Perubahan LPMAK Menjadi Yayasan Dikritisi Foramko Mimika

Foramko Mimika MIMIKA, BM Forum Komunikasi Amunge Kamoro Menggugat (Foramko) Mimika mengkritisi p...

Pemprov Sulawesi Utara Minta Anak-Anak Mimika Kembali Lanjutkan Studi Mereka

Asisten I Pemprov Sulut bersama Wabup Mimika memimpin jalannya pertemuan MIMIKA, BM Perjalanan Roa...

Wujudkan Mimika Unggul, Dinkes Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Penyerahan hadiah kepada para pemenang MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika memper...

Mahasiswa dan Pelajar : Pemda Mimika Selama Ini Ada Dimana Ka?

F2B69552-1254-4FC9-A808-A064361E74F3
Suasana berlangsungnya pertemuan di Semarang

SEMARANG, BM

Pelajar dan mahasiswa Mimika yang melanjutkan pendidikan di Jawa Tengah mempertanyakan keberadaan Pemda Mimika.

Mereka merasa bahwa pemda tidak ada perhatian dan terkesan kurang peduli terhadap setiap persoalan yang mereka hadapi saat mengenyam pendidikan di negeri orang.

Sejauh ini mereka hanya merasakan keberadaan dan sentuhan serta kepedulian dari Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LMPAK).

Bukan karena LPMAK membiayaai mereka namun jika tidak ada lembaga ini maka banyak anak Mimika tidak akan melanjutkan sekolah. Selain itu, mereka akan merasa kesulitan mengadu ketika ada persoalan-persoalan mendasar yang mereka alami seperti saat ini.

Hal ini disampaikan oleh beberapa pelajar dan mahasiswa Mimika yang mengenyam pendidikan di Jawa Tengah pada pertemuan bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dan LPMAK, Kamis (26/9) di Gedung Wanita, Semarang Jawa Tengah.

Mereka juga menyampaikan beberapa poin penting dalam pertemuan ini yakni kekecewaan terhadap media yang menyebarkan berita situasi keamanan di Mimika tidak seimbang, pertemuan ini didakan tergesa-gesa dan mereka merasa seperti dianaktirikan oleh pemerintah daerah.

Selain itu ditanyakan pula bagaimana sikap pemerintah dalam menghadapi persoalan keamanan di Mimika. Mereka juga sampaikan bahwa ada aparat intel yang sering mendatangi kampus dan asrama. Disampaikan pula bahwa anak-anak pulang bukan karena diintimidasi oleh senior namun karena keinginan orangtua.

B9C7809D-F301-465D-9D22-FCB8623717B2
SE LPMAK Abraham Timang berbicara kepada mahasiswa dan pelajar

Selanjutnya juga tentang bagaimana solusi bagi mereka yang sudah kembali ke mimika, masih banyak anak-anak Amungme dan Komoro tidak peroleh pendidikan (beasiswa) Pemda Mimika melalui SDM harus melihat ini, termasuk persoalan seputar isu Papua merdeka.

Sekretaris LPMAK Abraham Timang mengatakan bahwa kehadiran LPMAK dan Pemda Mimika guna mendengarkan secara langsung apa alasan pasti pelajar dan mahasiswa kembali ke Timika.

“Kami datang sebagai orangtua kalian untuk memastikan situasi yang sebenarnya sehingga tidak ada kabar burung tentang keadaan kalian disini,” ujarnya.

Ia juga menegaskan tentang kelanjutan studi mereka. Ditegaskan, LPMAK tidak akan melarang apalagi membatasi keinginan pelajar dan mahasiswa di Jawa Tengah untuk kembali ke Timika, namun mereka harus jujur mengatakan tentang situasi yang dialami di Semarang dan sekitarnya.

“Kami dari lembaga tidak membatasi adek-adek. Kalau ada yang mau pulang silahkan. Tetapi yang ingin terus melanjutkan sekolah sampai S3, mari lanjutkan bersama kami. Jangan pulang, tetap disini dan berjuang untuk masa depan kalian,” tegasnya.

“Mengapa saya mengatakan hal ini? Supaya jangan sampai kalian bilang bukan bapak yang kuliah tapi kami yang kuliah. Ini supaya kalian pikir tentang masa depan karena LPMAK dan pemerintah hanya memfasilitasi,” ungkapnya.

EB0B0123-4640-475F-B5E3-7020F523C2B6
Ketua Biro Pendidikan Frans Wanmang memimpin jalannya kegiatan

Abraham juga mengatakan, terkait eksodus pelajar ke Timika, LPMAK sudah dua kali melakukan pertemuan dengan orangtua siswa. Dan harapan orangtua adalah anak-anak mereka harus melanjutkan pendidikan.

“Tapi ini terbalik dengan keinginan kalian. Saya mau ingatkan lagi bahwa masa depan ada di tangan kalian masing-masing. Kami orangtua hanya memberikan dukungan dan dorongan melalui program-program yang sementara sedang berjalan saat ini,” terangnya.

“Saya juga sudah sampaikan ke media agar anak-anak yang sudah pulang Timika namun masih mau kembali lanjutkan sekolah, segera melaporkan diri ke Biro Pendidikan. Kita akan fasilitasi untuk kembali melanjutkan studi,” ungkapnya.

Wakil Bupati Johannes Rettob merasa sedih dengan keadaan ini. Ia mengatakan bahwa sebagai mahasiswa di Jakarta, dahulu ia juga pernah mengalami apa yang dirasakan anak-anaknya saat ini.

“Tetapi jaman kalian ini, ada yang memfasilitasi. Mau makan, tidur, apa saja ada yang memperhatikan dan tidak kekurangan. Saya sedih karena kalian mau pulang. Jaman saya dulu, lebih susah dan semuanya harus berusaha sendiri,” kisahnya.

Ia mengatakan baru dua minggu menjalankan tugasnya sebagai wakil bupati Mimika mendampingi Bupati Eltinus Omaleng. Namun ia langsung konsen karena persoalan pendidikan merupakan salah satu prioritas dalam membangun daerah terutama SDM.

Oleh bupati, Wabup John ditugaskan khusus bersama OPD terkait untuk melihat dan menyelesaikan persoalan ini bersama LPMAK.

2EFCEC35-129D-4669-A6FD-9634C3B28796
Mama Yulia Pogolamum memberikan pesan singkat kepada mahasiswa danpelajar

Dikatakan, informasi yang menyebar di Timika, menyebutkan bahwa alasan mereka pulang karena Papua mau merdeka, adanya intimidasi, adanya rasa takut serta beredarnya informasi rencana aksi besar-besaran di Papua untuk mencari perhatian dunia internasional.

“Siapa yang bilang bandara dibakar, pelabuhan mau dibakar, Papua akan kacau? Siapa yang sampaikan ke kalian isu-isu ini. Dengar alasan dan keinginan kalian seperti ini, kami semua sedih. Saya mau tegaskan jangan orang buat kacau kita, jangan orang lain menghancurkan kita,” tegasnya.

Disebutkan, pada sidang PBB pada 28 Oktober di Jenewa, Swiss nanti isu Papua merdeka tidak dibahas dalam agenda tersebut.

Tujuh poin yang dibahas adalah perseteruan AS dan Arab dengan Iran, perubahan iklim, perang dagang hingga perseteruan pribadi AS-China, Korea Selatan dan Jepang yang menegang, krisis Venezuela, perdamaian di Afganistan dan Kashmir.

“Kami datang bukan karena politik tapi kami adalah orangtua kalian. Jangan dengar isu-isu yang memprovokatif dan menghalang masa depan kalian. Orang jangan buat bodoh kita anak-anak Papua. Ini masalah nasional. Ingat kasus Poso dan Maluku? Kita jangan sampai seperti itu. Jangan, jangan. Kita sudah mulai maju, jangan orang kasih rusak kita hanya karena hal-hal seperti ini. Kita sayang tanah kita, kita sayang daerah kita. Dan tugas kita semua adalah menjaganya untuk tetap damai,” ungkapnya.

074ABC47-ED43-4B51-97C2-37F3F6C2186A
Perwakilan mahasiswa saat menyampaikan pendapat

“Agenda PBB nanti tidak ada pembahasan mengenai Papua merdeka. Jangan kalian terpengaruh dengan isu-isu yang menyesatkan dan menggangu belajar kalian. Kalian-kalian inilah yang akan menjadi pemimpin di Mimika menggantikan saya, bupati, jadi anggota DPRD dan kepala dinas karena kami sudah tua. Mau harap siapa lagi?,” tegasnya.

Wabup Rettob juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah hadir bersama LPMAK bukan untuk menunjukan bahwa pemerintah ada namun ini merupakan tanggungjawab yang harus dijalani secara bersama antara pemerintah dan LPMAK.

“Kita lupakan yang lalu. Mungkin pemeritah selama ini tidak melihat kalian, sekarang pemda hadir. Saya hadir disini. Ada masalah sampaikan ke kami. Ini menjadi awal yang baik bagi kami dan LPMAK untuk berbagi bersama dalam memberikan perhatian kepada kalian semua,” terangnya.

“Setelah Jawa Tengah kami akan ke Jawa Timur dan Manado. Kita akan melihat waktu dan selanjutnya juga LPMAK dan pemda akan ke kota studi yang lain. Diluar agenda ini suatu saat saya akan cari waktu datang langsung ke asrama-asrama kalian,” ujarnya diiringi tepuk tangan pelajar dan mahasiswa yang hadir.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah dan LPMAK telah mendatangi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Gubernur bahkan memberikan jaminan keamaan sepenuhnya kepada pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Papua terutama Mimika.

33077778-7CAE-4340-A665-D49B6273D413
Siswi ini menyatakan Pemda adalah Ayah, LPMAK adalah Ibu

“Dia sayang kalian dan merasa sedih jika kalian meninggalkan rumahnya. Gubernur sudah janji akan membantu anak-anak kita yang ingin kembali belajar, jika ada satu sekolah atau kampus yang menolak maka dia sendiri yang antar,” ungkapnya.

Terkait keamanan di Mimika, Wabup John menambahkan bahwa Mimika saat ini aman. Daerah lain seperti Sorong, Manokwari, Fak-Fak, Jayapura dan Wamena sempat kacau namun Mimika tidak.

“Tahun depan kita akan menjadi tuan rumah PON dan Pesparawi se Tanah Papua. Ini karena negara mempercayai kita. Papua mendapatkan perhatian luar biasa termasuk Timika. Dan kita sudah tunjukan bahwa Mimika siap menjadi tuan rumah dua even ini,” jelasnya.

Pertemuan yang awalnya dikhawatirkan tidak terlaksana ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Ada pelajar dan mahasiswa yang terlihat begitu gigih dan teguh menyampaikan pendapat mereka dengan nada dan bahasa tubuh yang tinggi, namun itulah ekpresi seorang anak kepad orangtua mereka.

Hadir dalam pertemuan ini, perwakilan Pemkot Semarang, Kepala Dinas Jenni Usmani, Kabag SDM Hengki Imising dan Kabag Humas Protokoler Pemda Mimika Hendrik Hayon.

Dari pihak LPMAK, turut hadir Wakil Sekretaris LPMAK Febian Magal, Kepala Biro Pendidikan Frans Wanmang, Kepala Biro Humas Tobias Maturbongs, para anggota BPM LPMAK, Ketua Yayasan Binterbusi Paulus Sudibyo, tokoh agama, perempuan dan intelektual muda Mimika. (Nal)

Berita Seputar Mimika

Waspada, Pelajar di Mimika Sasaran Utama Pengedaran Narkotika

Nasional
- Rabu, 20 November 2019
Waspada, Pelajar di Mimika Sasaran Utama Pengedaran Narkotika

Foto bersama usai pembukaan MIMIKA, BM 60 Pelajar dari SMA/SMK yang ada di Kabupaten Mimika mengikuti Kegiatan Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba Bagi Generasi Muda di Aula Bobaigo Keuskupan Tim...

Dinas Koperasi Papua Beri Pelatihan Merajut Noken Untuk 24 Mama OAP di Timika

Pemerintahan
- Rabu, 20 November 2019
Dinas Koperasi Papua Beri Pelatihan Merajut Noken Untuk 24 Mama OAP di Timika

Pelatih Noken  Martha Ohe dan Kasubag Program Dinas Koperasi dan UKM Papua Ina Monalisa MIMIKA, BM Dinas Koperasi Provinsi Papua menggelar Pelatihan Keterampilan Produksi Handycraft dan Souvenir...

Hingga November 2019, 14 Anak di Mimika Mengalami Kekerasan Seksual

Nasional
- Rabu, 20 November 2019
Hingga November 2019, 14 Anak di Mimika Mengalami Kekerasan Seksual

Andarias Nauw MIMIKA, BM Sepanjang tahun 2109 terhitung Januari hingga November, ada 24 anak di Mimika mengalami kekerasan baik kekerasan fisik maupun penelantaran. 14 anak diantaranya mengalami keke...

PB PON Papua Cluster Mimika Studi Banding di Jawa Barat

Olahraga
- Selasa, 19 November 2019
PB PON Papua Cluster Mimika Studi Banding di Jawa Barat

Kegiatan studi banding Cluster Mimika di Bandung BANDUNG, BM Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, Cluster Kabupaten Mimika melakukan Studi Banding ke Pemerintahan Provinsi Jawa Bar...

Juara I Lomba BKS, Mimika Lolos Pesparani Tingkat Nasional

Nasional
- Jumat, 15 November 2019
Juara I Lomba BKS, Mimika Lolos Pesparani Tingkat Nasional

Semarak Pesparani 1 Provinsi Papua JAYAPURA, BM Prestasi membanggakan ditorehkan kontingen peserta Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) asal Kabupaten Mimika, Israeli Farneubun. Siswi kelas 1 SMP B...

Persemi Mimika Wakili Papua Lolos Zona Regional

Olahraga
- Jumat, 15 November 2019
Persemi Mimika Wakili Papua Lolos Zona Regional

Manager Persemi Mimika Robby Omaleng MIMIKA, BM Persatuan Sepakbola Kabupaten Mimika (Persemi) mewakili Provinsi Papua lolos ke Zona Regional. Di zona ini, Persemi akan bertanding melawan Perseka Kaim...

Bupati Minta Menteri Keuangan Sri Mulyani Segera Realisasikan Dana Kurang Bayar

Nasional
- Kamis, 14 November 2019
Bupati Minta Menteri Keuangan Sri Mulyani Segera Realisasikan Dana Kurang Bayar

Foto bersama Bupati Omaleng dan Menteri Sri Mulyani MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengikuti Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020 di Jakarta, Kamis (14/11). Acara ini dibuka Me...

Perubahan LPMAK Menjadi Yayasan Dikritisi Foramko Mimika

Ekonomi & Pembangunan
- Kamis, 14 November 2019
Perubahan LPMAK Menjadi Yayasan Dikritisi Foramko Mimika

Foramko Mimika  MIMIKA, BM Forum Komunikasi Amunge Kamoro Menggugat (Foramko) Mimika mengkritisi perubahan status LPMAK dari lembaga menjadi yayasan. Mereka mempertanyakan alasan mendasar dibalik...

Dalam Waktu Dekat, Wings dan Lion Air Masuk Mimika

Nasional
- Kamis, 14 November 2019
Dalam Waktu Dekat, Wings dan Lion Air Masuk Mimika

Manajemen memberikan miniatur pesawat Trigana Air kepada bupati dan wabup Mimika MIMIKA, BM Salah satu program prioritas Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakilnya Johannes Rettob adalah menambah rute...

Setelah 10 Tahun Berproses, Trigana Air Kini Layani Rute Timika-Wamena

Nasional
- Kamis, 14 November 2019
Setelah 10 Tahun Berproses, Trigana Air Kini Layani Rute Timika-Wamena

Pesawat Trigana Air ATR 72/500 saat mendarat di Bandara Moses Kilangin MIMIKA, BM Maskapai Penerbangan Trigana Air mulai hari ini, Kamis (14/11/), mulai melayani rute penerbangan Timika-Wamena (pp). P...

Wujudkan Mimika Unggul, Dinkes Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Hukum & Kriminal
- Rabu, 13 November 2019
Wujudkan Mimika Unggul, Dinkes Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Penyerahan hadiah kepada para pemenang MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang jatuh pada Selasa (12/11) dengan tema "Generasi Sehat...

Harapan Ibunda untuk Anaknya Kapolres AKBP Era Adhinata

Nasional
- Senin, 11 November 2019
Harapan Ibunda untuk Anaknya Kapolres AKBP Era Adhinata

Foto bersama keluarga AKBP IG.G Era Adhinata MIMIKA, BM Doa seorang ibu akan selalu menjadi berkat dan kekuatan bagi setiap anak dalam mengarungi bahtera kehidupan, terutama dalam menjalankan tugas da...

PN Kota Timika Launching Aplikasi Petugas Informasi Virtual viaMENO

Hukum & Kriminal
- Senin, 11 November 2019
PN Kota Timika Launching Aplikasi Petugas Informasi Virtual viaMENO

Ketua PN Kota Mimika Sonny Alfian memaparkan aplikasi viaMENO MIMIKA, BM Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika melaunching Aplikasi Virtual Asisten Melayani Obrolan (viaMENO) di Ruang Sidang Utama PN Kot...

Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Mimika AKBP IG.G Era Adhinata

Nasional
- Senin, 11 November 2019
Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Mimika AKBP IG.G Era Adhinata

Penyambutan Kapolres Mimika AKBP IG.G Era Adhinata MIMIKA, BM AKBP IG.G Era Adhinata sejak hari ini, Senin (11/11) mulai melaksanakan tugasnya sebagai Kapolres Mimika menggantikan AKBP Agung Marlianto...

Keluarga Tersangka Kasus Bappeda Pertanyakan Uang 507 Juta yang Dihadirkan Polre...

Hukum & Kriminal
- Sabtu, 09 November 2019
Keluarga Tersangka Kasus Bappeda Pertanyakan Uang 507 Juta yang Dihadirkan Polres Mimika

Pengacara Marvey Dangeubun saat memberikan keterangan pers MIMIKA, BM Keluarga tiga tersangka kasus korupsi Kegiatan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (Monev) Kantor Bappeda Mimika Tahun Anggaran 201...

Masyarakat Mimika Kehilangan Sosok Idola, AKBP Agung Marlianto

Nasional
- Jumat, 08 November 2019
Masyarakat Mimika Kehilangan Sosok Idola, AKBP Agung Marlianto

AKBP Agung Marlianto saat memimpin pembongkaran tempat judi king di SP II MIMIKA, BM Ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Seperti inilah ungkapan sederhana mewakili roda kehidupan yang selalu digunaka...

Mantan Kepala Bappeda Mimika dan Dua Rekannya Terancam Penjara Diatas 5 Tahun

Hukum & Kriminal
- Jumat, 08 November 2019
Mantan Kepala Bappeda Mimika dan Dua Rekannya Terancam Penjara Diatas 5 Tahun

MIMIKA, BM Tiga Pelaku Korupsi Kegiatan Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (Monev) Kantor Bappeda Mimika Tahun Anggaran 2016 yakni YE (PPTK), MNM (Bendahara) dan SM (Kepala Bappeda) terancam pidana d...

Alenia Pictures Garap Film Pendek PON XX Papua

Nasional
- Kamis, 07 November 2019
Alenia Pictures Garap Film Pendek PON XX Papua

Momen pengambilan gambar oleh Alenia Crew di lapangan atletik MIMIKA, BM Para penggemar film Denias, Senandung Di Atas Awan dan Alenia's Journey Uncover Papua, tentu tidak asing lagi dengan nama Ari S...

Demi Memajukan Pemuda Mimika, Michael Gomar Siap Pimpin KNPI

Nasional
- Kamis, 07 November 2019
Demi Memajukan Pemuda Mimika, Michael Gomar Siap Pimpin KNPI

Visi misi Michael R Gomar MIMIKA, BM Walau kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Mimika, namun Michael R Gomar tetap memberikan perhatian terhadap kebangkitan pemu...

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Kunjungi Kantor KONI Mimika

Nasional
- Rabu, 06 November 2019
Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Kunjungi Kantor KONI Mimika

AleNia foto bersama dengan pengurus didepan kantor KONI Mimika MIMIKA, BM Pasangan artis nasional yang juga menjadi artis kecintaan masyarakat Papua, Ari Sihasale dan isterinya Nia Zulkarnaen (AleNia)...

Hindari Ketimpangan Anggaran Antara OPD, BPKAD Selenggarakan Sosialisasi ASB

Pemerintahan
- Rabu, 06 November 2019
Hindari Ketimpangan Anggaran Antara OPD, BPKAD Selenggarakan Sosialisasi ASB

Narasumber asal UGM Jogja saat memaparkan materi sosialisasi ASB MIMIKA, BM Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika menyelengarakan Sosialisasi Analisis Standar Belanja (AS...

Lamaran Kerja di LPMAK Ditutup Malam Ini, 50-an Pelamar Telah Masukan Berkas

Ekonomi & Pembangunan
- Minggu, 03 November 2019
Lamaran Kerja di LPMAK Ditutup Malam Ini, 50-an Pelamar Telah Masukan Berkas

Abraham Timang MIMIKA, BM Sebanyak 50-an pelamar telah mendaftarkan diri untuk menjadi direktur, wakil direktur perencanaan program, wakil direktur monitoring dan evaluasi serta sekretaris LPMAK. Ketu...

Bupati Omaleng Minta Batik Air Jangan Naikan Harga Tiket

Ekonomi & Pembangunan
- Senin, 28 Oktober 2019
Bupati Omaleng Minta Batik Air Jangan Naikan Harga Tiket

Foto bersama usai penyambutan pesawat Batik Air MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta pihak Maskapai Penerbangan Batik Air agar mempertahankan harga tiket yang telah ada. Menurutnya, perbed...

Omtob Penuhi Janji, Batik Air Tiba di Timika Pagi Ini

Ekonomi & Pembangunan
- Senin, 28 Oktober 2019
Omtob Penuhi Janji, Batik Air Tiba di Timika Pagi Ini

Pesawat Batik Air saat tiba pertamakali di Timika MIMIKA, BM Maskapai Penerbangan Batik Air, akhirnya untuk pertamakalinya mendarat di Bandar Udara Moses Kilangin Mimika, pukul 06.30 Wit, Senin (28/10...

32 Tahun Mengabdi, Tito Karnavian Akui Paling Enjoy Saat Menjadi Kapolda Papua

Nasional
- Jumat, 25 Oktober 2019
32 Tahun Mengabdi, Tito Karnavian Akui Paling Enjoy Saat Menjadi Kapolda Papua

Mendagri Tito Karnavian MIMIKA, BM Mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kini telah dipercayakan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri). Pelantikan mantan Kap...

PTFI dan Pemda Mimika Lanjutkan Kerjasama Pemanfaatan Tailing

Nasional
- Jumat, 25 Oktober 2019
PTFI dan Pemda Mimika Lanjutkan Kerjasama Pemanfaatan Tailing

Presdir PTFI dan Bupati Mimika tandatangani MoU Pemanfaatan Tailing MIMIKA, BM PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika kembali membangun kerjasama strategis dalam men...

Pemda Mimika Jalin Kerjasama Dengan IPDN Cilandak

Pemerintahan
- Jumat, 25 Oktober 2019
Pemda Mimika Jalin Kerjasama Dengan IPDN Cilandak

Penjabat Sekda Mimika melakukan penandatanganan nota kerjasama MIMIKA, BM Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melakukan kerjasama Pendidikan dan Profesi Kepamongprajaan dengan Institut Pemerintahan Dal...

Wabup John Geram Lihat Kondisi Pustu Ipaya ‘Memperihatinkan’

Kesehatan
- Kamis, 24 Oktober 2019
Wabup John Geram Lihat Kondisi Pustu Ipaya ‘Memperihatinkan’

Wabup John melihat langsung kondisi pustu Ipaya MIMIKA,BM Kondisi Puskesmas Pembantu (Pustu) Ipaya di Distrik Amar yang melayani Kampung Ipiri, Paripi dan Yaraya benar-benar sangat memperihatinkan. Ba...

Wabup John Resmikan 5 Balai Kampung di Yaraya Distrik Amar

Pemerintahan
- Rabu, 23 Oktober 2019
Wabup John Resmikan 5 Balai Kampung di Yaraya Distrik Amar

Usai meresmikan, Wabup John serahkan meubeler kepada kepala kampung MIMIKA, BM Wakil Bupati Mimika Yohannes Rettob meresmikan pemakaian 5 Balai Kampung yang dibangun dengan APBD 2018 lalu oleh Dinas P...

KPK Akan Periksa 10 Wajib Pajak di Timika

Pemerintahan
- Senin, 21 Oktober 2019
KPK Akan Periksa 10 Wajib Pajak di Timika

Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding MIMIKA, BM Dalam waktu dekat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengunjungi Kabupaten Mimika dalam rangka melihat langsung bagaimana proses pembayaran pajak...

Sering Keluar Daerah dan Catut Nama Bupati, Kadis Perhubungan Didemo Pegawainya

Pemerintahan
- Senin, 21 Oktober 2019
Sering Keluar Daerah dan Catut Nama Bupati, Kadis Perhubungan Didemo Pegawainya

Plt Dinas Perhubungan membaca tulisan-tulisan untuknya di pintu masuk MIMIKA, BM Pegawai Dinas Perhubungan meminta Bupai Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob mencopot Yan Selamat P...

Opa Jabat Ketua Pilar Wajo di Mimika

Nasional
- Minggu, 20 Oktober 2019
Opa Jabat Ketua Pilar Wajo di Mimika

DARA Foto bersama dengan ketua IKW, Husyen Abdillah (tengah) TIMIKA, BM Redaktur Pelaksana Media Cetak Harian Papua, Husyen Abdillah atau lebih dikenal dengan pangilan ‘Opa’ terpilih sebagai Ketu...

5 Paroki di Mimika Ikut Pesparani 2019

Nasional
- Minggu, 20 Oktober 2019
5 Paroki di Mimika Ikut Pesparani 2019

Pembukaan diawali dengan Perayaan Ekaristi Kudus MIMIKA, BM Sebanyak lima Paroki di Mimika mengikuti Lomba Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Daerah I Kabupaten Mimika selama tiga hari (...

180 Personil Amankan Mimika Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

Nasional
- Sabtu, 19 Oktober 2019
180 Personil Amankan Mimika Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

Suasana usai apel siaga MIMIKA, BM Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024 akan digelar besok, Minggu (20/10). Keamanan pun diperketat...

Enam Tahun Beroperasi di Timika, Dokter Gigi Gadungan Akhirnya Ditangkap

Hukum & Kriminal
- Jumat, 18 Oktober 2019
Enam Tahun Beroperasi di Timika, Dokter Gigi Gadungan Akhirnya Ditangkap

Ini dokter gadungan yang ditangkap Polres Mimika MIMIKA, BM Apa jadinya jika ada seseorang menipu banyak orang dengan menyatakan bahwa ia adalah seorang dokter, kemudian memberikan resep obat yang sal...

Pemprov Sulawesi Utara Minta Anak-Anak Mimika Kembali Lanjutkan Studi Mereka

Pendidikan
- Jumat, 18 Oktober 2019
Pemprov Sulawesi Utara Minta Anak-Anak Mimika Kembali Lanjutkan Studi Mereka

Asisten I Pemprov Sulut bersama Wabup Mimika memimpin jalannya pertemuan MIMIKA, BM Perjalanan Road Show Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dan LPMAK untuk memberikan jaminan rasa aman dan menitipkan...

PARADE FOTO Pemda Mimika Launching Website www.mimikakab.go.id

Pemerintahan
- Kamis, 17 Oktober 2019
PARADE FOTO Pemda Mimika Launching Website www.mimikakab.go.id

MIMIKA, BM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching website www.mimikakab.go.id dalam Kegiatan Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informas...

Setelah Mimika Barat, Tiga Distrik Lain Juga Akan Menikmati Akses Komunikasi

Pemerintahan
- Rabu, 16 Oktober 2019
Setelah Mimika Barat, Tiga Distrik Lain Juga Akan Menikmati Akses Komunikasi

Wabup Johannes Rettob MIMIKA, BM Setelah Kokonao di Distrik Mimika Barat yang telah menikmati akses komunikasi telepon dan internet pada Minggu (13/10) lalu, tiga distrik lainnya dalam waktu dekat ju...

Akhirnya Kolaborasi Program PT.FI dan Pemkab Mimika akan terwujud di 2020

Pemerintahan
- Rabu, 16 Oktober 2019
Akhirnya Kolaborasi Program PT.FI dan Pemkab Mimika akan terwujud di 2020

Pertemuan dilangsungkan di ruang rapat DPMK MIMIKA, BM Dalam mensinergikan kerjasama guna membangun Mimika, PT. Freeport Indonesia melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyrakat Kampu...

Pemda Mimika Launching Website, Youtube, Facebook, Twiter dan Nomor WA

Pemerintahan
- Rabu, 16 Oktober 2019
Pemda Mimika Launching Website, Youtube, Facebook, Twiter dan Nomor WA

Wabup John saat melaunching website MIMIKA, BM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching website www.mimikakab.go.id dalam Kegiatan Pengka...

Pengusaha Perempuan di Mimika Jumlahnya Melebihi 100 Orang

Ekonomi & Pembangunan
- Selasa, 15 Oktober 2019
Pengusaha Perempuan di Mimika Jumlahnya Melebihi 100 Orang

Foto bersama dengan pendiri dan ketua DPD IWAPI Papua MIMIKA, BM Banyak perempuan di Kabupaten Mimika saat ini bergelut sebagai pengusaha guna mendukung ekonomi rumah tangganya. Ini menunjukan bahwa...

Jelang PON, Hotel di Mimika Dilarang Terima Uang Muka

Olahraga
- Selasa, 15 Oktober 2019
Jelang PON, Hotel di Mimika Dilarang Terima Uang Muka

  Pertemuan bersama di sekretariat Sub PB PON Cluster Mimika MIMIKA, BM Ketua Bidang III PB PON Provinsi Papua yang membawahi Bidang Akomodasi, Konsumsi dan Kesehatan, John Namihuri mengingatkan...

Ibu Lani, Pemilik Catering di Sentra Pendidikan Buka Suara

Ekonomi & Pembangunan
- Selasa, 15 Oktober 2019
Ibu Lani, Pemilik Catering di Sentra Pendidikan Buka Suara

PT ini beralamat di Jalan C Heatubun MIMIKA, BM Sejak Januari 2019, PT Mitra Sumber Sejahtera yang dimiliki ibu Lani Titaley, melayani catering di Sentra Pendidikan SP V. Selain Sentra Pendidikan, ca...

Rampung Desember, Gedung Baru Dinas Tanaman Pangan Akan Digunakan Peserta Pespar...

Pemerintahan
- Senin, 14 Oktober 2019
Rampung Desember, Gedung Baru Dinas Tanaman Pangan Akan Digunakan Peserta Pesparawi

Pekerjaan gedung ini capai 55 persen MIMIKA, BM Gedung Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura pengerjaanya sudah mencapai 55 persen dan direncanakan pada 20 Desember nanti akan rampung. Kepala...

Akhir Tahun, 400 Buku Statistik Sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019 Akan Diterb...

Pemerintahan
- Senin, 14 Oktober 2019
Akhir Tahun, 400 Buku Statistik Sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019 Akan Diterbitkan

Foto bersama usai kegiatan MIMIKA, BM Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika gelar Seminar Data Statistik Sektoral Kabupaten Mimika Tahun 2019 di Hotel Grand Tembaga Senin (14...

Laporkan Pengerjaan Bandara ke Menhub Sumadi, Bupati Omaleng Minta Kementerian J...

Nasional
- Senin, 14 Oktober 2019
Laporkan Pengerjaan Bandara ke Menhub Sumadi, Bupati Omaleng Minta Kementerian Jangan Banyak Alasan

Menhub Sumadi pimpin rakor dengan bupati dan walikota Papua MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng didampingi Wakilnya Johannes Rettob, melaporkan progres pekerjaan sisi selatan Bandara Moses Kilan...

Hebat, Taekwondo Persembahkan 22 Medali untuk Mimika

Olahraga
- Sabtu, 12 Oktober 2019
Hebat, Taekwondo Persembahkan 22 Medali untuk Mimika

Atlet Taekwondo Mimika  MIMIKA, BM Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Mimika berhasil meraih 22 medali pada Kejuaraan Daerah Taekwondo Papua yang diselengarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahr...

Jumlah Kamar Hotel dan Penginapan di Mimika Lewati Target untuk Akomodasi PON 20...

Olahraga
- Jumat, 11 Oktober 2019
Jumlah Kamar Hotel dan Penginapan di Mimika Lewati Target untuk Akomodasi PON 2020

Tim visitasi PON 2020 dari Kemenko PMK  MIMIKA, BM Ketakutan terbesar sebagian orang bahwa Mimika tidak siap untuk mengakomodir para atlet dan official yang akan hadir di Mimika pada PON 2020 ka...

Dua Pesan Khusus untuk Masyarakat di Momen HUT Mimika ke-23

Pemerintahan
- Selasa, 08 Oktober 2019
Dua Pesan Khusus untuk Masyarakat di Momen HUT Mimika ke-23

Pemda Mimika luncurkan buku tata bahasa Suku Amunge dan Komoro MIMIKA, BM Menjaga kebersihan lingkungan dan keamanan bersama merupakan dua pesan khsusus yang disampaikan dalam momen HUT Mimika ke-23....

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar