasa (29/1). 
 
Marvey yang didampingi rekannya Iwan Anwar SH, Ansel Muserat SH dan Daud Bunga SH menjelaskan, putusan MA hanya membenarkan bahwa mekanisme dan prosedur yang dilakukan DPRD Mimika tentang hak angket itu benar berdasarkan hukum. Dalam amar itu MA tidak menyebutkan Bupati Omaleng secarah sah dan meyakinkan telah menggunakan ijazah palsu.
 
“Tidak. MA membenarkan bahwa proses hak angket DPRD sudah sesuai berdasarkan hukum. Disitu secara tegas menyatakan bahwa dugaan, tapi ini kan belum terbukti. Harus ada proses lebih lanjut tentang itu,” katanya.
 
Ia mengatakan hal inilah Ini yang menjadi perhatian Tim Hukum Omtob untuk memberikan klarifikasi sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang keliru terhadap putusan pengadilan dimaksud. 
 
Dijelaskan, pernyataan MA berkaitan dengan Hukum Tata Negara sehingga yang menjadi eksekutor dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.
 
“Faktanya sampai saat ini kemendagri belum pernah menyatakan atau mengambil tindakan bahwa Bupati Omaleng melakukan pelanggaran sumpah dan janji. Atau tindakan yang mengarah bahwa dia sudah menggunakan ijazah palsu,” tegasnya.
 
Marvey mengatakan, permohonan uji pendapat berbeda dengan sesorang dinyatakan sah dan meyakinkan menggunakan ijazah palsu dalam persidangan perkara pidana.
 
“Kami sudah pernah sampaikan ini dalam konferensi pers sebelumnya. Kami secara resmi sudah menyerahkan surat ini ke KPU Mimika dan nantinya kami juga akan menyerahkan ini kepada panswas sebagai bentuk dari pendapat kami sebagai tim hukum terhadap penafsiran yang berbeda-beda dari setiap orang yang melihat putusan MA ini,” ujarnya. 
 
Menurutnya, persepsi yang dibangun saat ini hanya melihat pada MA tanpa melihat substansi persoalan. Karena ini sifatnya permohonan yang dilakukan DPRD.
 
“Ini berbeda dengan seorang dinyatakan bersalah gunakan ijazah palsu dalam proses persidangan perkara pidana. Dimana prosesnya harus melalui kepolisian, kejaksaan dan persidangan. Kalau orang itu secara sah bersalah menggunakan ijazah palsu maka akan dihukum dengan ancaman hukuman 5 tahun,” tegasnya. 
 
Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang juga dijabarkan dalam PKPU, menyatakan bahwa seseorang tidak boleh tersangkut perkara pidana saat mendaftarkan diri sebagai bakal calon di KPU. Ini dibuktikan dengan surat keterangan dari pengadilan. 
 
20180129 125602-480x640
Pendapat Hukum Tim Hukum Omtob
 
“Bupati Eltinus Omaleng sudah diberikan keterangan dari pengadilan bahwa selama ini dia tidak tersangkut perkara pidana. Namanya tidak terdaftar dalam register buku pidana. Dan kita semua tahu bahwa dia tidak pernah dihukum menggunakan ijazah palsu. Proses ini sudah dilewati dan saat ini sudah pada proses verifikasi di KPU Mimika,”jelasnya.
 
Ia menyayangkan situasional ini tidak direspon oleh Divisi Hukum KPUD Mimika. Tim divisi hukum seharusnya melaksanakan hal ini sehingga ini tidak menimbulkan polemik dan menjadi pemicuh terjadinya konflik. 
 
“Kami memberikan pandangan ini secara objektif bahwa kami pun mempersilahkan KPU untuk mencari referensi lain di pakar-pakar atau universitas khusus untuk memberikan referensi terhadap putusan ini agar objektif bagi semua pihak,” terangnya.
 
Lanjut Marvey,“Divisi Hukum KPU harus secara berjenjang melapor dan meminta pandangan hukum ke divisi hukum tingkat provinsi maupun tingkat pusat. Merekapun harus berkoordinasi dengan pakar-pakar tata negara untuk menyoroti arti dan pengertian putusan MA sehingga tidak membias dalam penafsirannya. Sehingga walaupun kami menyatakan pandangan ini, ada komperatif dari pakar hukum lain. Mereka bisa tanyakan juga ke praktisi hukum seperti kejaksaan dan pengadilan. Sehingga didapat satu referensi yang membuat mereka tidak ragu dalam mengambil keputusan nanti,” jelasnya. 
 
Daud Bunga SH menambahkan, persoalan ijazah palsu Bupati Eltinus Omaleng oleh Polda Papua telah menerbitkan Surat Ketetapan Nomor S.Tap/96.b/IX/2017/Dit Reskrimum tanggal 30 September 2017.
Putusan dalam surat tersebut menyatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan para saksi, terlapor dan fakta-fakta yang ada serta hasil gelar perkara maka penyidikan dihentikan demi hukum.
 
“Kenapa dihentikan? karena perkaranya sudah kadaluarsa/peristiwanya terjadi saat pendaftaran calon bupati Mimika 2013 lalu dan polisi sudah melakukan penyidikan bahwa bupati tidak menggunakan ijazah palsu. Selain itu, tahun 2013 KPU Mimika sudah tentu melakukan penelitian berdasarkan dengan peraturan yang berlaku,”ujarnya.
 
Ia mengatakan, masalah ijazah bupati Omaleng saat ini masih viral di media sosial karena sarat akan kepentingan politis. Karena ketidakmampuan, ada bakal calon yang ikut mendaftar pada bursa pilkada 2018 sengaja menghembuskan masalah ini untuk menarik simpatik, walau cara yang mereka gunakan sebenarnya tidak memiliki bukti hukum otentik. 
 
“Perkara ini juga tidak pernah disidangkan di pengadilan tingkat pertama pun tingkat tinggi. Kami berharap masyarakat jelih melihat hal ini, jangan terpengaruh politisasi. Tapi apapun itu kami siap menghadapi semua ini. KPU harus jeli melihat persoalan ini dengan berbagai referensi hukum yang ada. Di putusan MA tidak ada klausul yang menyatakan memberhentikan bupati, Kpu jangan terpengaruh dengan tekanan, diskriminasi apalagi membelah salah satu pasangan. Berjalannya dalam kebenaran sesuai perundangan yang berlaku. Jangan sampai melakukan penafsiran hukum sendiri sehingga hukum itu kacau balau. Kami tidak akan diam dan kami siap menghadapinya,” tegas Daud Bunga SH. (nal)

Berita Seputar Mimika

Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

Budaya
- Senin, 19 Agustus 2019
Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

 Ketua KKSS Syamsudin B (tangan panjang putih garis-garis) MIMIKA, BM Syamsudin Baena Bandora terpilih sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Periode 2019-2024...

PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

Nasional
- Senin, 19 Agustus 2019
PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 tahun 2019 yakni "SDM Unggul Indonesia Maju" sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memantapkan Langkah Bersama, Bersaudara Membang...

Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Pemerintahan
- Senin, 19 Agustus 2019
Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Plt Kepala Bappeda, Marthen Paiding MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Marthen Paiding sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pem...

Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Wabup Bassang lakukan pemotongan kue HUT RI ke-74 MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 yakni “SDM Unggul Indonesia Maju” sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memanta...

Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

         Foto Bersama Usai Upacara MIMIKA, BM Upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Sabtu (17/8) kemarin dimulai pukul 08.00 WIT. Pros...

KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Budaya
- Minggu, 18 Agustus 2019
KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Ketua Steering Committee Musda KKSS, H Patwa MIMIKA, BM Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), pada Senin (19/8) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Hotel Horison pukul 09.00 Wit. Ti...

Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Bupati Omaleng saat menyerahkan mobil  ambulance   MIMIKA, BM Tahun 2020 Kabupaten Mimika akan dihadapkan pada dua perhelatan besar yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII dan Pe...

Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Hellen bersama kedua orangtuanya MIMIKA, BM Usai bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih Sabtu pagi (17/8) seluruh petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 35 orang tak k...

Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Nasional
- Sabtu, 17 Agustus 2019
Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Paskibra sukses kibarkan sang saka merah putih MIMIKA, BM Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Mimika Sabtu pagi (17/8) yang dilangsungkan di lapangan pusat pemerintahan SP...

Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Foto bersama 37 Anggota Paskibraka dengan Bupati dan Wakil Bupati Mimika MIMIKA, BM Teka-teki sebagain besar masyarakat Mimika tentang tempat pelantikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati...

Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Bupati Omaleng Mengukuhkan 35 Anggota Paskibraka MMIKA, BM “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa Kami Kukuhkan Saudara-Saudara Sebagai Pengibar Bendera Yang Bertugas Di Lapangan Pusat Pemerintahan...

HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat...

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Mimika

Foto Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Yohanes Bassang MIMIKA, BM Perayaan HUT RI Ke-74 tahun ini merupakan perayaan terakhir Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omale...

Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Hukum & Kriminal
- Kamis, 15 Agustus 2019
Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Pramuka Kwarcab Mimika Merayakan HUT ke-58 MIMIKA, BM Kasat Binmas Polres Mimika, AKP J Frits Erari akan mengikuti Pendidikan SESPIMMA (Sekolah Pimpinan Pertama) di Lembang, Bandung, Jawa Barat selama...

Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Pakaian pasangan nikah massal didominasi batik MMIKA, BM Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mim...

Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua Suharyanto S.S.,M.A MIMIKA, BM Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan sejarah dimana lahirnya Sumpah Pemuda. Kongres ini terbentuk karena bangsa ini memilik...

6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Kampung Mandiri Jaya MIMIKA, BM Memilih Kampung Mandiri Jaya Adalah Keberhasilan Terbesar Kodim 1710 Mimika Pemilihan Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika sebagai kampung TNI Manungga...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Pendidikan
- Rabu, 14 Agustus 2019
Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani  MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah keguruan akan ditarik dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Mimika. Para guru yang ditarik...

September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Ekonomi & Pembangunan
- Rabu, 14 Agustus 2019
September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Kadis Perikanan dan Kelautan  MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), maka pada 2017 dibangun infrastruktur pembangunan di Pomako salah sat...

157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Nasional
- Rabu, 14 Agustus 2019
157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Kendaraan hias Bagian Tata Pemerintahan pemda Mimika MIMIKA, BM Kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke -74 di Timika masih berlanjut. Hari ini, Selasa (14/8) sebanyak 157 unit kendaraan mobil meng...

90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Budaya
- Selasa, 13 Agustus 2019
90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Pelajar terlihat atusias mengikuti kegiatan ini MIMIKA, BM 90 peserta yang berasal dari sanggar masyarakat (usia 14-30 tahun) dan sanggar pelajar (usia 14-18 tahun) mengikuti sayembara lomba design mo...

Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding MIMIKA, BM Masa Kepemimpinan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Yohanes Basang (Ombas) akan berakhir pada 6 September 2019. Sesuai Undang-undang Nomor...

67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Wabup Bassang saat menyerahkan KIA kepada salah satu anak penerima MIMIKA, BM Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukpencapil) Pemda Mimika, ternyata sebanyak 67.000 anak di Mimika...

Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Nasional
- Selasa, 13 Agustus 2019
Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Penampilan Polisi Cilik, Juara I Kategori Paud-SD MIMIKA, BM Polisi Cilik, yang pernah menampilkan parade baris-berbaris pada HUT Bhayangkara ke-73 pada 11 Juli lalu di lapangan Timika Indah, terpilih...

Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Nasional
- Senin, 12 Agustus 2019
Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Halaman Graha Eme Neme dipenuhi peserta dan penonton karnaval MIMIKA, BM Jelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-74, Panitia HUT RI Kabupaten Mimika menyelenggarakan sejumlah kegiatan guna menyemarakan se...

Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Dalam suasana gerimis dan becek air, umat muslim Mimika ikuti Shalat Idul Adha MIMIKA, BM Umat muslim di dunia merayakan Idul Adha Dzulhijjah 1440 Hijriah yang jatuh tepat di Minggu (11/8). Seluruh ma...

Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Pemerintahan
- Minggu, 11 Agustus 2019
Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Kepala DPMK Mimika Michael R Gomar MIMIKA, BM Pelaksanaan pemilihan 133 kepala kampung secara serentak di Kabupaten Mimika dilaksanakan tahun ini merujuk pada Peraturan Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 20...

Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Ustadz Umar Habib MIMIKA, BM Umat muslim saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8) yang diawali dengan pelaksanaan Shalat Idhul Adha. Peristiwa ini bagi umat muslim berawal dari kis...

Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Olahraga
- Sabtu, 10 Agustus 2019
Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Foto bersama Technical Delegate Yudo, Perry Pantouw MIMIKA, BM Graha Eme Neme Yauware akhirnya dinyatakan siap menjadi tempat penyelenggaraan (venue) Cabang Olahraga Judo pada PON 2020 di Kabupaten Mi...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar