September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di...

Kadis Perikanan dan Kelautan MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KK...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah...

Dinkes Mimika Ajak Lintas Sektor Eliminasi Malaria Menuju PON XX

Jalannya rapat koordinasi lintas sektor MIMIKA, BM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengg...

Menteri Susi Lounching Program Budidaya Kepiting di Mimika

20180320 155947-640x500-480x375
Menteri Susi Pujiastuti saat menyampaikan sambutan
 
TIMIKA, BM
Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pujiastuti melakukan Lounching Budidaya Kepiting Bakau yang merupakan binaan PT. Freport Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Mimika, di Mile 10, Rabu (21/3).
 
Dalam kunjunganya, Menteri Susi memantau langsung aktifitas budidaya kepiting yang dikelolah Yayasan Crab-Ball Mangrove Indonesia melalui koperasi perikanan masyarakat Komoro, Koperasi Parua Ariya Aimaruparau. 
 
Menteri juga mendampingi penyerahan  bantuan cool box dan 100 jaring ikan yang diberikan oleh PT. Freeport Indonesia kepada masyarakat Mimika melalui Dinas Kelautan dan Perikanan yang diserahkan oleh Direktur Sustanaible Development PTFI, Soni Prasetyo kepada Kepala Dinas Leentje A A Siwabessy.
 
Kepada menteri, Soni Prasetyo dalam sambutannya mengatakan sejak tahun 1967 PTFI hadir di Mimika dan telah berkarya selama 50 tahun.
 
Selain telah memberikan kontribusi bagi pendapatan nasional, PTFI juga memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat terutama yang berdampak langsung operasi pertambangan.
20180320 160045-640x480
Kegiatan lounching budidaya kepitung bakau
Menurutnya, komitmen ini didasari pada dua pemikiran yakni masyarakat harus  menikmati nilai manfaat keberadaan PTFI agar terwujud masyarakat sejahtera.
 
Selain itu masyarakat harus di dorong ke arah kemandirian dalam menjalankan kehidupan ketika PTFI ditutup pada 2041 nanti.
 
"Saat ini banyak masyarakat yang masih bergantung pada PTFI. Kita berharap 20 tahun lagi mereka bisa mandiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada,"ujarnya.
 
Lanjutnya, komitmen PTFI untuk program pembangunan masyarakat dimulai sejak tahun 1997 dan difokuskan pada empat aspek yakni pendidikan, kesehatan dan budaya.
 
Dikatakan pembangunan ekonomi yang dikembangkan PTFI sejauh ini berbasis kearifan lokal karena masyarakat Komoro di pesisir pantai (lowland) dan masyarakat Amugnme (highland) menggantungkan hidupnya dengan alam.
 
"Alam mereka sangat melimpah. Dan selama ini hidup bergantung pada alam. Inilah yang mendorong kami untuk merubah cara hidup ini sehingga memiliki nilai tambah," ujarnya.
 
Terkait peluncuran program budidaya kepiting, ia menjelaskan masyarakat Komoro terkenal dengan semboyan 3S, sampan, sagu dan sungai.
 
Program budidaya kepiting bakau bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat suku Komoro.
20180320 160304-640x480
Menteri Susi mendengarkan penjelasan budidaya kepiting
"Tujuan kita agar merubah mereka menjadi masyarakat pembudidaya, pedagang, industri hingga menjadi masyarakat ekonomi kreatif. Ini merupakan rangkaian yang akan kita tempuh dan saat ini kita masih berada di ujung program ini," jelasnya.
 
Dikatakan, penguatan kearifan lokal selain  melalui budidaya kepiting bakau guna peningkatan ekonomi, juga sebagai upaya melestarikan dan melindungi satwa endemik Mimika.
 
"Kita memperkenalkan program ini dengan sangat sederhana yaitu crab-ball. Kita juga mendirikan Koperasi Perikanan Parua Ariya Aimaruparau. Jadi setahun kita uji coba pengembangan ini, kita akan masuk ke tahap yang lebih besar," ujarnya.
 
Dijelaskan, pihaknya menggunakan sistem budidaya crab-ball karena sangat sederhana dan multi manfaat. Sangat cocok bagi suku Komoro.
 
"Kami melakukan budidaya kepiting karena nilai ekonominya sangat tingi. Selain itu kami juga sudah lakukan pemberdayaan nelayan di 14 kampung pesisir di Mimika. Pemberdayaan ini hasil kerjasama PTFI dengan pemda, gereja keuskupan, Usaid, LPMAL, TNI dan beberapa yayasan di Mimika," jelasnya.
 
Ketua pengelolaan budidaya kepiting bakau, Leonardus Tumuka menambahkan, program kepiting bakau sudah dilakukan sejak 2017. 
 
"Kami sudah empat kali panen dengan jumlah masih terbatas karena ini masih tahap percobaan. Kami berharap ada perhatian dari semua pihak, terutama ibu menteri karena apa yang kami lakukan ini untuk peningkatan ekonomi masyarakat suku Komoro yang berada di wilayah pesisir pantai," harapnya.
 
Menteri Susi Pujiastuti dalam sambutanya mengingatkan  budidaya kepiting bakau, wajib memperhatikan Permen KP  Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan.
 
Permen ini pada pasal 4 ayat menyebutkan bahwa setiap orang yang menangkap kepiting dalam kondisi bertelur, harus dilepaskan.
 
"Ini tentang keberlanjutan. Jadi kepiting yang bertelur jangan diambil untuk dijual. Saya lihat di Australia, kepting betina tidak diambil lagi sehingga jumlah kepiting di alam akan semakin banyak karena terus berkembang biak. Apalagi yang petelur.  Akan semakin baik jika kita juga disiplin dalam membudidayakan antara jantan dan betina," ujarnya.
 
Ia mengatakan jika hal ini terus dijaga maka kelestarian kepeting di Mimika akan terus bertambah dan berkembang.
20180320 160139-800x600
Penyerahan bantuan100 jaring oleh PTFI ke Pemda Mimika
"Tetapi saya mohon untuk penerusan bibit-bibit plasma nutfah dari kepiting di alam harus tetap ada. Kebanyakan kita biasanya kalau berfikir budidaya, lupa bahwa plasma nutfah yang ada di alam harus kita jaga. Jadi bibit yang di alam tetap dijaga keberadaanya," terangnya.
 
Menurutnya, banyak budidaya yang bersifat ekstensif (tradisional) dan intensif (modern) saat ini cenderung menghabiskan plasma nutfah dari alam. 
 
Plasma nutfah adalah bagian dari tubuh hewan, tumbuhan maupun mikroirganisme yang berfungsi untuk melahirkan sifat. Sehingga dengan melestarikan plasma nutfah berarti turut serta melestarikan keanekaragaman hayati di alam ini.
 
"Contoh ikan sidak. Ikan ini di Jawa sudah hampir punah. Mengapa? Karena budidaya ini mengambil semua perburuan  juvenil (anak ikan yang organ reproduksinya masih dalam perkembangan-red) ikan sidak. Lobsterpun demikian. Mereka ambil plasma nutfahnya. Akibatnya jumlah kematian sangat tinggi. Jadi kita harus ingat bahwa tidak ada anak, tidak ada bibit. Begitupun sebaliknya," jelas Menteri Susi.
 
Ia mengingatkan hal tersebut agar dalam budidaya kepiting bakau, mata rantai ini wajib diperhatikan. Menurutnya dalam budidaya ini, induk dan bibit harus diperhatikan.
 
"Jadi budidaya harus mengikuti kaidah keberlanjutan. Saya berharap budi daya tidak merusak dan memutus mata rantai keberlanjutan kepiting bakau dan apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat dan memberikan keuntungan secara ekonomis bagi masyarakat. Ini harapan saya," ujarnya. (nal)

Berita Seputar Mimika

Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

Budaya
- Senin, 19 Agustus 2019
Syamsudin Terpilih Jadi Ketua KKSS Periode 2019-2024

 Ketua KKSS Syamsudin B (tangan panjang putih garis-garis) MIMIKA, BM Syamsudin Baena Bandora terpilih sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Periode 2019-2024...

PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

Nasional
- Senin, 19 Agustus 2019
PARADE FOTO : Gerak Jalan dan Karnaval di Mimika Dalam Rangka HUT RI Ke-74

MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 tahun 2019 yakni "SDM Unggul Indonesia Maju" sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memantapkan Langkah Bersama, Bersaudara Membang...

Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Pemerintahan
- Senin, 19 Agustus 2019
Ditunjuk Jadi Plt Bappeda, Marthen Paiding Akan Lakukan 4 Hal Ini

Plt Kepala Bappeda, Marthen Paiding MIMIKA, BM Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Marthen Paiding sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pem...

Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wabup Bassang Pamit Di Momen Malam Resepsi Kenegaraan

Wabup Bassang lakukan pemotongan kue HUT RI ke-74 MIMIKA, BM Tema Nasional HUT RI ke-74 yakni “SDM Unggul Indonesia Maju” sementara sub temanya 'Melalui Perayaan HUT RI ke-74 Kabupaten Mimika Memanta...

Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Kantor Imigrasi Mimika Kenakan Pakaian Adat Papua Pada Upacara HUT RI ke-74

         Foto Bersama Usai Upacara MIMIKA, BM Upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Sabtu (17/8) kemarin dimulai pukul 08.00 WIT. Pros...

KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Budaya
- Minggu, 18 Agustus 2019
KKSS Akan Gelar Musda ke-5, Sudah Ada 3 Calon Kuat

Ketua Steering Committee Musda KKSS, H Patwa MIMIKA, BM Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), pada Senin (19/8) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 di Hotel Horison pukul 09.00 Wit. Ti...

Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Pemerintahan
- Minggu, 18 Agustus 2019
Pemda Siap Kucurkan 100 Miliar untuk Pesparawi XIII dan 200 Untuk PON XX

Bupati Omaleng saat menyerahkan mobil  ambulance   MIMIKA, BM Tahun 2020 Kabupaten Mimika akan dihadapkan pada dua perhelatan besar yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII dan Pe...

Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Nasional
- Minggu, 18 Agustus 2019
Wow, Anggota Paskibraka Mimika Hellen Aliljaman Lahir 04-04-2004 Jam 4 Sore

Hellen bersama kedua orangtuanya MIMIKA, BM Usai bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih Sabtu pagi (17/8) seluruh petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 35 orang tak k...

Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Nasional
- Sabtu, 17 Agustus 2019
Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesiaku

Paskibra sukses kibarkan sang saka merah putih MIMIKA, BM Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Mimika Sabtu pagi (17/8) yang dilangsungkan di lapangan pusat pemerintahan SP...

Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Final, Pelantikan Pasangan OMTOB Dilakukan di Timika

Foto bersama 37 Anggota Paskibraka dengan Bupati dan Wakil Bupati Mimika MIMIKA, BM Teka-teki sebagain besar masyarakat Mimika tentang tempat pelantikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati...

Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
Bupati : Anggota Paskibraka Adalah Putera-Puteri Terbaik Kabupaten Mimika

Bupati Omaleng Mengukuhkan 35 Anggota Paskibraka MMIKA, BM “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa Kami Kukuhkan Saudara-Saudara Sebagai Pengibar Bendera Yang Bertugas Di Lapangan Pusat Pemerintahan...

HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat...

Pemerintahan
- Jumat, 16 Agustus 2019
HUT Terakhir Bersama Bupati, Wabup Bassang Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Mimika

Foto Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Yohanes Bassang MIMIKA, BM Perayaan HUT RI Ke-74 tahun ini merupakan perayaan terakhir Wakil Bupati Mimika Yohanes Bassang mendampingi Bupati Mimika Eltinus Omale...

Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Hukum & Kriminal
- Kamis, 15 Agustus 2019
Kapolres Mimika Sanjung Kasat Binmas AKP Erari

Pramuka Kwarcab Mimika Merayakan HUT ke-58 MIMIKA, BM Kasat Binmas Polres Mimika, AKP J Frits Erari akan mengikuti Pendidikan SESPIMMA (Sekolah Pimpinan Pertama) di Lembang, Bandung, Jawa Barat selama...

Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Jumlah Pasangan Nikah Massal Tahun Ini Tidak Capai Target

Pakaian pasangan nikah massal didominasi batik MMIKA, BM Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mim...

Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
Delapan Negara Di Dunia Membuka Program Studi Bahasa Indonesia

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua Suharyanto S.S.,M.A MIMIKA, BM Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan sejarah dimana lahirnya Sumpah Pemuda. Kongres ini terbentuk karena bangsa ini memilik...

6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Nasional
- Kamis, 15 Agustus 2019
6 Bukti Nyata Keberhasilan TMMD di Kampung Mandiri Jaya

Kampung Mandiri Jaya MIMIKA, BM Memilih Kampung Mandiri Jaya Adalah Keberhasilan Terbesar Kodim 1710 Mimika Pemilihan Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika sebagai kampung TNI Manungga...

Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Pendidikan
- Rabu, 14 Agustus 2019
Jenni : 32 Guru ASN Bukan Sarjana Pendidikan Akan Ditarik

Jenni O Usmani  MIMIKA, BM Sebanyak 32 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak memiliki ijazah keguruan akan ditarik dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Mimika. Para guru yang ditarik...

September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Ekonomi & Pembangunan
- Rabu, 14 Agustus 2019
September, Menteri Susi Pudjiastuti Resmikan Cold Storage 200 Ton di Mimika

Kadis Perikanan dan Kelautan  MIMIKA, BM Sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), maka pada 2017 dibangun infrastruktur pembangunan di Pomako salah sat...

157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Nasional
- Rabu, 14 Agustus 2019
157 Kendaraan Hias Warnai Karnaval Nusantara

Kendaraan hias Bagian Tata Pemerintahan pemda Mimika MIMIKA, BM Kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke -74 di Timika masih berlanjut. Hari ini, Selasa (14/8) sebanyak 157 unit kendaraan mobil meng...

90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Budaya
- Selasa, 13 Agustus 2019
90 Peserta Ikuti Sayembara Design Motif Batik Amungme dan Kamoro

Pelajar terlihat atusias mengikuti kegiatan ini MIMIKA, BM 90 peserta yang berasal dari sanggar masyarakat (usia 14-30 tahun) dan sanggar pelajar (usia 14-18 tahun) mengikuti sayembara lomba design mo...

Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
Sudah Dekat, Pemda Belum Ada Persiapan Pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding MIMIKA, BM Masa Kepemimpinan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Yohanes Basang (Ombas) akan berakhir pada 6 September 2019. Sesuai Undang-undang Nomor...

67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Pemerintahan
- Selasa, 13 Agustus 2019
67.000 Anak di Mimika Tidak Bisa Miliki KIA

Wabup Bassang saat menyerahkan KIA kepada salah satu anak penerima MIMIKA, BM Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukpencapil) Pemda Mimika, ternyata sebanyak 67.000 anak di Mimika...

Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Nasional
- Selasa, 13 Agustus 2019
Polisi Cilik dan SMA Negeri 1 Juara Karnaval 2019

Penampilan Polisi Cilik, Juara I Kategori Paud-SD MIMIKA, BM Polisi Cilik, yang pernah menampilkan parade baris-berbaris pada HUT Bhayangkara ke-73 pada 11 Juli lalu di lapangan Timika Indah, terpilih...

Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Nasional
- Senin, 12 Agustus 2019
Diikuti 102 Kontingen, Karnaval Tahun Ini Paling Meriah

Halaman Graha Eme Neme dipenuhi peserta dan penonton karnaval MIMIKA, BM Jelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-74, Panitia HUT RI Kabupaten Mimika menyelenggarakan sejumlah kegiatan guna menyemarakan se...

Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Dengan Berqurban, Allah Hadir Di Tengah Orang Yang Berkesusahan

Dalam suasana gerimis dan becek air, umat muslim Mimika ikuti Shalat Idul Adha MIMIKA, BM Umat muslim di dunia merayakan Idul Adha Dzulhijjah 1440 Hijriah yang jatuh tepat di Minggu (11/8). Seluruh ma...

Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Pemerintahan
- Minggu, 11 Agustus 2019
Pemilihan 133 Kepala Kampung Masuk Tahap Persiapan

Kepala DPMK Mimika Michael R Gomar MIMIKA, BM Pelaksanaan pemilihan 133 kepala kampung secara serentak di Kabupaten Mimika dilaksanakan tahun ini merujuk pada Peraturan Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 20...

Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Nasional
- Minggu, 11 Agustus 2019
Makna Kurban Ialah Sanggup Menunda Kenikmatan Kecil dan Sesaat

Ustadz Umar Habib MIMIKA, BM Umat muslim saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8) yang diawali dengan pelaksanaan Shalat Idhul Adha. Peristiwa ini bagi umat muslim berawal dari kis...

Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Olahraga
- Sabtu, 10 Agustus 2019
Graha Eme Neme Dinyatakan Siap Jadi Venue Judo PON 2020

Foto bersama Technical Delegate Yudo, Perry Pantouw MIMIKA, BM Graha Eme Neme Yauware akhirnya dinyatakan siap menjadi tempat penyelenggaraan (venue) Cabang Olahraga Judo pada PON 2020 di Kabupaten Mi...

«
||
»

Tentang Kami

Saran & Komentar