September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di...

Kadis Perikanan dan Kelautan MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KK...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah...

Dinkes Mimika Ajak Lintas Sektor Eliminasi Malaria Menuju PON XX

Jalannya rapat koordinasi lintas sektor MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengg...

BNN Mimika Telah Mensosialisasikan Bahaya Narkotika Kepada 14.205 Orang

4B201EB7-56A5-4F02-A8E6-07ECEB57A1FDFoto bersama usai kegiatan sosialisasi

MIMIKA, BM

Sejak Januari hingga Juli 2019, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika telah melaksanakan sosialisasi bahaya narkotika kepada 14.205 orang di tiga instansi berbeda yakni di lingkungan pendidikan (13.470), instansi pemerintah dan TNI/Polri (550) serta masyarakat (295).

Tes urine sudah dilakukan sebanyak 154 kali terhadap pegawai pengadilan (32), anggota TNI (150) dan tempat hiburan malam (17). BNN juga menangani 2 perkara kasus sabu. Untuk orang dewasa yang direhabilitasi rawat jalan oleh BNN ada 15 orang. 3 anak masih dibawah umur dan Tim Asesmen Terpadu (TAT) dua.

Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2018. Tahun lalu, BNN Mimika hanya melaksanakan sosialisasi kepada 12.249 orang baik di lingkungan pendidikan (5121), instansi pemerintahan (410) pekerja swasta (48), masyarakat (6.603) dan karyawan tempat hiburan malam (57).

Tes urine tahun lalu telah dilakukan kepada 996 orang. Di instansi pemerintahan (90), TNI/Polri (214), lingkungan pendidikan (60), tokoh atau masyarakat (229), pengunjung tempat hiburan malam(168) dan lembaga pemasyarakatan (235).

Untuk rawat jalan orang dewasa yang direhabilitasi 15 sedangkan anak-anak dibawah umur 3 orang. 2018 lalu BNN Mimika juga menangani 9 perkara yakni 7 kasus sabu dan 2 ganja.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika Kompol Mursaling, saat BNN mengadakan Workshop Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pemerintahan di Meeting Room Hotel Emerald Kamis (1/8).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Mimika Demianus Katiop ini dihadiri perwakilan dari Bea Cukai Mimika, Kantor Kementerian Agama Mimika, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Mimika.

"Yang sudah kami beri rehabilitasi di 2018 beberapa sudah sembuh. Sementara 9 perkara sabu dan ganja sudah diproses dan dilimpahkan di pengadilan negeri Timika bahkan sudah ada putusan dari pengadilan. Ada yang dapat 25, 10, 8 dan 7 tahun ancaman hukuman," tutur kepala Kompol Mursaling dalam pemaparannya.

Dikatakan, Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika menyebutkan bahwa pelaku yang murni menyalahgunakan narkotika harus direhabilitasi.

“Karena mereka adalah orang sakit yang abnormal dan harus dinormalkan kembali seperti sedia kala. Peredaran narkoba diancam hukuman paling singkat empat tahun dan maksimal hukuman mati. Denda minimal 800 juta dan maksimal 10 Milyar," jelasnya.

Lanjutnya, Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri) No 21 tahun 2013 menginstruksikan kepada gubernur, bupati/walikota untuk memfasilitasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalagunaan, Peredaran Gelap Narkotik (P4GN) di wilayahnya masing-masing, yang dilakukan dan dikoordinasikan oleh pimpinan OPD yang membidangi urusan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Instruksi Presiden RI No 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional P4GN menginstruksikan para menteri, sekretaris kabinet, jaksa agung, Kapolri, Panglima TNI, kepala badan intelijen negara, para pimpinan, non kementerian, gubernur, bupati walikota dan semua harus melaksanakan rencana aksi nasional P4GN tahun 2018-2019.

Untuk kemudian di akhir tahun 2019 akan dievaluasi sejauh mana pelaksanaan berkaitan P4GN tersebut.

“Pencegahan penyalahgunaan narkoba di instansi pemerintah harus dilakukan dengan tes urine secara berkala, campaign (kampanye) dengan memasang poster dan standing banner serta pembentukan satgas anti narkotika. Selain itu melakukan publikasi di media,” terangnya.

Ia juga berharap adanya konsolidasi kekuatan di seluruh elemen pemerintah, swasta dan masyarakat dalam berkonsolidasi dan berkontribusi bersama mendukung penanganan narkoba secara masif.

“Ini harus dilakukan untuk mewujudkan lingkungan masyarakat, pemerintahan, tempat kerja, kampus serta sekolah yang bersih dari narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Mimika, Demianus Katiop mengatakan peredaran narkoba di Indonesia saat ini menyasar hingga ke wilayah-wilayah pelosok.

“Instruksi presiden tentang pemberantasan, pencegahan dan penanggulangan narkoba itu menjadi dasar payung hukum. Sehingga salah satu bentuk pencegahan narkoba dilakukan dengan sosialisasi secara menyuluruh di seluruh tingkatan dan regulasi daerah," ujarnya.

Ia bahkan memberikan masukan agar setiap warga yang melakukan pengurusan KTP terutama yang mengurusi perpindahan penduduk harus dilakukan tes urine terlebih dahulu guna mencegah peredaran narkotika.

"Pemda akan terus mengembangkan visi misi terkait pemberantasan narkoba. Kami akan terus mendorong dan mendukung BNN Mimika dalam kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan instansi-instansi sosial lainnya serta memberikan dukungan pendanaan khusus untuk memberantas narkoba dimulai dari distrik-distrik," tandasnya (Elf)

Berita Seputar Mimika

Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

Budaya
- Senin, 19 Agustus 2019
Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

 Ketua KKSS Syamsudin B (tangan panjang putih garis-garis) MIMIKA, BM Syamsudin Baena Bandora terpilih sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Periode 2019-2024...

PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

Nasional
- Senin, 19 Agustus 2019
PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 tahun 2019 yakni "SDM Unggul Indonesia Maju" sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memantapkan Langkah Bersama, Bersaudara Membang...

Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Pemerintahan
- Senin, 19 Agustus 2019
Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Plt Kepala Bappeda, Marthen Paiding MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Marthen Paiding sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pem...

Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Wabup Bassang lakukan pemotongan kue HUT RI ke-74 MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 yakni “SDM Unggul Indonesia Maju” sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memanta...

Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

         Foto Bersama Usai Upacara MIMIKA, BM Upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Sabtu (17/8) kemarin dimulai pukul 08.00 WIT. Pros...

KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Budaya
- Minggu, 18 Agustus 2019
KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Ketua Steering Committee Musda KKSS, H Patwa MIMIKA, BM Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), pada Senin (19/8) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Hotel Horison pukul 09.00 Wit. Ti...

Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Bupati Omaleng saat menyerahkan mobil  ambulance   MIMIKA, BM Tahun 2020 Kabupaten Mimika akan dihadapkan pada dua perhelatan besar yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII dan Pe...

Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Hellen bersama kedua orangtuanya MIMIKA, BM Usai bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih Sabtu pagi (17/8) seluruh petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 35 orang tak k...

Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Nasional
- Sabtu, 17 Agustus 2019
Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Paskibra sukses kibarkan sang saka merah putih MIMIKA, BM Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Mimika Sabtu pagi (17/8) yang dilangsungkan di lapangan pusat pemerintahan SP...

Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Foto bersama 37 Anggota Paskibraka dengan Bupati dan Wakil Bupati Mimika MIMIKA, BM Teka-teki sebagain besar masyarakat Mimika tentang tempat pelantikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati...

Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Bupati Omaleng Mengukuhkan 35 Anggota Paskibraka MMIKA, BM “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa Kami Kukuhkan Saudara-Saudara Sebagai Pengibar Bendera Yang Bertugas Di Lapangan Pusat Pemerintahan...

HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat...

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Mimika

Foto Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Yohanes Bassang MIMIKA, BM Perayaan HUT RI Ke-74 tahun ini merupakan perayaan terakhir Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omale...

Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Hukum & Kriminal
- Kamis, 15 Agustus 2019
Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Pramuka Kwarcab Mimika Merayakan HUT ke-58 MIMIKA, BM Kasat Binmas Polres Mimika, AKP J Frits Erari akan mengikuti Pendidikan SESPIMMA (Sekolah Pimpinan Pertama) di Lembang, Bandung, Jawa Barat selama...

Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Pakaian pasangan nikah massal didominasi batik MMIKA, BM Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mim...

Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua Suharyanto S.S.,M.A MIMIKA, BM Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan sejarah dimana lahirnya Sumpah Pemuda. Kongres ini terbentuk karena bangsa ini memilik...

6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Kampung Mandiri Jaya MIMIKA, BM Memilih Kampung Mandiri Jaya Adalah Keberhasilan Terbesar Kodim 1710 Mimika Pemilihan Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika sebagai kampung TNI Manungga...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Pendidikan
- Rabu, 14 Agustus 2019
Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani  MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah keguruan akan ditarik dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Mimika. Para guru yang ditarik...

September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Ekonomi & Pembangunan
- Rabu, 14 Agustus 2019
September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Kadis Perikanan dan Kelautan  MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), maka pada 2017 dibangun infrastruktur pembangunan di Pomako salah sat...

157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Nasional
- Rabu, 14 Agustus 2019
157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Kendaraan hias Bagian Tata Pemerintahan pemda Mimika MIMIKA, BM Kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke -74 di Timika masih berlanjut. Hari ini, Selasa (14/8) sebanyak 157 unit kendaraan mobil meng...

90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Budaya
- Selasa, 13 Agustus 2019
90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Pelajar terlihat atusias mengikuti kegiatan ini MIMIKA, BM 90 peserta yang berasal dari sanggar masyarakat (usia 14-30 tahun) dan sanggar pelajar (usia 14-18 tahun) mengikuti sayembara lomba design mo...

Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding MIMIKA, BM Masa Kepemimpinan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Yohanes Basang (Ombas) akan berakhir pada 6 September 2019. Sesuai Undang-undang Nomor...

67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Wabup Bassang saat menyerahkan KIA kepada salah satu anak penerima MIMIKA, BM Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukpencapil) Pemda Mimika, ternyata sebanyak 67.000 anak di Mimika...

Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Nasional
- Selasa, 13 Agustus 2019
Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Penampilan Polisi Cilik, Juara I Kategori Paud-SD MIMIKA, BM Polisi Cilik, yang pernah menampilkan parade baris-berbaris pada HUT Bhayangkara ke-73 pada 11 Juli lalu di lapangan Timika Indah, terpilih...

Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Nasional
- Senin, 12 Agustus 2019
Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Halaman Graha Eme Neme dipenuhi peserta dan penonton karnaval MIMIKA, BM Jelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-74, Panitia HUT RI Kabupaten Mimika menyelenggarakan sejumlah kegiatan guna menyemarakan se...

Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Dalam suasana gerimis dan becek air, umat muslim Mimika ikuti Shalat Idul Adha MIMIKA, BM Umat muslim di dunia merayakan Idul Adha Dzulhijjah 1440 Hijriah yang jatuh tepat di Minggu (11/8). Seluruh ma...

Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Pemerintahan
- Minggu, 11 Agustus 2019
Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Kepala DPMK Mimika Michael R Gomar MIMIKA, BM Pelaksanaan pemilihan 133 kepala kampung secara serentak di Kabupaten Mimika dilaksanakan tahun ini merujuk pada Peraturan Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 20...

Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Ustadz Umar Habib MIMIKA, BM Umat muslim saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8) yang diawali dengan pelaksanaan Shalat Idhul Adha. Peristiwa ini bagi umat muslim berawal dari kis...

Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Olahraga
- Sabtu, 10 Agustus 2019
Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Foto bersama Technical Delegate Yudo, Perry Pantouw MIMIKA, BM Graha Eme Neme Yauware akhirnya dinyatakan siap menjadi tempat penyelenggaraan (venue) Cabang Olahraga Judo pada PON 2020 di Kabupaten Mi...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar